Yuk Kenalan Dengan Layanan Shopee Paylater Lebih Dekat!

Shopee Paylater – Bisnis online saat ini menjadi primadona di semua kalangan karena kemudahannya dan fleksibilitasnya, bayangkan saja kita bisa memesan apapun dengan simpel bahkan jika kamu memiliki mobile banking pembayaran juga bisa dilakukan dengan aplikasi. Selain itu, kamu tidak perlu merasa

khawatir akan kondisi barang yang kamu pesan karena ada fitur ulasan komentar, foto, dan video dari konsumen yang telah membeli sebelumnya untuk melihat bagaimana kualitas barang ketika sampai. Namun, jika saat sampai tetap tidak sesuai dengan permintaan dan keinginan kamu maka ada fitur pengembalian barang.

Melihat betapa mudahnya sistem belanja online, tidak heran banyak perusahaan startup yang memulai bisnisnya dengan marketplace untuk menarik konsumen seperti Shopee, Lazada, Blibli, Tokopedia, JD.ID dan masih banyak lagi. Banyaknya marketplace ini tentunya menambah kompetitor dan masing-masing dari situs belanja online harus memiliki fitur, layanan, dan fasilitas yang mendukung agar bisa menjadi prioritas dan pilihan konsumen.

Fitur yang sering jadi andalan setiap marketplace adalah fitur paylaternya yang memudahkan sistem pembayaran dengan konsep menerima barang lalu pembayarannya bisa dilakukan pada waktu yang telah ditentukan.

Banyak dari para pecinta belanja online mengincar fitur ini karena bisa membeli barang atau produk dengan metode bayar nanti atau cicilan. Tentunya, ini sangat dibutuhkan bagi kamu yang membutuhkan barangnya sekarang tapi ada uangnya bulan depan dan kamu bisa memilih cicilan juga jika menganggap pembayaran bulan depan nominalnya besar.

Setiap paylater tentunya memiliki konsep berbeda, pada pembahasan kali ini kita akan mengenal Shopee Paylater dari A sampai Z lengkap khusus buat kamu yang belum mengenal Shopee Paylater, cara mendapatkannya , cara bayarnya, limitnya, dan masih banyak lagi. Stay tune ya ! 

Mengenal Shopee Paylater, Definisi dan Cara Mendaftarnya

shopee paylater

Mengenal Shopee Paylater langkah awalnya adalah memahami dulu definisinya, Shopee Paylater atau SPaylater merupakan salah satu fitur dalam metode pembayaran di Shopee yang bisa membayar nanti atau cicilan setelah berbelanja, Shopee Paylater didukung oleh PT Commerce Finance dan sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan atau OJK.

Selanjutnya untuk bisa menggunakan Shopee Paylater tentu saja harus memenuhi beberapa syarat untuk mendaftar seperti nomor yang aktif, e-KTP, verifikasi wajah, dan mengisi formulir pengajuan. Jika kamu sudah mempersiapkan segalanya untuk mendaftar yang harus kamu ingat pihak Shopee belum tentu pasti menerima pengajuan kamu karena ada beberapa pertimbangan tersendiri jadi jangan menyerah dan terus mencoba ya. Untuk langkah mendaftar Shopee Paylater berikut kamu simak step by step ya. 

  1. Instal aplikasi Shopee di Playstore atau Appstore, kamu juga bisa klik link berikut untuk download Shopee Playstore dan download Shopee Appstore
  2. Login jika sudah punya akun dan daftar jika belum punya akun 
  3. Klik menu saya di bagian bawah kanan aplikasi
  4. Pilih menu SPayLater di bagian dompet saya lalu pilih aktifkan sekarang
  5. Masukkan OTP yang kamu terima melalui SMS dan klik lanjutkan
  6. Upload foto KTP atau ambil foto KTP sesuai garis yang ditentukan lalu sesuaikan nama dan NIK
  7. Isi informasi dan lengkapi form nya
  8. Klik verifikasi wajah dan ikuti intruksinya dan klik foto selfie bersama KTP laku ikuti instruksi yang ada
  9. Setelah itu tunggu prosesnya dan nanti ada notifikasinya apakah pengajuan kamu diterima atau ditolak
  10. Setelah diterima kamu akan mendapatkan limit yang akan meningkat seiring waktu
  11. Dan jika pengajuan ditolak, maka jangan panik dan khawatir karena masih ada kesempatan untuk pengajuan ulang sesuai waktu yang ditentukan

Nah, setelah mengenal Shopee Paylater melalui definisi dan langkah pendaftarannya yang sangat mudah, kamu bisa mencobanya dan yang harus kamu ingat masukkan data dengan benar dan sesuai lalu untuk mendapatkan peluang agar pengajuan kamu diterima maka usahakan akun kamu sudah berumur lebih dari 3 bulan, sering melakukan pembelanjaan serta transaksi, aplikasi sudah update dan aktifkan Shopeepay kamu. 

Limit, Biaya Keterlambatan, Bunga, Waktu Cicilan, dan Jatuh Tempo Shopee Paylater

Setelah kamu diterima pengajuan untuk menggunakan metode bayar Shopee Paylater, kami ucapkan Selamat ya ! Selanjutnya kamu akan mendapatkan limit minimal kira 500 ribu sampai 750 ribu tergantung dari pihak Shopee. Kamu bisa langsung menggunakannya dengan memilih produk yang kamu inginkan dan kompatibel untuk metode pembayaran SPaylater karena tidak semua produk bisa menggunakan SPaylater.

Sebelum membahas lebih jauh terkait produk dan penggunaan Shopee Paylater, kamu harus paham dulu tentang unsur penting dalam metode bayar ini yaitu limit, biaya keterlambatan, biaya penanganan, bunga, periode cicilan, dan jatuh tempo semua akan kami jelaskan secara singkat dan simpel ya:

  • Limit, merupakan kredit dengan jumlah nominal tertentu yang bisa kamu gunakan untuk berbelanja dan limit ini akan berkurang jika kamu belanjakan serta bisa bertambah seiring waktu jika kamu rajin tepat waktu membayar.
  • Biaya keterlambatan atau Denda, adalah biaya yang dibebankan kepada pengguna jika tidak membayar tepat waktu dan melebihi tanggal jatuh tempo. Biaya keterlambatan atau denda ini akan diakumulasikan otomatis dengan jumlah yang harus dibayarkan dengan perhitungan 5 persen dari total tagihan perbulan misal tagihan kamu 100 ribu maka 5%x 100.000 adalah 5000. Jadi total yang harus kamu bayar 105 ribu
  • Biaya Penanganan, yaitu biaya yang dibebankan kepada pengguna karena menggunakan Shopee Paylater, bisa dibilang ini merupakan biaya layanan untuk peningkatan fasilitas Shopee kedepannya. Biaya penanganan biasanya 1 persen per transaksi dan akan diakumulasikan pada pembayaran bulan depan atau cicilan
  • Bunga atau Suku Bunga, yaitu jumlah pembayaran yang dibebankan di fitur Shopee Paylater seperti kamu mengambil kredit atau pinjaman pasti ada bunga dan tidak terkecuali di layanan ini. Biasanya bunga yang akan dibebankan kepada pengguna minimal 2,95 persen dari total pembelanjaan. Jadi kamu tidak oerlu heran jika akumulasi pembayaran jadi bertambah banyak ya
  • Periode Cicilan, yaitu waktu yang bisa dipilih oleh pengguna untuk membayar tagihan seperti bayar bulan depan (1 bulan), 3, 6, 12 bulan. Semakin lama kamu memilih periode cicilan maka biaya yang dibebankan seperti bunga dan sebagainya akan semakin besar jadi pilihlah waktu periode cicilan sesuai kebutuhan dan lebih cepat lunas lebih baik
  • Waktu Jatuh Tempo, setelah mengetahui waktu periode cicilan selanjutnya wajib untuk mengetahui tanggal tagihan dan jatuh tempo yang bisa kamu pilih saat awal mengajukan Shopee Paylater. Tanggal tagihan yaitu saat tagihan muncul pada aplikasi dan tanggal jatuh tempo adalah batas terakhir pembayaran. Ada 3 pembagian yang tanggal penagihan dan jatuh tempo di Shopee Paylater yaitu
  • Tanggal Penagihan 25, Jatuh Tempo Tanggal 5
  • Tanggal Penagihan 1, Jatuh Tempo Tanggal 11
  • Tanggal Penagihan 15, Jatuh Tempo Tanggal 25

Itulah hal yang harus diketahui terkait mengenal Shopee Paylater yang bisa kami sampaikan, kamu juga bisa memilih metode pembayaran lain selain Shopee Paylater seperti Shopeepay, Alfamart, dan Transfer Bank. Semoga artikel pada hari ini dapat bermanfaat ya !

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *