×

Kenapa FYP TikTok Itu Itu Saja? Ini Penyebab Beserta Solusinya

Kenapa Foto di Tiktok Tidak Muncul di Galeri

Kenapa FYP TikTok Itu Itu Saja? Ini Penyebab Beserta Solusinya

Kenapa FYP TikTok Itu Itu Saja – TikTok, platform media sosial berbagi video yang populer di kalangan generasi muda, telah menciptakan fenomena yang dikenal sebagai FYP (For You Page). FYP adalah halaman yang menampilkan video-video yang dipersonalisasi berdasarkan preferensi pengguna.

Namun, banyak pengguna yang merasa FYP TikTok terlalu monoton dan cenderung menampilkan konten yang serupa secara berulang. Artikel ini akan membahas kenapa fyp TikTok itu-itu saja beserta beberapa solusinya.

Sekilas Tentang FYP Tiktok

Perlu kamu semua ketahui, FYP adalah singkatan dari for you page yang berarti cara Tiktok untuk menampilkan berbagai macam video pendek untuk kamu sebagai pengguna.

Tidak jarang pula FYP dianggap sebagai cara Tiktok untuk membuat suatu hal menjadi viral dengan cara menyebarkan konten video dengan tema tertentu.

Sebab, pada dasarnya kita jarang sekali mencari konten tertentu melalui fitur pencarian sehingga Tiktok berusaha memberi pengalaman terbaik dengan membagikan video yang dianggap menarik oleh penonton sebelumnya.

selain itu, fitur FYP hadirnya dengan tujuan memberi informasi secara mendetail terkait konten tertentu yang sedang dibutuhkan oleh pengguna.

Kenapa FYP TikTok Itu-Itu Saja

Kenapa FYP TikTok Itu Itu Saja

Setelah kamu semua mengetahui arti sederhana dari FYP atau for you page yang saya jelaskan diatas. Ada persoalan terkait konten video yang tampil di FYP Tiktok sering sekali itu-itu saja sehingga membuat pengguna merasa jenuh.

lantas apa sih yang menyebabkan hal tersebut bisa terjadi? dibawah ini beberapa penyebab yang membuat fyp Tiktok mu menampilkan konten berulang-ulang, diantaranya:

1. Algoritma TikTok masih belajar

Algoritma TikTok terus belajar dan berkembang. Ini berarti bahwa diperlukan waktu bagi aplikasi ini untuk mengenali jenis konten yang disukai oleh pengguna. Sementara itu, pengguna mungkin melihat video yang sama berulang kali karena algoritma sedang berusaha mencari tahu apa yang diminati oleh mereka.

2. Pengguna berinteraksi dengan konten yang sama

Algoritma TikTok juga mempertimbangkan interaksi pengguna dengan konten tertentu. Jika pengguna terus-menerus memberi like, mengomentari, dan membagikan video yang sama, algoritma akan mulai menampilkan lebih banyak konten serupa kepada pengguna. Ini disebabkan oleh asumsi bahwa pengguna memiliki minat terhadap jenis konten tersebut.

3. Pengguna mengikuti orang yang sama

Orang-orang yang diikuti oleh pengguna juga berperan dalam menentukan video apa yang akan muncul di FYP mereka. Jika pengguna mengikuti banyak orang yang memposting konten serupa, kemungkinan besar mereka akan melihat konten serupa di FYP mereka.

4. Pengguna tergabung dalam komunitas khusus

Jika pengguna merupakan bagian dari komunitas khusus di TikTok, kemungkinan besar mereka akan melihat video dari anggota lain dalam komunitas tersebut di FYP mereka. Hal ini dikarenakan algoritma berupaya untuk menampilkan konten yang relevan dengan minat pengguna.

5. Pengguna menggunakan tagar yang sama

Penggunaan tagar juga mempengaruhi jenis video yang muncul di FYP. Jika pengguna menggunakan tagar yang sama dengan banyak orang lain, kemungkinan besar mereka akan melihat video yang menggunakan tagar tersebut di FYP mereka.

Solusi Kenapa FYP TikTok Itu-Itu Saja

Tentu saja akan bosan dengan isi FYP yang itu-itu saja. Untuk mengatasi hal tersebut, ada beberapa solusi yang dapat diambil. Berikut ini adalah beberapa solusi yang bisa Anda coba:

1. Terapkan Pilihan “Tidak Tertarik”

Salah satu cara untuk mengubah FYP TikTok yang itu-itu saja adalah dengan menggunakan fitur “Tidak Tertarik”. Dengan mengaktifkan fitur ini, algoritma akan memahami bahwa Anda tidak tertarik dengan video tersebut dan merekomendasikan konten yang berbeda.

Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi TikTok.
  • Ketika muncul video di FYP yang tidak sesuai dengan minat Anda, tahan video tersebut.
  • Silakan pilih opsi “Tidak Tertarik”.

Dengan sering menggunakan fitur “Tidak Tertarik” pada video yang muncul di FYP TikTok, Anda akan melihat rekomendasi video yang lebih sesuai dengan minat Anda.

2. Manfaatkan Fitur Pencarian

Langkah selanjutnya untuk mengatasi kenapa fyp TikTok itu-itu saja adalah dengan memanfaatkan fitur pencarian. Dengan sering melakukan pencarian video-video yang Anda inginkan, maka FYP TikTok akan menampilkan video yang sesuai dengan minat Anda.

Jadi, rekomendasi video akan disesuaikan dengan apa yang Anda cari. Misalnya, jika Anda sering mencari video tentang pengetahuan, maka video-video pengetahuan akan muncul secara otomatis.

Lakukan pencarian dengan kata kunci tertentu secara rutin, maka algoritma akan memahami minat Anda dan merekomendasikan video yang mirip atau sesuai dengan minat tersebut. 

3. Lakukan Like dan Komentar

Solusi terakhir untuk mengatasi FYP TikTok yang itu-itu saja adalah dengan memberikan like dan komentar pada video yang Anda sukai. Misalnya, jika Anda tertarik dengan video tentang makanan, sering-seringlah memberikan like dan komentar pada video-video sejenis tersebut. Dengan begitu, FYP Anda akan diisi dengan video-video makanan secara otomatis.

Oleh karena itu, disarankan untuk tidak sering memberikan like atau komentar pada video yang sebenarnya tidak Anda minati. Jika sering memberikan like atau komentar pada video tersebut, algoritma akan mengasumsikan bahwa Anda menyukainya dan akan terus menampilkan video yang serupa.

Post Comment