Kenapa Menteri Perdagangan Diganti? Ini Penyebab dan Penggantinya!

Kenapa Menteri Perdagangan Diganti – Pada ulasan kali ini kami akan menjelaskan dan membahas mengenai permasalahan di Indonesia yaitu pergantian Menteri Perdagangan di era presiden Jokowi.

Indonesia merupakan negara kesatuan yang berbentuk Republik dengan Presiden menjadi pemegang kekuasaan dan kepada negara dengan didukung oleh Menteri-Menterinya.

Saat ini ada terdapat 4 Menteri koordinator dan 30 Menteri bidang dengan tujuan untuk membantu Presiden dalam memimpin negara kesatuan Republik Indonesia.

Setelah presiden Jokowi kembali menjadi pemenang di Pemilu 2019 untuk kedua kalinya, Presiden Jokowi sudah melakukan 3 kali pembaruan Menterinya yang mendukung di pemerintahannya.

Hal ini dilakukan demi kebaikan bangsa dan negara, di mana Menteri di pilih dari putra bangsa terbaik dengan mengemban amanah dari 300 juta penduduk di Indonesia yang merupakan negara maritim yang besar.

Dengan jumlah yang besar dan menjadi negara terpadat nomor 4 di dunia tidak heran apabila akan ada banyak permasalahan silih berganti yang terus menerpa Indonesia, baik itu datangnya dari dalam maupun dari luar negara Indonesia itu sendiri.

Saat ini berita yang cukup menghebohkan adalah digantinya salah satu menteri Indonesia atau yang disebut dengan Reshuffle, Menteri yang diganti kali ini adalah Menteri Perdagangan Indonesia.

Ada beberapa pihak yang menanyakan keputusan dari presiden Jokowi kali ini, hal ini akan dijelaskan secara lengkap di bawah ini sebagai berikut.

Penyebab Digantinya Menteri Perdagangan Indonesia

kenapa menteri perdagangan diganti

Menurut dari beberapa sumber yang valid menyebutkan bahwa Presiden Jokowi kembali melakukan Reshuffle atau pergantian di Menteri yang mendukungnya.

Kali ini Menteri Perdagangan Indonesia yang menjadi tokoh yang digantikan oleh orang lain untuk dijadikan Menteri perdagangan Indonesia, namun apakah keputusan tersebut hal yang tepat? mengingat kondisi ekonomi dunia saat ini sedang mengalami krisis Global.

Presiden Jokowi di salah satu pidato terbarunya menyebutkan bahwa ia mendapatkan panggilan dari Bank. Di dalam panggilan tersebut pihak dari Bank Dunia minta presiden Jokowi untuk bekerja keras menjaga ekonomi Indonesia sebaik mungkin.

Sehingga presiden Jokowi harus mengambil keputusan untuk mengambil langkah berupa melakukan Reshuffle atau mengganti Menteri Perdagangan yang sebelumnya di emban oleh Muhammad Lutfi dan digantikan oleh Zulkifli Hasan.

Alasan presiden Jokowi mengganti Menteri perdagangan bukan hanya karna dihubungi oleh pihak Bank Dunia mengenai krisi ekonomi global melainkan juga mengingat kinerja dari Menteri perdagangan yang tidak memuaskan.

Salah satunya mengenai kasus yang akhir-akhir ini banyak diprotes oleh masyarakat Indonesia mengenai harga minyak goreng yang sangat mahal dan keberadaan minyak goreng yang langka dan sulit sekali ditemukan.

Padahal Indonesia merupakan negara penghasil Minyak Goreng paling tinggi di dunia, namun malah harga minyak goreng yang mahal dan keberadaan minyak goreng sulit ditemukan.

Kemudian ketika di dalam rapat Menteri bersama DPR menanyakan apa tanggapan dari Menteri Perdagangan mengenai permasalahan Minyak Goreng, Muhammad Lutfi justur menjawab bahwa permasalahan ini tidak bisa diselesaikan oleh satu menteri saja diharuskan kerjasama banyak pihak.

https://calonpengangguran.com/2022/06/12/viral-pasangan-gay-bermesraan/

Atas jawaban yang tidak memuaskan tersebut Muhammad Lutfi pun diturunkan dan digantikan oleh orang lain untuk menjadi Menteri Perdagangan. Selain itu Presiden Jokowi juga menyebutkan mengganti Menteri Perdagangan bertujuan agar Kabinet kerja Jokowi dapat bergerak lebih cepat dan Efisien.

Tanpa harus menerima perintah terlebih dahulu melainkan dapat menyelesaikan permasalahan lebih cepat dan lebih gesit lagi dalam menyelesaikan permasalahan di Indonesia dalam berbagai bidang.

Siapa Menteri Perdagangan yang Baru?

Orang yang mengganti Muhammad Luthfi untuk menjadi Menteri Perdagangan adalah Zulkifli Hasan. Diketahui sebelumnya bahwa Zulkifli Hasan merupakan ketua partai PAN dan sebelumnya pernah menjabat sebagai Menteri Ketuhanan.

https://calonpengangguran.com/2022/06/12/link-video-smp-batik-viral-indo/

Disebutkan bahwa PAN akan memberikan dukungan penuh untuk presiden Jokowi dalam memimpin negara kesatuan Republik Indonesia untuk beberapa tahun kepemimpinan presiden Jokowi.

Penutup

Itulah informasi yang hanya dapat Calonpengangguran berikan tentang Kenapa Menteri Perdagangan Diganti. Semoga artikel yang saya terbitkan ini, dapat membantu kamu dalam mengetahui hal-hal yang sedang dipetanyakan saat ini.

Dan apabila diantara kamu para pembaca ada pertanyaan, silahkan sematkan di kolom komtar yang sudah saya sediakan dibawah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *