Sejak tahun 2020, pemerintah Indonesia berusaha mengembangkan dan mendukung perusahaan-perusahaan startup. Usaha ini kemudian diwujudkan melalui program Startup Studio Indonesia (SSI) yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. Hingga kini, program ini tetap aktif dan telah berjalan pada batch ke-5 pada tahun 2022.

Berbeda dengan program sebelumnya yaitu Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital, SSI lebih dalam mendampingi perusahaan untuk memperoleh pendanaan. Program ini sangat menguntungkan dan mendukung para perusahaan startup Indonesia untuk mengembangkan usahanya.

SSI menjadi kesempatan terbaik bagi para startup untuk ikut berkembang, mengingat bidang ini semakin digemari di Indonesia. Kominfo memberikan mentoring dan pendampingan secara konsisten dalam 3 bulan dengan materi-materi pengembangan bisnis.

Manfaat Mengikuti Startup Studio Indonesia

startup studio indonesia

Dewasa ini dunia bisnis semakin berkembang di Indonesia dalam berbagai segmen. Kemunculan bisnis-bisnis baru dalam jumlah besar di Indonesia merupakan hal positif. Namun banyak pula pebisnis yang masih meraba bagaimana mereka menjalankan bisnisnya.

Program SSI ini menjadi solusi terbaik dengan beragam manfaat yang bisa diperoleh.

1. Mentoring Langsung dari Pakarnya

Manfaat yang akan Anda dapatkan ketika mengikuti program SSI adalah mentoring langsung dari para ahli dalam dunia bisnis. Mentoring merupakan hal yang penting dalam pengembangan bisnis terutama dari para ahlinya. Kominfo memfasilitasi para startup dengan menghadirkan para expert yang mampu membimbing dan sharing pengalamannya.

Melalui mentoring pula, pelaku bisnis dapat menambah pengetahuan dan membentuk mindset yang mendukung usahanya. Bekal inilah yang kemudian dapat diterapkan pada bisnis terutama kemampuan melihat peluang dan strategi yang tepat dalam menjalankan usaha. Pelatihan ini berlangsung selama 3 bulan secara daring di rumah masing-masing.

2. Akses Bimbingan

Manfaat lainnya yang bisa diperoleh saat mengikuti Startup Studio Indonesia adalah mendapatkan akses bimbingan dari para ahli. Ini juga menjadi titik penting bagi pebisnis terutama pemula untuk dibimbing langsung oleh ahlinya.

Proses bimbingan ini memungkinkan para startup mengatasi berbagai masalah yang mungkin terjadi selama menjalankan bisnis agar lebih terarah.

Bimbingan ini disesuaikan dengan skala startup sehingga coaching dapat dilakukan tepat sasaran. Materi yang diberikan juga sangat membantu pengembangan bisnis baik startup  tahap awal maupun tingkat di atasnya.

Beberapa materi yang diberikan berhubungan dengan pengembangan strategi produk, penggunaan teknologi bisnis, dan keterampilan berbisnis dan branding untuk menguasai pasar.

3. Kurikulum Mentoring yang Efektif untuk Pengembangan Bisnis

Selanjutnya, ada kurikulum yang diterapkan sesuai kebutuhan bisnis Anda. Seperti yang diulas sebelumnya bahwa dalam program SSI ini menekankan pada pengembangan bisnis. Maka dari itu, kurikulum yang diterapkan juga harus mampu menjawab segala masalah bisnis. Kurikulum ini juga penting dalam proses bimbingan agar lebih terarah dan efektif untuk mengembangkan bisnis startup.

4. Adanya Dukungan Teknis dari Para Ahli Industri

Dukungan teknis dari ahli di bidang industri juga menjadi poin penting dalam startup. Pada program SSI ini, para startup mendapatkan dukungan teknis tersebut untuk pengembangan usahanya. Dukungan ini dapat menjadi petunjuk mengenai strategi yang tepat digunakan dalam mengembangkan usaha.

Berdasarkan informasi tersebut dapat diketahui bahwa program Startup Studio Indonesia sangat bermanfaat untuk bisnis. Anda juga akan mendapatkan coaching intensif dari pakar mengenai perjalanan bisnis nantinya. Pengalaman-pengalaman dan strategi bisnis yang diberikan oleh para pakar ini bisa menjadi pedoman mengembangkan usaha.


Arnold Tio Sandi

Suka Jalan jalan

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *