BSU 2022 Kapan Cair? Berikut Jadwal Terbaru Pencairan Bantuannya!

BSU 2022 Kapan Cair – Bantuan subsidi upah atau disingkat dengan BSU hingga akhir Juni dipertanyakan kapan jadwal pencairannya, bantuan ini memang sangat dinantikan bagi para pekerja yang kesulitan atas dampak dari pandemi. Kabarnya, BSU 2022 akan kembali diberikan kepada pekerja yang berhak dengan nominal hingga 1 juta yang terdiri dari 500 ribu selama 2 bulan. Kabarnya untuk bantuan subsidi ini pemerintah telah mengucurkan dana sebanyak 8,8 triliun.

Namun, sejak April 2022 lalu BSU belum kunjung cair dikarenakan berbagai faktor antara lain masih dalam penyusunan regulasi serta mempersiapkan instrumen untuk pelaksanaan bantuan subsidi upah tahun 2022. Sehingga, secara tidak langsung penyaluran BSU mengalami sedikit keterlambatan karena perlu adanya proses dari birokrasi untuk menggodok dan merampungkan terkait pendanaan BSU ketenagakerjaan 2022 ini.

Saat artikel ini dibuat, yaitu awal Juli 2022 pihak penerima bantuan subsidi upah harap-harap cemas menantikan sinyal dari pemerintah untuk BSU 2022 kapan cair. Oleh karena itu, bagi kamu yang penasaran dan mencari tahu informasi tentang kapan BSU 2022 cair dan bagaimana mekanismenya. Berikut adalah penjelasan lengkapnya yang sudah kami kumpulkan dari berbagai sumber BSU 2022 sudah cair atau belum.

Penjelasan Tentang BSU 2022 Kapan Cair ? Berikut Faktanya!

bsu 2022 kapan cair

Kata kunci tentang BSU 2022 kapan cair menjadi pencarian yang populer di internet apalagi setelah memasuki bulan Juli namun bantuan ini belum kunjung ada kabar baik. BSU memang sejak April lalu mengalami penundaan dengan berbagai regulasi dan penyelesaian dari pemerintah tentang anggaran dan daftar pekerja yang layak mendapatkan bantuan ini. Hingga saat ini, pemerintah belum rampung mengurusi BSU yang sangat dinantikan oleh masyarakat.

Banyak warganet yang mempertanyakan jadwal pencairan BSU 2022 sehingga tidak heran Twitter BPJS ketenagakerjaan dipenuhi oleh pertanyaan tersebut. Sebagian besar pengguna langsung to the point untuk memastikan hal ini salah satunya yaitu akun Twitter @rory_bkc207 yang ternyata komentarnya dibalas oleh menteri ketenagakerjaan yaitu Ida Fauziah yang mengatakan untuk bersabar dan sedang dalam proses penuntasan regulasi.

Akun @BPJSTKinfo juga memberikan penjelasan kepada warganet serta masyarakat sedang melakukan persiapan secara matang terkait data serta kriteria yang disesuaikan dengan regulasi penyaluran BSU 2022. Untuk jadwal pastinya memang belum ditetapkan dan akan diberikan informasi lebih lanjut karena proses pencairan anggaran bantuan subsidi upah ini harus disusun dengan regulasi dan ketentuan yang sesuai.

Sehingga, bagi kamu yang ingin update informasi bisa langsung menghubungi 175 sebagai contact center atau mengirimkan email ke alamat care@bpjsketenagakerjaan.go.id. Selain itu, kamu tidak perlu merasa khawatir karena notifikasi penyaluran bantuan subsidi upah tahun 2022 ini tentunya dapat di update melalui halaman website resmi kemnaker.go.id yang bisa kamu akses melalui smartphone atau laptop berupa notifikasi khusus.

Pastikan Untuk Cek BSU 2022 dan Berikut Cara Mencairkannya

Setelah mengetahui tentang informasi BSU 2022 kapan cair, maka selanjutnya admin akan membahas tentang cara mengecek BSU 2022 apakah nama kamu terdaftar serta cara untuk mencairkannya ketika BSU sudah ada pada rekening penerima. Cara untuk mengecek nama penerima BSU dengan cara klik langsung https://bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id/ kemudian klik tombol cek dan isi NIK pada kolom tersedia. 

Setelah itu, kamu bisa menghubungi perusahaan tempat kamu bekerja kemudian nantinya perusahaan akan melakukan penjadwalan untuk pekerja atau karyawan melakukan aktivasi rekening bantuan subsidi upah. Adapun salah satu bank yang diwajibkan untuk penerima BSU yaitu bank himbara atau BRI, BNI, BTN, serta Mandiri. 

Jika pekerja atau penerima bantuan subsidi upah tidak memiliki bank himbara maka perusahaan akan bekerjasama dengan kementerian ketenagakerjaan dan penyalur untuk membuat rekening kolektif. Untuk aktivasi rekening nantinya akan dijadwalkan oleh perusahaan dan kamu tinggal membawa KTP dan NPWP pada cabang Bank terdekat. Setelah aktif maka pekerja bisa menerima hak bantuan subsidi upah dan bisa dicairkan.

Akhir kata, sekian informasi yang bisa kami bagikan tentang BSU 2022 kapan cair dan penjelasan lainnya yang mungkin bisa kamu jadikan tambahan informasi terkait jadwal BSU 2022 serta alasan penundaannya. Kami harap untuk tetap bersabar dan menunggu serta mengecek secara berkala di halaman website yang sudah kami berikan di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *