Apakah Anak SMK Bisa Ikut SNMPTN? Kuasai 3 Hal Ini Agar Lolos!

Jalur tes SNMPTN bagi sebagian orang memang identik dengan siswa SMA saja, padahal ini merupakan pemahaman yang keliru karena ternyata anak SMK juga bisa ikut SNMPTN. Jadi bagi kamu yang sedang menempuh pendidikan SMK dan ingin masuk perguruan tinggi negeri melalui jalur masuk tanpa tes atau jalur undangan jawabannya sangat bisa sekali. Jalur tes ini bisa kamu tempuh jika sekolah kamu mendaftarkan diri untuk mengikuti SNMPTN.

Artikel ini kami buat berdasarkan kegelisahan dan pertanyaan warganet tentang apakah anak SMK bisa ikut SNMPTN? Seperti yang kita tahu bahwa jalur masuk perguruan tinggi SNMPTN merupakan idaman setiap orang. Jalur ini memungkinkan siswa untuk diseleksi dengan menggunakan prestasi dan nilai rapor sehingga siswa SMK juga bisa ikut meskipun kabarnya peluang diterima relatif kecil. 

Hal tersebut dikarenakan siswa sekolah kejuruan terbatas untuk memilih jurusan karena umumnya mereka hanya bisa memilih jurusan teknik atau spesialisasi di perguruan tinggi. Bisa dibilang ini sangat logis mengingat mata pelajaran SMK berbeda dengan SMA yang memiliki pelajaran lebih umum terkait bidang sosial atau sains. Jangan berkecil hati dulu karena pada artikel ini kami akan memberikan tips untuk anak SMK biar lulus SNMPTN.

Apakah Anak SMK Bisa Ikut SNMPTN? Begini Tips dan Strateginya!

apakah anak smk bisa ikut snmptn

Jika kamu saat ini sedang menempuh pendidikan SMK dan bertanya apakah anak SMK bisa ikut SNMPTN? Jawabannya sangat bisa sekali karena indikator mata pelajaran yang akan dinilai pada seleksi jalur masuk ini khusus untuk siswa SMK yaitu mata pelajaran matematika, Bahasa Indonesia, bahasa Inggris, dan kompetensi keahlian dalam hal ini teori kejuruan dan praktek kejuruan.

Namun, perlu kamu tahu bahwa tidak semua jurusan atau prodi yang menerima lulusan SMK karena memang memiliki aturan tersendiri yang sudah ditentukan misalnya untuk jurusan atau prodi berbasis biologi atau sains. Oleh karena itu, kamu harus memilih jurusan pada jalur masuk SNMPTN sesuai dengan rumpun ilmu kejuruan agar bisa mendapatkan peluang. 

Kemudian kamu juga perlu percaya diri untuk mencoba dan meningkatkan prestasi kamu selama kurang lebih 3 tahun menjadi siswa SMK. Intinya tidak ada yang mustahil jika kita mau berusaha dan berjuang, banyak juga anak SMK yang bisa tembus SNMPTN dengan strategi dan tips, berikut kami sudah merangkum tips untuk strategi tembus SNMPTN untuk siswa SMK:

1. Memahami Kriteria Seleksi SNMPTN

Tips pertama bagi kamu yang sedang menempuh pendidikan tingkat SMK dan ingin masuk perguruan tinggi dengan jalur SNMPTN saat lulus maka kamu harus memahami dulu kriteria seleksi jalur masuk ini. Pada dasarnya entah itu SMA atau SMK harus memiliki prestasi unggul dan memiliki peringkat terbaik di sekolahnya terutama pada semester tiga hingga lima. 

Kategori terbaik ini ternyata sudah memiliki akreditasi masing-masing dengan pembagian akreditasi A merupakan 75 persen terbaik, akreditasi B merupakan 50 persen terbaik, terakhir akreditasi c merupakan 20 persen terbaik, dan sisanya merupakan 10 persen terbaik. Kamu juga harus memiliki NISN yang sudah terdaftar di PDSS dan memenuhi persyaratan lainnya.

2. Memilih Rumpun Jurusan yang Sesuai

Tips selanjutnya memilih rumpun jurusan yang sesuai dengan bidang yang kamu ambil di SMK misalnya jika kamu mengambil teknik komputer maka pilihlah jurusan yang mengarah ke teknik komputer. Jika kamu mengambil teknik otomotif saat SMK maka pilihlah jurusan yang masih satu rumpun dengan jurusan itu. Hal ini akan membuka peluang lebih besar untuk diterima karena kamu memiliki nilai plus dalam bidang jurusan yang kamu pilih.

Berikut jurusan yang mungkin bisa kamu pertimbangkan untuk dipilih saat SNMPTN nanti antara lain teknik bangunan, teknik otomotif, teknik mesin, teknik perkapalan, teknik ketenagalistrikan, teknologi tekstil, teknik industri, teknik elektro, teknik kimia, teknik telekomunikasi, teknik komputer informatika, keperawatan, kebidanan, farmasi, pariwisata, perhotelan, administrasi perkantoran, tata boga, pemasaran, akuntansi, manajemen, kecantikan, dan masih banyak lagi.

3. Memeriksa Peta Sebaran Penerimaan Alumni SMK di SNMPTN dan Mencari Informasi 

Tips yang tidak kalah pentingnya yaitu cobalah bertanya kepada pihak sekolah untuk melihat data persebaran penerimaan alumni SMK pada jalur masuk SNMPTN. Dengan hal ini kamu bisa mengetahui jurusan apa yang memiliki peluang untuk diterima dan kampus mana yang banyak menerima siswa SMK. Hal ini tentunya akan mempermudah kamu untuk menentukan keputusan kampus dan jurusan mana yang ingin kamu pilih saat SNMPTN.

Selain itu jangan lupa juga untuk mencari informasi si di setiap perguruan tinggi negeri untuk penerimaan kuota siswa SMK. Hal ini sangat berpengaruh besar mengingat saingan kamu tidak hanya SMK saja namun juga siswa SMA. Jadi kamu harus benar-benar mencari informasi sebanyak-banyaknya untuk mempertimbangkan hal terbaik untuk memilih jurusan dan kampus yang memiliki peluang besar.

Akhir kata, sekian informasi yang bisa kami rangkum tentang pertanyaan apakah anak SMK bisa ikut SNMPTN? Jawabannya yaitu sangat bisa dan kami juga memberikan tips dan strategi yang bisa kamu lakukan untuk tembus SNMPTN nanti. Perlu kamu tahu bahwa siswa SMK maupun SMA memiliki peluang yang sama namun yang perlu diingat indikator penilaian sangat penting terutama pada mata pelajaran umum. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *