Belum lama ini, banyak warganet yang sedang mempertanyakan tentang Kenapa Penyimpanan Internal Cepat Penuh Padahal Aplikasi Sedikit. Apakah kamu juga sedang mencari hal tersebut? Jika iya, disini saya akan menjelaskannya untuk kamu.

Siapa sih yang tidak merasa jengkel jika memiliki ponsel dengan memori penyimpanan penuh? Apalagi aplikasi-aplikasi yang ada di ponsel yang kamu gunakan, masih dikatakan sedikit dan tidak banyak-banyak sekali.

Tentunya dengan memori penyimpanan yang penuh akan membuat semua aktifitas yang dilakukan menggunakan ponsel yang kamu miliki akan sangat terganggu atau sangat menghambat bukan. Hal seperti ini dapat membuat beberapa aplikasi tidak dapat bekerja dengan seutuhnya, seperti tidak dapat membuka aplikasi WhatsApp, Instagram, Galeri dan masih banyak aplikasi lainnya yang akan terganggu aktivitas kerjanya.

Untuk kamu yang mengalami masalah seperti ini, tentunya masalah tersebut dapat diatasi dengan cukup mudah. Dan tidak harus repot-repot untuk membeli ponsel yang memiliki kapasitas penyimpanan yang besar.

Penyebab Kenapa Penyimpanan Internal Cepat Penuh Padahal Aplikasi Sedikit

kenapa penyimpanan internal cepat penuh padahal aplikasi sedikit

Sebelum lanjut tentang cara mengatasinya, alangkah baiknya kamu juga mengetahui tentang penyebab Kenapa Penyimpanan Internal Cepat Penuh Padahal Aplikasi Sedikit. Ada beberapa faktor yang menyebabkan masalah ini terjadi, dan salah satunya seperti yang saya jelaskan dibawah ini:

Ukuran Aplikasi Besar

Hal pertama yang sering menyebabkan memori penyimpanan pada ponsel kamu adalah ukuran aplikasi yang kamu miliki besar-besar. Tentunya kamu sudah mengetahui bukan, bahwa menginstal aplikasi dengan ukuran yang sangat besar akan memakan banyak ruang penyimpanan yang dimiliki oleh perangkat yang kamu gunakan.

Contohnya seperti, kapasitas memori penyimpanan kosong dan total yang kita miliki yaitu 16GB, Jika kita memasang aplikasi berjumlah 8 dan total masing-masing aplikasi tersebut sebesar 2 GB, tentunya memori yang kita miliki langsung penuh bukan. Belum lagi dengan memori 16 GB tersebut, dipotong dengan beberapa aplikasi bawaan ponsel.

Data Lama yang Sudah Dihapus Masih Ada

Pada saat menghapus sebuah aplikasi dari ponsel yang kamu gunakan, tentunya ada beberapa data yang masih tersisa di perangkatmu. Diantaranya seperti meliputi gambar tertentu, file pengaturan, hingga konten unduhan yang masih banyak.

Jika tidak diketahui atau tidak dikelola dengan baik, tentunya hal ini akan memenuhi perangkat memori penyimpanan yang ada di ponsel tanpa diketahui. Apalagi sampah tersebut tidak akan terdeteksi dengan mudah jika sumber aplikasinya sudah kamu hapus.

Banyak Aplikasi Bawaan

Selanjutnya yaitu dengan banyaknya aplikasi bawaan, seperti yang sudah saya jelaskan diatas bahwa aplikasi-aplikasi bawaan ponsel yang kamu miliki juga memakan banyak ruang penyimpanan. Apalagi ukuran dari aplikasi tersebut beragam.

Pada umumnya ada dua tipe aplikasi bawaan dalam hal ini yang meliputi bawaan sistem operasi contohnya seperti Google Play Store dan bloatware yang berasa dari pihak pengembang ponsel itu sendiri.

Foto dan File Video Menumpuk

Perlu kamu ketahui bahwa ruang penyimpanan tidak hanya dapat penuh dengan file-file aplikasi saja, akan tetapi ruang penyimpanan juga dapat penuh jika kamu memiliki banyak file foto atau gambar. Hal ini juga akan membuat ruang penyimpanan pada ponsel kamu akan semakin sempit, dan akan mengganggu kinerja aplikasi lainnya.

Cara Mengatasi Penyimpanan Internal Cepat Penuh Padahal Aplikasi Sedikit

Setelah mengetahui beberapa penyebab ruang penyimpanan ponsel kamu penuh, saatnya kamu mengatasinya bukan. Nah, untuk mengatasi masalah seperti ini, kamu dapat mengikuti penjelasan yang saya berikan dibawah ini:

Hapus Aplikasi dengan File Ukuran Besar

Pertama dan utama yang wajib kamu perhatian yaitu aplikasi apa saja yang kami instal. Silahkan hapus beberapa aplikasi dengan ukuran file yang sangat besar untuk mengosongkan sedikit ruang penyimpanan internal.

Dan jika kamu sayang untuk menghapus aplikasi tersebut, kamu dapat mengunduhnya kembali di google dengan ukuran file yang lebih kecil.

Bersihkan Cach

Berikutnya yaitu dengan membersihkan Cache pada aplikasi, tentunya metode seperti ini sangat sering untuk membantu mengosongkan ruang penyimpanan. Saya pribadi juga sering menggunakan cara ini, akan tetapi perlu kamu ketahui bahwa setiap ponsel memiliki cara menghapus cache yang berbeda-beda.

Untuk caranya membersihkan Cache secara normalnya, silahkan tahan atau tekan lama aplikasi yang ingin di bersihkan cache, lalu klik Informasi Aplikasi dan silahkan klik Hapus Cache.

Hapus File Cadangan WhatsApp

Setelah menghapus Cache beberapa aplikasi, dan jika bagi kami ruang penyimpanan masih kurang banyak. Kamu dapat menghapus File Cadangan WhatsApp, file seperti ini tentunya akan terus menumpuk dari hari kehari dan akan membuat memori penyimpanan penuh.

Dan untuk membersihkan file cadangan wa, kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini seperti Buka File Manager > Masuk ke Memori Internal > Cari dan buka folder WhatsApp > Masuk ke folder Databases > Pilih semua file di dalamnya, Lalu gunakan opsi Delete

Hapus Folder yang Tak Berguna

Selanjutnya dengan membersihkan beberapa folder yang berisi data-data tak penting. Sama halnya seperti penjelasan yang saya berikan pada nomor pertama, yaitu ada beberapa file yang masih tersembunyi padahal aplikasinya sudah terhapus.

Silahkan hapus folder aplikasi yang memiliki data-data aplikasi tidak penting, dan saya sarankan untuk kamu menghapus satu persatu, agar tidak ada data aplikasi lainnya yang juga ikut terhapus.

Penutup

Seperti itulah informasi yang hanya dapat Calonpengangguran berikan tentang Kenapa Penyimpanan Internal Cepat Penuh Padahal Aplikasi Sedikit. Semoga artikel yang saya terbitkan ini, dapat membantu kamu dalam mengetahui hal-hal yang sedang dipertanyakan saat ini.


1 Komentar

Kenapa Z Library Tidak Bisa Dibuka? Begini Cara Mengtasinya! · November 10, 2022 pada 08:25

[…] Kenapa Penyimpanan Internal Cepat Penuh Padahal Aplikasi Sedikit […]

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *