Kenapa Arab Saudi Larang Warganya Pergi ke Indonesia? Ini Alasannya!

Arab Saudi merupakan negara yang menjadi tujuan setiap jamaah yang akan menunaikan ibadah haji sehingga negara ini memiliki aturan yang cukup ketat terkait keluar dan masuknya setiap orang dari dalam maupun luar negeri. Hal ini dilakukan sejak adanya pandemi covid 19 yang begitu mengancam kestabilan kesehatan dan ekonomi di berbagai negara pada beberapa tahun terakhir.

Tidak heran Arab Saudi pada akhirnya memberhentikan sementara waktu aktivitas ibadah haji untuk mengurangi dampak dari adanya pandemi covid 19. Namun, pada periode April dan Mei 2022 kemarin terdapat isu bahwa Arab Saudi mulai membuka kembali aktivitas ibadah haji dari berbagai negara dengan berbagai syarat dan ketentuan yang berlaku. Hal ini sangat disambut baik karena banyak sekali antrian jamaah haji yang sudah menunggu.

Namun, ternyata pada tanggal 22 Mei 2022 kemarin, pihak direktorat jenderal paspor menyampaikan pengumuman bahwa terdapat pengecualian 16 negara yang menyatakan bahwa warga Arab Saudi dilarang untuk pergi ke 16 negara tersebut termasuk Indonesia. Lalu kenapa Arab Saudi larang warganya bagi Indonesia? Apakah warga Indonesia masih boleh pergi ke Arab Saudi? Berikut kami telah merangkum penjelasan lengkapnya!

Alasan Kenapa Arab Saudi Larang Warganya Ke Indonesia, Berikut Faktanya!

kenapa arab saudi larang warganya pergi ke indonesia

Kementerian Luar negeri dari Indonesia dibuat sedikit bingung atas pengumuman yang dikeluarkan oleh kerajaan Arab Saudi yang melarang warganya untuk berpergian ke Indonesia dan 15 negara lainnya. Kabarnya pengumuman tersebut dikeluarkan oleh pihak kerajaan Arab Saudi dikarenakan meningkatnya kasus covid-19 dari negara-negara yang dimaksud sehingga butuh pembatasan untuk meminimalisir resiko penyebaran. 

Adapun 16 negara yang dimaksud antara lain Indonesia, Lebanon, Turki, Afghanistan, Ethiopia, Republik Demokratik, Suriah, Vietnam, Venezuela, Belarusia, Armenia, Kongo, Yaman, India, dan Somalia. Meskipun Indonesia sudah mengalami penurunan kasus covid-19 namun pihak Arab Saudi masih sangsi dengan hal tersebut mengingat negara Indonesia merupakan salah satu negara yang menerapkan aturan sedikit longgar untuk wisatawan asing.

Adanya pengumuman ini membuat berbagai pihak merasa bingung tentang Kenapa Arab Saudi larang warganya ke Indonesia meskipun penurunan covid-19 sudah menunjukkan hasilnya bahkan presiden Joko Widodo sudah memberikan himbauan kepada masyarakat untuk melepas maskernya di fasilitas umum. Lalu ada juga pertanyaan tentang apakah warga Indonesia tetap bisa pergi ke Arab Saudi atau tidak, berikut faktanya yang sudah di rangkum: 

1. Jamaah Haji Indonesia Masih Diperbolehkan Dengan Syarat yang Berlaku

Banyak pihak yang khawatir terkait pengumuman yang dikeluarkan oleh pihak Direktorat Jenderal Paspor tentang Arab Saudi larang warganya pergi ke Indonesia, apakah hal tersebut juga berlaku pada warga negara Indonesia yang ingin pergi ke Arab Saudi. Jawabannya hal tersebut tidak berlaku karena warga Indonesia masih diperbolehkan untuk pergi ke Arab Saudi terutama bagi jamaah haji dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Kabarnya jika sesuai dengan rencana, jemaah haji Indonesia diberangkatkan pada Juni mendatang dengan kuota sebanyak 100.051 jamaah yang sudah termasuk pada kategori haji reguler dan haji khusus. Adapun syarat yang harus dipenuhi yaitu sudah menerima vaksin minimal dua kali atau bisa juga lengkap dengan booster dan usia untuk jamaah haji yaitu maksimal 65 tahun.

2. Bagi Warga Arab Saudi Masih Bisa Bepergian ke Negara Lain Dengan Syarat

Meskipun banyak orang yang mempertanyakan Kenapa Arab Saudi larang warganya pergi ke Indonesia dan 15 negara lainnya namun warga Arab masih bisa pergi ke negara lainnya dengan berbagai syarat dan ketentuan seperti masa berlaku paspor harus lebih dari 6 bulan untuk tujuan negara Non Arab. Selain itu, harus mendapatkan vaksin 3 dosis terkecuali bagi orang-orang yang memiliki alasan medis untuk tidak melakukan vaksin.

Bagi warga Arab Saudi yang memiliki usia 12 sampai 16 tahun wajib mendapatkan vaksin 2 dosis, selain itu bagi anak-anak yang berusia di bawah 12 tahun maka harus membawa yang dinamakan polis asuransi office 19 untuk ke luar negeri. Hal ini merupakan syarat-syarat dasar yang harus dipenuhi dan masih banyak syarat lainnya yang mungkin berlaku sehingga jika warga Arab Saudi ingin pergi ke negara lain harus memperhatikan syarat yang berlaku.

3. Komentar Kementrian Luar Negeri

Terkait pengumuman dan pertanyaan banyak orang Kenapa Arab Saudi larang warganya pergi ke Indonesia meskipun peranan covid sudah menunjukkan angka yang cukup signifikan dibandingkan sebelumnya. Dalam hal ini, Kemenlu berikan respon bahwa hal tersebut dilakukan Arab Saudi dikarenakan kekhawatiran tentang kondisi pandemi covid pada negara-negara tersebut. 

Bisa dikatakan bahwa persepsi kerajaan Arab Saudi tentang pandemi covid di Indonesia berbeda dengan pemerintah sehingga tidak heran mereka memberlakukan pembatasan warga negara Arab Saudi untuk pergi ke Indonesia apalagi sejak aturan di Indonesia dilonggarkan tentang penggunaan masker dan sosial distancing di ruang terbuka. Hal ini juga sudah disampaikan kepada pihak Arab Saudi dan kita tinggal menunggu keputusan selanjutnya

Akhir kata, terima kasih sudah membaca artikel ini hingga selesai tentang alasan kenapa Arab Saudi larang warganya pergi ke Indonesia serta berbagai fakta yang wajib kamu tahu terkait informasi ini. Kami harap informasi ini dapat bermanfaat bagi semua pihak, terus update artikel dari situs kami yang tentunya akan memberikan informasi terbaru setiap hari!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *