Apa Arti Sengku Dalam Bahasa Gaul Yang Viral? Ini Penjelasannya!

Perkembangan sosial media banyak membawa pengaruh terhadap cara kita berkomunikasi dengan orang lain atau pengguna lain. Salah satu penyebabnya adalah jumlah pengguna sosial media yang banyak dan berasal dari daerah berbeda beda.

Kenapa begitu? Karena melalui sosial media banyak sekali kata kata baru bermunculan yang kemudian digunakan pengguna satu ke pengguna lain sehingga persebaran kata tersebut sangat cepat.  

Sebenarnya hal seperti sangat baik, kalau pengguna sosial media selalu bijak dan siap menanggapi perubahan budaya yang begitu cepat. Jika tidak sanggup, maka bahasa daerah 1 bisa hilang karena tercampur dengan bahasa daerah lain, terutama bahasa gaul yang rata rata dipakai oleh kaum remaja.

Berbicara mengenai hal tersebut, ada satu kata viral yang belakangan banyak dicari artinya oleh warganet, yakni kata “Sengku”. Karena bayangnya orang yang menggunakan kata ini, terutama di sosial media membuat warganet yang tidak artinya jadi penasaran.

Apa Arti Sengku Viral?

Apa Arti Sengku

Kata viral tidak melulu berkaitan dengan bahasa asing, kadang kala kata viral juga hasil dari plesetan atau singkatan. “Sengku” merupakan singkatan dari kata “Sayangku” yang digunakan oleh pasangan sebagai sebutan atau panggilan mereka.

Penggunaan kata Sengku sendiri tidak memiliki arti dan makna khusus, melainkan sebuah singkatan agar pasangan bisa lebih mudah memanggil kekasihnya. Sebenarnya panggilan sayang seperti ini sudah banyak sekali diketahui oleh warganet, seperti babe, baby, boo, boaya dan lain sebagainya.

Terbentuknya panggilan sayang ini, tidak terlepas dari faktor budaya dan sosial media. Budaya yang merupakan kebiasaan dari sekelompok orang dalam melakukan hal tertentu, sementara sosial media adalah wadahnya. Jadi, hadirnya kata Sengku yang digunakan oleh sekelompok orang, yakni kita sebagai pengguna sosial media. Sementara sosial media adalah wadah untuk memperkenalkan kata tersebut agar digunakan oleh orang lain.

Tidak Ada Aturan Khusus Penggunaan Kata Sengku

Seperti yang sudah disampaikan, bahwa Sengku bukanlah kata baku bahasa Indonesia yang memiliki syarat dan aturan dalam penggunaan. Semua tergantung siapa yang menggunakan kata ini.

Contoh, kata ini digunakan oleh sepasang remaja yang sedang jatuh cintah, lalu mereka pakai kata Sengku untuk panggilan sayang, maka secara otomatis Sengku yang merupakan singkat dari kata Sayangku itu berlaku.

Tapi ada juga yang mengartikan Sengku merupakan kata yang berasal dari bahasa Jawa sebagai ungkapan rasa gembira dan senang.

Contoh, si a diterima kuliah di Universitas dan prodi yang diinginkan, lalu ia menggunakan kata sengku, maka secara otomatis kata ini memiliki arti gembira dan senang.

Seperti itulah maksud Sengku bukan bahasa baku yang memiliki aturan khusus pemakaiannya. Semua tergantung siapa yang menggunakan kata ini dan kondisi yang menggunakannya.

Demikian ulasan singkat yang bisa Calonpengangguran jelaskan kepada Anda semua mengenai apa arti Sengku dalam bahasa gaul. Semoga informasi diatas bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Baca Juga: Apa Arti Pokkai atau Pok Gai Dalam Bahasa Kanton? Ini Penjelasannya!

3 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *