Kenapa Jepang Tidak Ikut Kualifikasi Piala Asia 2023? Ini Dia Alasannya!

Apakah saat ini kamu sedang penasaran terkait alasan kenapa Jepang tidak ikut kualifikasi piala Asia 2023 yang sedang berlangsung saat ini? Simak ulasannya dalam artikel kali ini bagi kamu yang penasaran dengan informasi tersebut.

Di tengah laga kualifikasi piala Asia 2023 yang sedang berlangsung saat ini, banyak dari para penonton sepak bola yang bertanya dan karena penasaran kenapa Jepang tidak terlihat ikut kualifikasi piala Asia 2023. Padahal, Jepang sendiri memiliki Timnas yang hebat dan bisa dibilang sebagai salah satu negara dengan Timnas unggulan di Asia. 

Sedikit informasi, kualifikasi piala Asia 2023 sedang berlangsung mulai tanggal 18-15 Juni 2022 ini, di mana dalam kualifikasi ini ada 24 tim yang bertanding untuk memperebutkan tiket ke piala Asia 2023 nanti. Kualifikasi yang sedang berlangsung saat ini merupakan kualifikasi piala Asia putaran ketiga, di mana 24 tim saat ini sedang memperebutkan 11 posisi di Piala Asia 2023.

Banyak dari para penggemar sepakbola yang menyoroti terkait negara Jepang yang tidak terlihat mengikuti kualifikasi piala Asia 2023 yang sedang berlangsung saat ini. Oleh karena itu, pada artikel kali ini kami akan membagikan informasi mengenai alasan kenapa Jepang tidak ikut kualifikasi piala Asia 2023, yuk simak informasinya berikut ini.

Alasan Kenapa Jepang Tidak Ikut Kualifikasi Piala Asia 2023 yang Sedang Berlangsung 

kenapa jepang tidak ikut kualifikasi piala asia 2023

Seperti yang telah kami jelaskan sebelumnya, saat ini kualifikasi piala Asia 2023 sedang berlangsung sejak tanggal 8 Juni lalu, dan akan berakhir pada 15 Juni hari ini. Adapun dalam kualifikasi ini ada 24 tim yang bertanding untuk memperebutkan 11 tiket ke piala Asia 2023.

Timnas Indonesia sendiri berada di grup A, bersama dengan negara Kuwait, Yordania, dan juga Nepal. Timnas Indonesia sebelumnya telah menang saat bertanding dengan Kuwait, dan kalah tipis saat bertemu dengan Yordania.

Hasilnya, Timnas Indonesia lolos putaran ketiga kualifikasi Piala Asia 2023 bersama dengan 24 negara lainnya setelah Menang telak atas Nepal dengan skor 7-0. Di tengah euforia Timnas Indonesia yang lolos ke piala Asia 2023, ternyata banyak pendukung Timnas Indonesia yang bertanya terkait Kenapa Jepang tidak ikut kualifikasi piala Asia 2023.

Perlu kamu tahu, jumlah peserta Piala Asia 2023 saat ini adalah 24 tim, di mana AFC telah menggelar dua kali babak kualifikasi sebelumnya. Dua putaran kualifikasi sebelumnya telah meloloskan 13 tim diantaranya yaitu:

Suriah, Australia, Iran, Arab Saudi, Qatar, Jepang, Uni Emirat Arab, dan juga Korea Selatan sebagai juara grup babak kedua kualifikasi. Sementara itu, untuk runner up terbaik di babak kedua kualifikasi antara lain China, Irak, Oman, Vietnam, dan juga Lebanon.

Oleh karena itu, 13 tim yang telah lolos di putaran kedua tersebut tidak perlu lagi putaran ketiga kualifikasi piala Asia 2023 karena sudah berhasil menjadi juara grup dan juga runner up terbaik di babak kedua kualifikasi.

Jadi, dari penjelasan di atas sudah diketahui alasan kenapa Jepang tidak ikut kualifikasi piala Asia 2022 yang digelar pada tanggal 8 hingga 15 Juni 2022, yaitu karena Jepang sudah lolos sebagai bagian dari juara grup pada kualifikasi piala Asia 2023 putaran kedua.

Hasil Kualifikasi Piala Asia 2023, Indonesia Lolos Sebagai Runner-Up Grup A

Sementara itu, 11 posisi yang tersisa untuk piala Asia 2023 harus diperebutkan oleh 24 tim di Asia dalam babak ketiga kualifikasi. Dari 24 tim tersebut Indonesia menjadi salah satu negara yang sudah mengamankan posisinya di Piala Asia 2023 sebagai runner up di grup A.

Dari tim yang mengikuti kualifikasi pada putaran ketiga, 6 diantaranya sudah lolos sebagai juara grup, diantaranya yaitu Yordania (Grup A), Palestina (Grup B), Uzbekistan (Grup C), India (Grup D), Bahrain (Grup E), dan juga Tarjikistan (Grup F).

Sedangkan, 5 posisi lagi dari jalur 5 runner up terbaik ditempati oleh Kirgizstan (Grup F), Indonesia (Grup A), Malaysia (Grup E), Thailand (Grup C), dan juga Hongkong (Grup D). Jadi, 11 tim yang baru saja lolos kualifikasi piala Asia putaran ketiga berhak mengikuti Piala Asia 2023 bersama dengan 13 tim yang sudah lolos lebih dulu.

Total sebanyak 24 tim tersebut akan bertanding mengikuti Piala Asia 2023 yang rencananya akan digelar mulai tanggal 16 juni-16 Juli 2023 mendatang. Pada awalnya, China merupakan negara yang bertugas sebagai tuan rumah, tetapi pada 14 Mei 2022 lalu AFC mengumumkan kalau negeri tirai bambu tersebut mengundurkan diri sebagai tuan rumah event sepak bola se-asia tersebut dikarenakan sedang menangani pandemi Covid-19.

Hingga saat ini, belum ditentukan siapa yang akan menjadi tuan rumah pengganti China, dan kabarnya Indonesia sempat ditawari untuk menjadi penyelenggara. Namun, sampai saat ini belum ada kabar lebih lanjut mengenai posisi tuan rumah untuk piala AFC 2023.

Akhir kata, itulah informasi yang bisa kami bagikan untuk menjawab rasa penasaran kamu terkait Mengapa Jepang tidak ikut kualifikasi Piala Asia 2023, semoga informasi kali ini bermanfaat untuk kamu para penggemar sepakbola dan jangan lupa untuk update selalu informasi menarik lainnya dari situs kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *