Belum lama ini, banyak warga Indonesia yang sedang mempertanyakan tentang Kenapa MNC Group Tidak Ada di TV Digital 2022? Apakah kamu juga sedang mencari informasi tersebut? Jika iya, disini saya akan menjelaskannya.

Warga Indonesia belum lama ini di gegerkan dengan peraturan baru yaitu TV Analog sudah tidak berlaku lagi, dan digantikan dengan TV Digital. Hal ini pun membuat geger banyak orang di beberapa waktu lalu setelah peraturan ini disahkan.

Tentunya untuk kamu yang hanya memiliki TV Tabung atau Analog pastinya merasa agak jengkel dengan peraturan yang seperti ini bukan. Tentunya setiap peraturan tentunya memiliki tujuan yang tidak akan mengecewakan.

Dengan hadirnya peraturan seperti ini, banyak warga Indonesia yang berbondong-bondong untuk membeli TV Digital agar dapat menerima siaran seperti biasanya. Hal ini dapat kita ketahui di beberapa berita yang beredar bahwa banyak orang yang membeli TV Digital di setiap daerah.

Walaupun seperti itu, ada beberapa netizen yang setelah membeli TV Digital tetapi Kenapa MNC Group Tidak Ada di TV Digital. Hal ini pun membuat sebagian orang yang belum mengetahuinya merasa kecewa, karena banyak sinetron maupun tayangan yang mereka nanti-nanti di chanel tersebut.

Kenapa MNC Group Tidak Ada di TV Digital 2022?

kenapa mnc group tidak ada di tv digital 2022

Banyak pertanyaan yang sedang beredar seperti kenapa siaran MNC Group dan RCTI hilang di TV Digital. Dan rata-rata orang sadar bahwa siaran yang ada di TV Digital lebih sedikit jika dibandingkan dengan siaran yang ada di TV Analog.

Untuk kamu yang yang bertanya-tanya mengenai hal ini, kamu tidak perlu panik sebab Chanel kesayangan kamu seperti SCTV, Indosiar, MNC Group akan muncul kembali nantinya setelah melewati beberapa proses yang belum diketahui.

Hanya saja, ada beberapa hal yang harus dilakukan agar siaran TV dapat kembali dengan normal seperti sedia kala. Siaran TV yang hilang pada perangkat televisi kamu disebabkan oleh program migrasi sinyal TV Analog ke TV Digital Oleh kominfo pada tahun 2022 ini. ATau biasa disebut dengan ASO (Analog Switch Off) yang sudah dilakukan pada tanggal 2 November 2022 lalu.

Pada ASO tahap 1, kominfo melakukan migrasi TV Analog ke TV Digital untuk wilayah Jabodetabek serta 222 wilayah lainnya yang ada di Indonesia.

Tidak hanya, nantinya akan ada 514 total wilayah di seluruh Indonesia yang akan mengalami hilang sinyal disebabkan oleh migrasi sinyal TV Analog ke TV Digital.

Cara Ganti TV Analog ke TV Digital

Agar siaran televisi yang kamu miliki kembali muncul seperti sebelumnya, kamu dapat melakukan beberapa hal agar siaran kembali normal. Dilansir dari Indonesia baik, ada dua skema untuk mendapatkan siaran TV Digital, yang pertama dengan menggunakan TV Digital dan yang kedua yaitu dengan menggunakan alat bantu seperti Set Top Box (STB).

Untuk kamu yang belum tahu, STB merupakan alat pengkonversi sinyal menjadi gambar dan suara yang kemudian akan ditampilkan pada TV Tabung atau Analog. Untuk mengubah TV Analog ke TV Digital menggunakan STB dapat kamu ikuti seperti cara yang sudah saya jelaskan dibawah ini:

  • Pertama, silahkan siapkan STB DVB-T2 dan TV Analog
  • Pastikan bahwa STB tersebut berjenis DVB-T2 yang sudah mendukung sambungan antena pada TV Analog
  • Lalu pastikan bahwa TV Analog sedang dalam keadaan mati atau off. Dan cabut kabel yang telah terpasang di TV Analog
  • Selanjutnya, sambungkan kabel antena ke port yang biasanya bernama ANT IN dan tersedia di bagian punggung STB itu sendiri
  • Sambungkan kabel HDMI dari Port di STB ke TV Analog
  • Setelah itu, silahkan nyalakan STB dan TV Analog, lalu masuk ke pengaturan dan pilih mode tampilan AV
  • Setelah menu STB muncul, silahkan klik opsi pencarian
  • Apabila daftar saluran siaran digital sudah muncul dan lengkap, klik opsi simpan dan siaran sudah dapat kamu nikmati
  • Selesai

Penutup

Seperti itulah informasi yang hanya dapat Calonpengangguran berikan tentang Kenapa MNC Group Tidak Ada di TV Digital 2022. Semoga artikel yang saya terbitkan ini, dapat membantu kamu dalam mengatasi masalah yang sedang terjadi.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *