Apa Arti Sideline Dalam Bahasa Gaul? Ini Penjelasan Lengkapnya!

Perkembangan bahasa memang mengharuskan kita untuk selalu siap menghadapi perubahan tersebut, hal ini dikarenakan bahasa menjadi alat komunikasi yang sangat penting. Bisa kamu bayangkan saja, antara si a dan si b tidak memahami bahasa yang berbeda pastinya interaksi yang mereka lakukan akan miskomunikasi atau tidak nyambung.

Oleh karena itu, pemahaman bahasa sangatlah penting. Mengingat manusia adalah mahluk sosial yang membutuhkan orang lain untuk keberlangsungan hidup, salah satunya aktivitas yang memerlukan bahasa adalah melakukan interaksi.

Berbicara mengenai bahasa, belakangan warganet sedang mencari tahu arti kata “Sideline”. Kata ini sering kali digunakan untuk berbagai macam komunikasi antara teman dan keluarga. Tapi sayangnya tidak semua orang paham makna dari kata tersebut, maka dari itu agar tidak terjadi miskomunikasi kamu harus tahu dong arti kata itu.

Apa Arti Sideline Dalam Bahasa Gaul?

Apa Arti Sideline

Seperti yang sudah kita bahas diatas, memahami arti sebuah kata sangatlah penting, dengan memahami arti dan makna tersebut kita akan tahu harus menggunakannya pada kondisi atau seperti apa.

Kata Sideline berasal dari bahasa Inggris memiliki arti “Sambilan atau Sampingan”, pekerjaan sampingan (side job, sideline). kata ini tidak bisa berdiri sendiri melainkan butuh kata lain atau kondisi untuk mengetahui makna sebenarnya.

Berdasarkan informasi didapat, Sideline memiliki dua arti, yakni pertama adalah kegiatan tambahan selain pekerjaan utama, sedangkan arti kedua adalah posisi di mana seseorang mengamati situasi daripada terlibat secara langsung di dalamnya atau hanya melihat saja.

Keduanya penjelasan tersebut membukti bahwa kata Sideline bisa digunakan pada beberapa kondisi tergantung bagaimana kita menggunakannya. Baik ketika kita ingin menjelaskan pekerjaan sambilan atau pekerjaan paruh waktu dan juga bisa digunakan untuk menjelaskan kondisi kita yang tidak ingin ikut campur urusan orang lain atau ingin melihat saja dari samping.

Contoh Penggunaan Kata Sideline

Kata sideline bisa digunakan untuk menjelaskan beragam kondisi, pertama menjelaskan seseorang memiliki pekerjaan sambilan atau paruh waktu.

Contoh, si a bekerja sebagai karyawan a, ia memiliki pekerjaan sampingan atau paruh waktu sebagai guru les bahasa Inggris. Alasan memilih jadi guru les bahasa Inggris karena ia memang pintar bahasa Inggris atau latar belakang pendidikan lulus prodi bahasa Inggris.

Selain itu, kata sideline juga bisa digunakan untuk menjelaskan kondisi seseorang yang ingin mengembang hal hal yang dia sukai atau keahliannya.

Contoh, si b adalah memilih usaha rumah makan Padang, tapi karena dirinya mendesain logo jadi ia juga bekerja sebagai desain logo di platform online seperti Flippa, Stocklogo dan lain sebagainya. Bukan karena butuh uang, tapi lebih suka saja karena bekerja pada bidang yang disukai.

Sementara sideline dalam artian sebagai pengamat dari samping dan tidak ingin terlibat kondisi tersebut juga bisa menggunakan kata ini.

Contoh, si c adalah atlet renang, tapi karena kondisi sedang tidak sehat atau mengalami cidera membuat dirinya hanya bisa melihat orang berlatih renang tanpa mau ikut serta kedalam kondisi tersebut.

Atau juga, ia adalah seorang yang pengajar desain website, karena salah satu orang orang mengikuti pelatihan sedang berusaha keras memahami materi dan praktek tanpa ingin diganggu sehingga si pengajar ini hanya bisa melihat dari jauh atau dari depan komputernya saja.

Bagaimana sampai disini sudah pahamkan apa arti sideline dalam bahasa gaul dan cara yang tepat menggunakan kata tersebut. Semoga informasi singkat ini bisa bermanfaat, sekian dan terima kasih atas perhatiannya.

Baca Juga:

3 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *