Berapa Hari Puasa Nisfu Sya ban 2022? Ini Dia Tanggal dan Doa Niatnya!

Pada tanggal 4 Maret 2022 lalu, kita sudah memasuki bulan sya’ban dalam kalender Hijriyah yang menjadi pertanda bahwa umat muslim sudah semakin dekat dengan bulan Ramadhan. Bulan sya’ban sendiri merupakan bulan ke-8 dalam kalender Hijriyah atau bulan sebelum bulan Ramadhan. 

Sementara itu, malam Nisfu sya’ban 2022 diperkirakan jatuh pada hari Kamis, 17 Maret 2022 sejak setelah maghrib. Malam Nisfu sya’ban jatuh pada tanggal 15 bulan ke-8 dari kalender Hijriyah. Pada malam Nisfu sya’ban inilah umat Islam dianjurkan untuk menunaikan puasa sunnah yang apabila dilaksanakan akan memiliki keutamaan tersendiri. 

Bulan sya’ban sendiri menjadi bulan yang istimewa bagi Rasulullah SAW. Karena pada bulan ini beliau menjalankan puasa sunnah lebih banyak dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya. Sebagaimana diriwayatkan dalam hadits yang diceritakan oleh Aisyah RA, yang mengatakan bahwa Rasulullah SAW rutin mengerjakan puasa ini. 

Oleh karena itu, disarankan bagi kamu untuk memperbanyak amalan terutama berpuasa di bulan ini, karena berpuasa di bulan sya’ban memiliki keutamaan yang sangat banyak. Namun, masih ada beberapa orang yang bingung dan bertanya terkait berapa hari puasa Nisfu Sya ban 2022 dan pada tanggal berapa puasa ini dapat dilaksanakan?

Bagi kamu yang sedang mencari jawabannya, yuk langsung saja simak ulasan lengkapnya berikut ini agar kamu tidak bingung terkait dengan pelaksanaan puasa Nisfu sya’ban yang akan dilaksanakan beberapa hari lagi. 

Berapa Hari Puasa Nisfu Sya ban 2022 Dilaksanakan dan Tanggal Berapa Mulai Dilakukan?

Berapa Hari Puasa Nisfu Sya ban 2022

Puasa Nisfu sya’ban adalah puasa sunnah yang dilaksanakan selama 3 hari di pertengahan bulan Sya’ban atau sebelum tanggal 16 pada kalender Hijriyah. Bulan sya’ban tahun ini diperkirakan berlangsung selama 29 hari, mulai tanggal 4 Maret 2022 yang merupakan tanggal 1 sya’ban 1443H. Sehingga, Nisfu sya’ban atau pertengahan bulan sya’ban diperkirakan akan jatuh pada tanggal 18 Maret 2022 mendatang. 

Dilansir dari situs resmi Nahdlatul ulama (NU), bahwa menurut hadis yang diriwayatkan oleh imam lima yaitu Ahmad, abu Daud, at-tirmidzi,, dan Ibnu Majah menyebutkan bahwa umat muslim tidak boleh melakukan puasa Nisfu sya’ban setelah melewati setengah bulan. Oleh karena itu, para ulama sepakat untuk menetapkan bahwa puasa Nisfu sya’ban haram dilakukan jika dimulai pada tanggal 16 bulan sya’ban.

Puasa sya’ban harus dimulai sebelum tanggal 16 atau maksimal dilakukan maksimal pada tanggal 15 bulan sya’ban. Puasa 3 hari sya’ban bisa dilaksanakan di akhir pertengahan bulan, yaitu pada tanggal 13, 14, dan 15 bulan sya’ban. Puasa tiga hari tersebut nantinya akan disebut dengan puasa ayyamul bidh

Walaupun demikian, menurut as-sayyid al-bakri hukum haram berpuasa setelah pertengahan bulan tersebut memiliki 3 pengecualian yaitu yang pertama apabila seorang muslim menyambung puasanya pada hari-hari sebelumnya. Kedua, apabila waktu tersebut bertepatan dengan kebiasaan muslim misal puasa senin kamis ataupun Puasa Daud. 

Ketiga, apabila seorang muslim melakukan puasa nazar atau puasa qadha (puasa pengganti). Perlu kamu ketahui, bulan sya’ban menjadi bulan terakhir bagi umat muslim untuk membayar qadha atau Puasa pengganti sebelum bulan Ramadhan tiba. Nah, setelah membaca penjelasan di atas, semoga kamu bisa lebih mengerti mengenai berapa hari puasa Sya ban 2022 dan pada tanggal berapa puasa tersebut dapat dilaksanakan.

Niat Puasa Nisfu Sya’ban (Ayyamul Bidh)

Setelah mengetahui Berapa hari puasa Sya ban 2022 dilaksanakan, maka kamu tentu ingin melaksanakan puasa tersebut karena puasa ini memiliki berbagai keutamaan yang tentunya memiliki pahala tersendiri bagi yang melaksanakannya. Selain berniat di dalam hati, umat muslim disunahkan untuk mengucapkan niat dengan lisan sebelum melaksanakan puasa Sya’ban. Berikut ini merupakan niat puasa Sya’ban yang bisa kamu lafalkan pada malam hari Sebelum melaksanakan puasa Nisfu Sya’ban:

Niat Puasa Nisfu sya’ban : “Nawaitu Shauma sya’bana Lillahi ta’ala” yang artinya adalah : “saya niat puasa Sya’ban karena Allah ta’ala”.

Niat puasa Sya’ban ini sebaiknya kamu lakukan sejak malam hari hingga siang hari sebelum matahari tergelincir ke arah barat (zawal). Seorang muslim dapat membaca niat saat siang hari dengan syarat sebelum melakukan hal-hal yang membatalkan puasa sejak waktu subuh.

Akhir Kata

Itulah pembahasan mengenai berapa hari puasa Nisfu Sya ban 2022 dilaksanakan dan mulai tanggal berapa puasa tersebut dapat dilakukan. Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan menjadi referensi bagi kamu yang ingin melaksanakan puasa Nisfu Sya’ban

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *