Kenapa Tanggal 24 Juni 2022? Simak Informasi Terbarunya Disini!

Media sosial kini diramaikan dengan trend pencarian tanggal 24 Juni 2022, baik di internet maupun di media sosial. Banyak dari para warganet yang bertanya kenapa tanggal 24 Juni 2022, dan apakah akan ada peristiwa besar yang akan terjadi di tanggal 24 Juni tersebut? Berikut akan kami bahas secara lengkap mengenai peristiwa yang akan terjadi pada tanggal 24 Juni 2022 mendatang.

Dalam satu hari, tentunya ada banyak sekali peristiwa yang terjadi di alam semesta baik yang melibatkan manusia maupun alam. Tanggal 24 Juni 2022 tampaknya menjadi tanggal yang menyimpan peristiwa besar yang akan terjadi dan membuat banyak orang penasaran.

Tidak heran, kata kunci pencarian tanggal 24 Juni 2022 menjadi trending di berbagai media sosial dan internet. Berdasarkan informasi yang kami dapatkan, pada tanggal 24 Juni 2022 mendatang akan ada suatu fenomena ruang angkasa yang akan melibatkan planet di tata surya termasuk bumi.

Hal tersebut merupakan suatu peristiwa yang langka dan tentunya jarang terjadi, sehingga ada banyak orang yang ingin menyaksikan fenomena langit tersebut. Lantas, fenomena apa yang akan terjadi pada tanggal 24 Juni 2022 tersebut dan membuat penasaran banyak orang?

Bagi kamu yang ingin tahu kenapa tanggal 24 Juni 2022 menjadi trending di internet dan media sosial, yuk simak informasi lengkapnya berikut ini, dan pastikan kamu membacanya sampai selesai agar kamu tidak ketinggalan informasinya.

Fenomena Langit Tanggal 24 Juni 2022 yang Trending di Media Sosial

kenapa tanggal 24 juni 2022

Penjelasan terkait pertanyaan kenapa tanggal 24 Juni 2022 banyak dibicarakan oleh warganet, ternyata terkait dengan fenomena langit yang akan terjadi di tanggal tersebut. Fenomena langit tanggal 24 Juni 2022 yaitu ketika lima planet sejajar galaksi Bima Sakti atau yang biasa disebut milky way akan terlihat sejajar dari bumi.

Kelima planet yang akan terlihat sejajar dari bumi tersebut diantaranya Merkurius, Venus, mars, Jupiter, dan juga Saturnus. Fenomena langka yang pernah terjadi 18 tahun yang lalu ini akan terjadi pada tanggal 24 Juni 2022 mendatang dan tentunya membuat banyak orang antusias untuk menyaksikan fenomena tersebut.

Fenomena lima planet sejajar ini memang termasuk fenomena langka yang sangat jarang terjadi, karena biasanya hanya ada tiga planet yang terlihat sejajar. Peneliti di salah satu Institut astronomi universitas edinburg mengatakan bahwa hal ini adalah kesempatan langka untuk melihat dengan mata telanjang kelima planet sejajar sekaligus.

Planet-planet di tata surya mengorbit matahari dalam bidang yang sangat sempit, sehingga berarti bahwa jika dilihat dari bumi, mereka tampak berada dekat dengan garis imajiner di langit atau yang biasa disebut ekliptika. Lima planet tersebut diperkirakan akan naik di atas cakrawala pada hari Jumat dini hari, meskipun mungkin akan sulit untuk melihat semuanya hingga akhir bulan nanti.

Mulai Kapan Bisa Melihat Fenomena Langka Lima Planet Sejajar?

Setelah mengetahui Kenapa tanggal 24 Juni 2022 banyak dibicarakan belakangan ini, banyak orang yang mulai antusias untuk menyaksikan fenomena langkah di mana ada lima planet yang akan sejajar dan terlihat dari bumi.

Dr. Greg Brown selaku petugas astronomi publik di royal museum Greenwich mengatakan bahwa planet Venus dan Jupiter akan menjadi planet yang paling mudah dilihat, di mana Venus akan naik di atas cakrawala sekitar pukul 04.00 pagi waktu Inggris, dan mars serta Jupiter akan terlihat sekitar pukul 02.45 pagi.

Sementara itu, planet Saturnus akan mulai naik di atas cakrawala sekitar pukul 01.30, tetapi planet mars akan menjadi sulit untuk dilihat saat senja. Planet Merkurius sendiri akan menjadi yang paling sulit ditemukan karena baru terbit sekitar pukul 04.30 pagi, di mana ketika itu akan sulit untuk melihat dalam cahaya fajar, dan akan tetap dekat dengan cakrawala.

Brown mengatakan satu-satunya kesempatan kamu untuk melihat kelima planet pada saat yang sama adalah setelah Merkurius terbit tetapi sebelum matahari terbit. Merkurius sendiri akan lebih mudah dikenali pada bulan Juni saat muncul di langit dan menjadi cerah.

Apakah Indonesia Bisa Menyaksikan Fenomena 24 Juni 2022?

Clara Yatini selaku peneliti astronomi dan astrofisika BRIN mengatakan bahwa masyarakat Indonesia juga bisa menyaksikan fenomena langka lima planet sejajar, baik dengan mata telanjang tanpa bantuan teropong.

Ia juga mengatakan bahwa fenomena tersebut bisa terlihat di Indonesia dan waktu pengamatannya sebelum matahari terbit. Jika langitnya bagus maka fenomena ini bisa diamati dengan mata telanjang, asal objeknya tidak lemah. Jika menggunakan teleskop, pengamatan fenomena ini justru sulit karena Medan pandangnya yang terbatas.

Clara Yatini juga menambahkan kalau fenomena lima planet sejajar ini bisa disaksikan di manapun, baik daerah tinggi maupun daerah rendah, selama Medan pandangnya tidak terhalang.

Sekian informasi mengenai Kenapa tanggal 24 Juni 2022 banyak dibicarakan oleh warganet dan peristiwa apa yang terjadi di tanggal tersebut, semoga informasi kali ini bisa bermanfaat dan jangan lupa update artikel lainnya dari situs kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *