Apakah Jika Lulus SNMPTN Biaya Kuliah Gratis? Cek Jawabnnya Disini!

Apakah Jika Lulus SNMPTN Biaya Kuliah Gratis – Pengumuman seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022 sudah dilakukan sejak 29 Maret 2022 kemarin. Namun, antusiasme calon mahasiswa baru masih terasa dan euforia dari para mahasiswa baru yang lolos di jalur bergengsi ini. 

Perlu kamu ketahui, setiap tahunnya banyak sekali calon mahasiswa yang berminat untuk mengikuti jalur SNMPTN ini. Bahkan, bisa dibilang bahwa seleksi SNMPTN ini merupakan dambaan bagi setiap mahasiswa dan menjadi jalur seleksi yang cukup ketat bila dibandingkan dengan jalur seleksi lainnya.

Bagaimana tidak, para calon mahasiswa baru yang mengikuti seleksi ini tidak perlu melakukan tes akademik apapun, karena akan diseleksi melalui nilai rapor selama 5 semester dan ditunjang dengan prestasi akademik lainnya yang mendukung

Walaupun sudah banyak sosialisasi terkait dengan jalur penerimaan mahasiswa baru yang satu ini, namun masih banyak pertanyaan yang muncul di benak para calon mahasiswa salah satunya yaitu Apakah jika lulus SNMPTN biaya kuliah gratis alias tidak bayar ? 

Bagi kamu para calon mahasiswa baru yang penasaran dan sedang mencari tahu jawabannya, mari simak ulasan lengkapnya berikut ini agar kamu lebih paham informasi seputar salah satu jalur masuk perguruan tinggi negeri yang satu ini.

Informasi Tentang SNMPTN, Calon Mahasiswa Baru Wajib Tahu!

apakah jika lulus snmptn biaya kuliah gratis

Sebelum beralih ke pembahasan utama mengenai pertanyaan Apakah jika Lulus SNMPTN biaya kuliah gratis alias tidak bayar, maka alangkah baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu mengenai salah satu jalur masuk perguruan tinggi negeri ini. 

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau disingkat SNMPTN merupakan salah satu jalur penerimaan mahasiswa baru di lingkungan perguruan tinggi negeri yang dilakukan dengan menggunakan nilai rapor serta prestasi akademik dan non akademik selama di bangku sekolah. Adapun nilai rapor yang digunakan adalah nilai rapor mulai dari semester 1 hingga semester 5.

Banyak yang mengatakan bahwa jalur SNMPTN ini merupakan jalur yang bergengsi dengan sangat sulit untuk didapatkan karena memiliki persaingan yang sangat ketat. Hal ini dikarenakan kuota yang disediakan oleh setiap perguruan tinggi yaitu hanya sebesar 20% dari seluruh kuota mahasiswa, sehingga persaingan untuk memperebutkan satu kursi di universitas negeri memang sangat ketat.

Pendaftaran jalur SNMPTN ini tidak dipungut biaya pendaftaran alias gratis karena ditanggung oleh pemerintah. Keuntungan bagi mahasiswa yang lolos di jalur ini adalah tidak perlu pusing untuk mempersiapkan diri untuk belajar materi tes SBMPTN ataupun jalur mandiri. 

Oleh karena itu, bagi kamu yang berminat untuk mengikuti jalur SNMPTN ini, maka pastikan untuk selalu tekun belajar agar mendapatkan nilai akademik yang terbaik saat di sekolah agar peluang kamu lolos di jalur ini semakin besar.

Syarat dan Ketentuan Peserta SNMPTN 2022 yang Wajib Kamu Tahu

Apabila kamu berminat untuk mengikuti seleksi SNMPTN, berikut adalah beberapa persyaratan yang harus kamu ikuti :

  1. Calon peserta SNMPTN merupakan siswa kelas 12 SMA/MA/SMK/ sederajat yang masih aktif.
  2. Calon peserta SNMPTN memiliki prestasi akademik maupun non akademik yang dibuktikan oleh kepemilikan piagam atau sertifikat prestasi.
  3. Calon peserta SNMPTN wajib memiliki NISN dan terdaftar di PDSS Kemendikbud.
  4. Calon peserta SNMPTN wajib memiliki nilai rapor dari semester 1 hingga semester 5 yang telah diinput ke PDSS.
  5. Bagi calon peserta yang mendaftar di program studi olahraga dan seni, maka wajib melampirkan portofolio sesuai dengan ketentuan yang ada. 

Menjawab Pertanyaan Apakah Jika Lulus SNMPTN Biaya Kuliah Gratis?

Diantara para peserta yang sudah lolos SNMPTN, tidak sedikit yang masih bingung dan bertanya apakah jika lulus SNMPTN biaya kuliah gratis atau tidak ? Jawabannya adalah Tidak. Perlu kamu ketahui, baik mahasiswa yang lolos di jalur SNMPTN maupun SBMPTN akan sama-sama dipungut biaya sesuai dengan kelompok besaran biaya UKT (Uang Kuliah Tunggal) yang sudah ditetapkan oleh perguruan tinggi negeri. 

Pembagian kelompok besaran UKT akan disesuaikan dengan kebijakan perguruan tinggi yang bersangkutan dengan pertimbangan kondisi ekonomi setiap mahasiswa. Namun, perlu kamu ketahui bahwa mahasiswa yang diterima melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN sudah pasti terhindar dari uang pangkal yang merupakan biaya tambahan bagi mahasiswa baru melalui jalur mandiri dan harus dibayarkan satu kali di semester pertama.

Bagaimana Cara Berkuliah Secara Gratis di Perguruan Tinggi?

Kesempatan berkuliah secara gratis hanya bisa didapatkan oleh mahasiswa yang mendaftarkan diri sebagai peserta program KIP kuliah yang diselenggarakan oleh Kemenristek dan Kemendikbud RI. KIP kuliah merupakan program bantuan biaya pendidikan yang diselenggarakan oleh kementerian pendidikan bagi para mahasiswa berprestasi dengan keterbatasan ekonomi.

Mahasiswa yang lolos SNMPTN dan lolos tahap seleksi KIP kuliah akan secara otomatis terbebas dari biaya kuliah apapun, bahkan akan mendapatkan uang saku bulanan untuk biaya hidupnya. Bagi kamu yang berminat dan memenuhi syarat untuk mengikuti seleksi KIP Kuliah, Apakah kamu bisa mengakses informasi lengkapnya melalui website resmi https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/

Akhir kata, itulah informasi mengenai Apakah lulus SNMPTN biaya kuliah gratis yang sudah kami rangkum khusus untuk kamu pada calon mahasiswa. Jangan lupa update informasi lainnya yang bermanfaat di situs kami ya, terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *