Cara Monetisasi Akun Tiktok Untuk Mendapatkan Uang (Pemula)

Cara Monetisasi Akun Tiktok – Sekarang ini tidak jarang pengguna Aplikasi Tiktok yang awalnya hanya sekedar membuat postingan atau konten pribadi, seiring dengan waktu berjalan konten yang sudah diposting tersebut memperoleh penonton yang banyak sehingga mulai timbul rasa ingin melakukan monetisasi akun untuk mendapatkan tambahan uang.

Tapi tidak jarang pula orang yang bingung bagaimana sih cara agar akun Tiktok bisa dimonetisasi? Untuk menjawab pertanyaan tersebut Calonpengangguran dengan sengaja membuat artikel ini demi kamu semua!

Sebelum teman-teman semua masuk kedalam topic utama artikel ini, tidak ada salah kalau kita bahas dulu mengenai sistem monetisasi Tiktok itu seperti apa? Dan bagaimana bisa mendapatkan uang dari konten yang kita posting? Semuanya akan dijelaskan dibawah ini.

Sekilas Tentang Sistem Monetisasi Akun Tiktok

Singkatnya monetisasi Tiktok tidak jauh berbeda dengan platform lain seperti Youtube, Instagram, Blog, ataupun lainnya. Karena disini kamu harus berusaha mengubah akun pribadi yang awalnya hanya sekedar memposting konten biasa hingga mendapatkan uang.

Maka dari itu, banyak sekali pengguna aplikasi Tiktok yang memposting konten-konten menarik di akun mereka masing-masing untuk mendapatkan banyak penonton, setelah memiliki banyak penonton tentunya kita bisa memperoleh uang yang diinginkan.

Kegiatan seperti ini bukanlah pekerja sampingan, karena banyak dari creator Tiktok yang menjadikan pekerja ini sebagai pekerjaan utama mereka. Kenapa? karena kalau kamu semua jeli dalam melihat peluang usaha, Tiktok bukan lagi aplikasi social media biasa karena sudah banyak penggunanya diseluruh dunia, termasuk Indonesia.

Oleh karena itu, kalau kamu merasa tertarik untuk mencoba memonetiasi akun Tiktok akan Calonpengangguran berikan beberapa tips yang bisa dicoba sendiri di rumah. Apa saja itu? Yuk simak penjelasannya dibawah ini:

1. Brand

Kalau kamu sudah pernah join kelas marketing, tentu sudah tidak asing lagi dengan kata Brand. Menurut saya pribadi, komponen yang satu ini sangat dibutuhkan untuk kamu yang ingin terjun kedunia creator Tiktok.

Kenapa? karena saat ingin melakukan pemasaran produk pastinya banyak dari penonton yang ingin tahu siapa kamu dan target pasar yang dibutuhkan. Contoh kamu adalah seorang creator Tiktok dan target pasar adalah anak sekolah dari SD hingga SMP.

Menurut kamu apa yang mereka butuhkan atau inginkan? Pertama kamu bisa membuat konten yang berkaitan dengan sekolah seperti tips-tips belajar atau tips ujian. Setelah kamu tahu target pasar dan apa yang mereka butuhkan, barulah kamu masuk ketahap pembuatan video.

2. Posting konten yang ingin ditonton orang

Diatas sudah penulis sebutan, kamu harus paham target pasar dan apa yang mereka butuhkan. Jadi saya sangat menyarankan kamu agar bisa menentukan tema dari akunTiktok yang kamu punya.

Selain itu juga, usahakan video yang kamu buat menarik, fresh, unik, dan selalu update setiap harinya. Tujuanya agar penonton tidak merasa jenuh dengan video yang kamu buat, meskipun mengandung unsur pendidikan.

3. Mengumpulkan Followers Sebanyak Mungkin

Tips terakhir dari saya adalah mengumpulkan banyak followers, kenapa ini dibutuhkan? Karena dalam sistem kerja membuat video patokan kamu berhasil dihitung dari banyaknya views dan jumlah follows yang dimiliki.

Cara Monetisasi Akun Tiktok Untuk Mendapatkan Uang

cara monetisasi akun tiktok

Setelah kamu paham apa saja yang perlu dilakukan agar akun Tiktok bisa dimonetiasi, tahap selanjutnya adalah bagaimana cara mendapatkan uang dari konten Tiktok? Berikut ini beberapa cara yang bisa sobat semua coba:

1. Donasi Penonton

Tentunya kamu sudah tidak asing lagi kan dengan kata donasi? Ternyata kata donasi bagi para creator sangat berkaitan erat dengan siaran langsung atau live loh!

Inilah menyebabkan banyak seleb Tiktok melakukan siaran langsung dengan tujuan mendapatkan cuan dari hasil donasi penonton.

Bagi penonton yang hendak memberi donasi perlu melakukan top up lebih dulu, kemudian barulah bisa memberi donasi kepada seleb Tiktok yang mereka sukai.

Dari hasil donasi tersebut bisa creator Tiktok cairkan menjadi uang tunai melalui banyak platform uang eletronik atau bank. Tetapi perlu diketahui untuk bisa menggunakan fitur live streaming pemiliki akun harus berumur minimal 18 tahun.

2. Sponsor

Selain itu, kamu bisa mendapatkan cuan dari hasil sponsor. Bagi mereka yang terjun ke dunia hiburan seperti Tiktok mendapatkan sponsor adalah harapan yang paling diinginkan karena bisa memperoleh banyak uang.

Tidak hanya menguntung bagi yang mendapatkan sponsor, melainkan pihak yang memberi sponsor juga memperoleh keuntungan meski harus mengeluarkan uang lebih banyak guna membayar talent.

Namun bagi seseorang yang memiliki pemikiran kedepan dan bisa melihat peluang, hal ini tidak perlu ditakutkan. Kenapa? karena semakin banyak followers dari talent yang mereka bayar tentunya produk atau brand mereka akan lebih banyak dikenal orang, contohnya sponsor baju, sepatu, tas, jam tangan, dan masih banyak lagi.

3. Promosi atau Endorsement

Tidak jauh berbeda dengan penjelasan saya diatas, yakni sama-sama menjadikan kamu sebagai tempat untuk memasarkan produk atau brand mereka agar lebih banyak dikenal orang.

Hanya saja promosi atau endorsement ini hanya bersifat sementara, contoh kamu mendapatkan endorsement produk baju N. Jadi kamu diharuskan mempromosikan produk tersebut sesuai dengan isi kontrak yang sudah kalian sepakati.

Kalau sponsor lebih luas lagi, karena hampir semua keperluan kamu akan dipenuhi oleh pihak pemberi sponsor dan kamu harus lebih ekstra memasarkan produk mereka agar bisa saling menguntungkan.

4. Bisnis

Selanjutnya adalah menjadikan Tiktok sebagai ladang bisnis, untuk bisa memulai bisnis di Tiktok kamu diharuskan memiliki skill tertentu untuk membuat sesuatu.

Sebagai contoh, kamu handal dalam mendesain baju yang unik dan keren. Kemudian kamu juga punya akun Tiktok yang memiliki followers banyak, jadi gunakan Tiktok tersebut sebagai media promosi produk yang kamu punya.

Hal ini hampir sama dengan sponsor dan endorsement, hanya saja produk atau brand yang kamu promosikan adalah miliki pribadi sehingga tidak perlu mengeluarkan modal lebih banyak lagi.

5. Menjadi Konsultan Tiktok

Pasti kamu seringkan mendengar jasa menambah followers Tiktok atau platform lainnya? Ternyata kegiatan seperti ini sangat dibutuhkan para pemula loh!

Jadi kalau kamu ahli dibidang ini, bisa membuka jasa konsultan untuk mereka yang baru terjun kedunia pertiktokan mengenai apa yang harus mereka lakukan, konten seperti apa yang bagus dibuat, dan bagaimana mendapatkan uang dari Tiktok.

6. Ads Tiktok

Terakhir dan yang paling banyak digunakan oleh creator Tiktok, yakni Ads Tiktok. Kalau kamu pernah melihat iklan pada konten atau video yang kamu tonton di aplikasi Tiktok, itulah yang dinamakan Ads.

Sistema ads Tiktok tidak jauh berbeda dengan ads Youtube dan Blog, karena kamu harus melewati tahap seleksi. Sebab tidak semua akun bisa lolos uji seleksi, maka dari itu saya sarankan untuk lebih kreatif dan rajin upload konten agar pihak ads tertarik dengan akun kamu.

Akhir Kata

Demikian ulasan singkat yang bisa Calonpengangguran sampaikan untuk kamu semua mengenai Cara Monetisasi Akun Tiktok untuk mendapatkan uang. Semoga informasi singkat ini bisa bermanfaat, sekian dan terima kasih atas perhatiannya.

Arnold Tio Sandi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *