Apakah YouTube Boros Kuota? Ini Dia Jawaban dan Cara Mengatasinya!

Belum lama ini, ada banyak warganet yang sedang mempertanyakan tentang Apakah YouTube Boros Kuota. Untuk kamu yang sedang mempertanyakan hal tersebut, disini Calonpengangguran akan menjelaskannya.

Di era ini, terdapat banyak sosial media yang bisa menemani kita pada waktu luang atau anak muda menyebutnya gabut. Salah satunya seperti membuka sosial media seperti TikTok, Instagram, Twitter, Facebook, YouTube dan masih banyak lagi.

Namun anak-anak zaman sekarang lebih sering menggunakan aplikasi YouTube untuk menonton berbagai macam video didalamnya. Tak hanya di kalangan anak-anak saja, namun orang tua kini juga sering menggunakan aplikasi YouTube untuk mencari berita terkini.

Karena seringnya menggunakan aplikasi YouTube, ada banyak orang yang merasa Kuota Internet yang mereka gunakan cepat habis. Hal ini pastinya membuat banyak orang bertanya-tanya, apakah aplikasi YouTube mengambil banyak kuota pada saat digunakan.

Untuk kamu yang sedang mempertanyakan hal tersebut, disini Calonpengangguran akan menjelaskannya penyebab dan cara untuk mengatasinya. Karena disini saya akan memberikan tips agar kamu dapat menghemat kuota internet pada saat menonton menggunakan aplikasi YouTube.

Apakah YouTube Boros Kuota?

apakah youtube boros kuota

Untuk kamu yang mempertanyakan Apakah YouTube Boros Kuota? Tentunya hal tersebut tergantung dalam cara penggunaan yang kamu lakukan.. Karena, kuota data akan berkurang tergantung dengan kualitas video YouTube yang kamu gunakan.

Dari riset yang saya peroleh, menonton video YouTube pada standar 480p mengonsumsi sekitar lebih dari 160 Mega Byte dalam waktu 1 jam. Sedangkan untuk menonton yang Full HD, bisa memakan sampai 1,65 Giga Byte.

Walaupun tidak ada angka resmi dalam melakukan streaming YouTube, dari sumber yang saya peroleh, berikut perbandingan konsumsi data seluler dalam menonton video YouTube berdasarkan kualitas per satu jamnya:

  • 480p Membutuhkan 264 MB atau setara 0,026 GB
  • 720p Membutuhkan 870 MB atau setara 0,87 GB
  • 1080p Membutuhkan 1640 MB atau setara 1,65 GB
  • 4K (HFR) Membutuhkan 2700 MB atau setara 2,7 GB

Dapat kamu simpulkan, bahwa boros atau tidaknya dalam menonton video di aplikasi YouTube itu tergantung dalam kualitas video yang kamu gunakan. Semakin besar kualitas yang kamu pilih, maka akan semakin banyak pula kuota data yang akan kamu gunakan.

6 Cara Nonton YouTube Agar Hemat Kuota

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan beberapa cara untuk menghemat kuota pada saat menonton video di aplikasi YouTube. Disini saya akan memberikan beberapa cara yang bisa kamu pilih, berikut penjelasannya:

1. Aktifkan Fitur Penghemat Daya

Yang pertama adalah mengaktifkan fitur penghemat daya agar kuota data yang kamu miliki tidak terkuras banyak. Mengaplikasikan hal ini akan membantu kamu untuk menghemat data sebanyak 50%, sehingga juga akan membuat ponsel yang kamu gunakan lebih hemat dalam mengunduh gambar maupun video di dalam aplikasi YouTube.

2. Menerapkan Batas Kapasitas Kuota

Berikutnya adalah dengan menerapkan batas kapasitas kuota yang digunakan di ponsel. Sedangkan untuk ponsel jenis Android, kamu bisa melakukan hal ini dengan masuk ke bagian Pengaturan, lalu aktifkan menu alert me about data usage. Setelah melakukan hal tersebut, maka kamu akan mengetahui atau mendapatkan notifikasi mengenai data yang sudah digunakan.

Berbeda dengan ponsel jenis iOS, kamu harus masuk ke menu Pengaturan, lalu cek Seluler atau Data Seluler di ponsel kamu. Pada menu ini, kamu dapat menentukan beberapa jenis aplikasi yang akan diatur penggunaan datanya. Hal ini tentunya akan lebih memudahkan kamu dalam memantau kuota data yang telah digunakan.

3. Menggunakan Browser yang Memiliki Video Boost

Selanjutnya adalah dengan menggunakan Browser yang memiliki Video Boost, browser yang memiliki hal tersebut adalah Opera Mini. Aplikasi ini akan sangat membantu kamu dalam menghemat kuota pada saat menonton video yang ada di YouTube dan tidak akan memakan kuota yang banyak.

Secara umum, video boost akan mengurangi ukuran data sekaligus mempercepat loading dan mengurangi tingkat lag atau buffering pada saat kamu menonton sebuah video di dalam aplikasi YouTube.

Tak hanya Opera Mini saya yang memiliki video boost, namun UC Browser juga memiliki hal tersebut. Karena, fitur Fast Mode yang ada didalamnya dapat mengkompres kuota data. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan Google Chrome yang sudah dilengkapi fitur data saver agar dalam pengguna kuota data tidak boros.

4. Memilih Resolusi Kualitas Video Yang Kecil

Lalu untuk menghemat kuota data pada saat menggunakan aplikasi YouTube adalah dengan memilih resolusi atau kualitas video yang kecil. Hal ini sudah saya sampai di atas bukan? Bahwa, semakin kecil kualitas video yang kamu gunakan, maka akan semakin kecil pula data internet yang akan berkurang.

5. Menggunakan WIFI

Hal yang sangat sering digunakan oleh semua pada saat menonton video di YouTube adalah dengan menggunakan jaringan wifi. Tentunya hal ini akan sangat menghemat kuota data yang kamu miliki. Hanya dengan menggunakan Wifi, kamu dapat menonton video YouTube dengan resolusi yang tinggi dan dapat dengan bebas mengunduh video YouTube.

6. Menggunakan Aplikasi Youtube Go

Terakhir adalah dengan menggunakan aplikasi YouTube Go, dengan menggunakan aplikasi tersebut kamu akan mendapatkan pilihan pada saat memutar video di dalamnya. Kamu akan diberi beberapa pilih mengenai resolusi pada saat ingin menonton video di dalamnya.

Aplikasi YouTube Go bisa kamu dapatkan atau kamu Install di Google Play Store atau App Store secara gratis. Dan keunggulan dari aplikasi ini yaitu hanya membutuhkan kapasitas penyimpanan yang sangat kecil.

3 Cara Nonton Youtube Agar Hemat Pada Saat Muncul Iklan

Tak hanya perkara teknis yang dapat kamu coba untuk menghemat kuota data, kamu juga bisa meminimalisir pengeluaran kuota data dengan tidak menonton iklan. Ada beberapa cara yang bisa kamu coba, berikut penjelasannya:

1. Menggunakan YouTube Vanced

Pertama, jika kamu ingin menonton video di dalam aplikasi YouTube tanpa harus takut kehilangan kuota banyak dan ingin meminimalkan iklan dapat menggunakan aplikasi YouTube Vanced. Walaupun aplikasi ini dikembangkan oleh pihak ketiga, sebenarnya aplikasi merupakan sebuah aplikasi YouTube yang resmi yang hanya sudah di modifikasi. Kamu bisa mengunduh aplikasi ini di Google Play Store atau bahkan App Store secara gratis.

2. Menggunakan Adblock Browser

Selanjutnya adalah dengan menggunakan Adblock Browser yang bergunakan untuk memblokir berbagai macam konten iklan pada laman internet, dan termasuk dalam video YouTube. Kamu dapat mengatasinya dengan mencarinya di GoogLE Play Store.

3. Menggunakan Aplikasi AdLock

Tak berbeda jauh dengan Adblock Browser, menggunakan aplikasi AdLock juga dapat membantu kamu untuk memblokir iklan yang masuk dalam internet. Tak hanya pada kanal YouTube saja, namun juga terintegrasi dengan laman VPN.

Dengan hal tersebut, maka kamu akan lebih nyaman dalam menggunakan aplikasi YouTube, dan tidak takut kuota data yang kamu gunakan terkuras banyak.

Penutup

Seperti itulah informasi yang hanya dapat Calonpengangguran berikan tentang Apakah YouTube Boros Kuota. Semoga artikel yang saya terbitkan ini, bisa membantu kamu dalam mengatasi masalah yang sedang terjadi.

One comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *