Kenapa Instagram Tidak Bisa di Update? Begini Cara Mengatasinya!

Belum lama ini, banyak warganet yang sedang mempertanyakan tentang Kenapa Instagram Tidak Bisa di Update. Apakah kamu juga salah satu orang yang mengalami hal tersebut? Jika iya, disini saya akan menjelaskan mengenai cara mengatasinya.

Instagram adalah sebuah sosial media yang sangat sering digunakan belakangan ini, sejak pertama kali rilis saja pengguna sosial media ini sudah mendunia. Aplikasi Instagram ini tentunya memberikan banyak manfaat untuk para penggunannya.

Akan tetapi, ada beberapa masalah yang sering muncul seperti tidak bisa di update. Tentunya hal seperti ini sangat menjengkelkan bukan? Banyak warganet yang bertanya-tanya kenapa aplikasi Instagram tidak bisa dibuka, masalah ini pun sampai viral di Twitter pada waktu lalu.

Masalah seperti ini memang kerap terjadi di setiap aplikasi. Pastinya tidak hanya aplikasi instagram saja, namun semua aplikasi sosial media lainnya pastinya pernah mengalami kendala yang serupa. Lantas bagaimana cara mengatasinya? Tenang, kamu bisa mengatasi masalah ini hanya dengan menyimak cara yang sudah saya jelaskan seperti dibawah ini:

Penyebab Kenapa Instagram Tidak Bisa di Update dan Cara Mengatasinya

kenapa instagram tidak bisa di update

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, ada beberapa penyebab yang membuat aplikasi Instagram tidak bisa di update. Apa saja itu? Yuk simak ulasan berikut dibawah ini:

Koneksi Internet Tidak Stabil

Penyebab Instagram Tidak Bisa di Update pertama adalah koneksi internet yang tidak stabil atau buruk. Koneksi yang tidak stabil tentunya akan sangat berpengaruh saat menjalankan Instagram. Pastinya semua orang mengetahui hal ini, bahwasannya untuk menggunakan instagram memerlukan jaringan yang bagus, karena konten yang ada didalamnya berupa foto dan video.

Apabila koneksi atau sinyal kamu tidak stabil, besar kemungkinan bahwa saat membuka aplikasi instagram tampilan pada layar ponsel hanya akan menampilkan timeline atau halam yang kosong. Bisa-bisa kamu tidak akan bisa melihat unggahan yang baru dari akun Instagram orang lain.

Solusi jika koneksi Internet kamu tidak stabil atau tidak bagus, kamu bisa menggunakan jaringan WIFI atau koneksi internet dari ponsel lainnya, atau yang dikenal dengan tethering. Jika sudah terhubung dengan koneksi internet tersebut, kamu bisa langsung melakukan update Instagram.

Baca Juga:

Cache atau Sampah di Ponsel Menumpuk

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, pastinya setiap aplikasi akan mengalami masalah. Apalagi saat cache sudah menumpuk, hal ini tentunya akan mengganggu kinerja dari aplikasi tersebut, dan akan juga berpengaruh pada kinerja ponsel yang kamu gunakan.

Cache Instagram yang menumpuk bisanya akan menimbulkan masalah seperti tidak bisa update, tidak bisa memuat kabar, tidak bisa mengirim pesan, dan masih banyak lagi. Maka dari itu, pastikan bahwa kamu sering atau selalu menghapus Cache aplikasi Instagram setelah atau sebelum menggunakannya.

Ponsel Terdapat Bug

Hal lain yang sering membuat aplikasi instagram tidak bisa di update adalah ponsel yang kamu gunakan mengalami bug. Umumnya penyebab ini tidak hanya berlaku pada aplikasi Instagram saja, tetapi akan berpengaruh pada aplikasi lainnya yang ada di ponsel kamu.

Cara yang paling ampuh mengatasi masalah ini adalah dengan mematikan ponsel dan menghidupkannya kembali atau mereset ponsel tersebut. Tujuan hal ini adalah untuk menghilangkan bug yang terdapat pada ponsel kamu.

Akun Instagram Bermasalah

Selain beberapa penyebab diatas, ada satu sebab yang sering tidak disadari pengguna, yakni akun dari platform tersebut bermasalah, kita semua tahu untuk mengakses dan menggunakan fitur yang ada di Instagram pengguna harus memiliki akun. Nah, bisa jadi karena sumber masalahnya pada akun IG nya sehingga membuat kamu tidak bisa melakukan update, ntah karena gmail yang digunakan error ataupun ada masalah lain yang tidak kita sadari.

Ruang Penyimpanan Penuh

Selain karena cache menumpuk, perangkat yang tidak memiliki ruang kosong penyimpanan akan sering mengalami masalah, seperti terjadi bug, aplikasi yang dibuka crash, aplikasi tiba tiba keluar sendiri, tidak bisa update, fitur dari aplikasi tidak ada dan lain sebagainya.

Jadi, setelah kamu membersihkan cache langkah selanjutnya yang harus diperhatikan adalah mengecek ruang penyimpanan perangkat yang digunakan sudah penuh atau masih ada ruang kosong.

Akun Google Tidak Sinkronisasi

Seperti yang kita semua tahu, akun Google berguna sebagai identitas pengguna dalam perangkat seluler, sehingga untuk bisa mengakses atau menjalankan aplikasi memerlukan akun Google yang terhubung ke perangkat.

Kalau terjadi masalah pada akun Google, kira kira apa yang akan terjadi? Tentu saja perangkat tidak bisa menjalan perintah yang Anda berikan, seperti memberi perintah update aplikasi Instagram di Play Store.

Server Instagram Error

Selain penyebabnya karena koneksi internet, ada juga alasan mengapa Instagram tidak bisa di update, yaitu dikarena aplikasi Instagram sedang mengalami gangguan. Setiap aplikasi yang sering digunakan dan semakin lama dijalankan, tentunya akan mengalami masalah yang datang dari pihak pengembang aplikasi itu sendiri.

Salah satu masalahnya seperti tidak bisa update Instagram, hal ini juga kerap menyebabkan masalah seperti itu. Instagram error atau bahkan tidak bisa dibuka juga akan terjadi, jikalau memang sedang ada masalah pada pihak pengembang.

Cara Mengatasi Instagram Tidak Bisa di Update

Setelah mengetahui poin penting apa saja yang bisa menyebabkan aplikasi Instagram tidak bisa di update, tentu saja untuk bisa mengatasi masalah tersebut akan lebih mudah bukan? Oleh karena, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi Instagram tidak bisa di update, diantaranya:

  • Hapus Cache, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menghapus cache atau sampah penggunaan di perangkat. kamu tinggal masuk ke menu Pengaturan dan pilih Manajemen Aplikasi, lalu klik aplikasi Instagram. Setelah masuk, silahkan klik Clear Cache dan tunggu beberapa saat. Kalau kamu tidak ingin repot bisa menginstall aplikasi tambahan untuk menghapus cache di Play Store.
  • Hapus File dan Aplikasi Tidak Penting, apabila ruang penyimpanan perangkat mu sudah penuh, saran saya hapus atau pindahkan beberapa file dan aplikasi tidak penting ke perangkat lain.
  • Install Ulang Aplikasi Instagram, apabila kamu  tidak bisa melakukan update versi aplikasi Ig, coba uninstall dan install lagi tujuannya agar semua pengaturan dan masalah ke reset dan menghilangkan bug.
  • Muat Ulang Perangkat, setelah selasai install ulang kamu juga perlu memuat ulang perangkat. Tujuannya hampir sama seperti install ulang aplikasi, hanya saja memuat ulang perangkat bertujuan untuk reset dan menghilang bug pada perangkat.
  • Cek Akun Google Terhubung di perangkat, jika kamu sudah memuat ulang perangkat, selanjutnya cek apakah akun Google sudah terhubung ke perangkat atau tidak. Cara buka pengaturan, klik akun Google, silahkan sinkronisasi jika belum.
  • Pasti Akun Tidak Bermasalah, untuk memastikan akun Instagram bermasalah atau tidak, kamu bisa logout lalu login lagi, jika berhasil tanpa kendala berarti akun mu tidak bermasalah, sebaliknya jika terjadi error fix akun mu yang bermasalah. Kalau ini sampai terjadi, satu-satunya cara adalah memulihkan akun atau membuat akun baru.
  • Pastikan Koneks Internet Tidak Bermasalah, setelah melakukan beberapa perbaikan diatas dan hasilnya tetap tidak bisa update Instagram, kamu bisa cek apakah koneksi internet yang digunakan stabil atau tidak. Caranya, kamu bisa kunjungi situs Speedtest.
  • Hubungi CS Instagram , ini adalah cara terakhir yang kamu bisa lakukan, dengan menghubungi help center mereka kamu akan mendapatkan jawaban terkait penyebab dan solusi dari masalah yang sedang dialami. Untuk kamu yang ingin menghubungi CS Instagram bisa klik link ini https://help.instagram.com/

Penutup

Seperti itulah informasi yang hanya dapat Calonpengangguran berikan tentang Kenapa Instagram Tidak Bisa di Update. Semoga artikel yang saya sampaikan ini, bisa membantu kamu dalam mengatasi masalah yang sedang terjadi. Sekian dan terima kasih.

Baca Juga:

2 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *