Apa itu Perfect Pitch? Yuk, Simak Penjelasan Lengkapnya

Apa Itu Perfect Pitch – Banyak musisi dan penyanyi yang telah mencapai kesuksesan dalam karir mereka ternyata memiliki kemampuan yang jarang dimiliki yaitu perfect pitch atau nada sempurna.

Namun, sebelum membahas lebih lanjut mengenai kemampuan ini, perlu diketahui terlebih dahulu apa itu perfect pitch dan bagaimana cara mengenali apakah seseorang memiliki kemampuan ini atau tidak.

Apa itu Perfect Pitch? 

Apa itu Perfect Pitch

Perfect pitch adalah kemampuan untuk mengenali dan menirukan nada dengan sangat akurat tanpa menggunakan referensi lain, seperti misalnya alat musik atau suara vokal lainnya. Dalam dunia musik, kemampuan ini dianggap sangat penting, terutama dalam genre musik klasik dan jazz. Hal ini karena perfect pitch memungkinkan seorang musisi untuk dengan mudah mengenali dan memainkan lagu dengan sangat akurat.

Untuk mengenali apakah seseorang memiliki kemampuan perfect pitch atau tidak, dapat dilakukan dengan melakukan tes pendengaran nada. Tes ini biasanya melibatkan pengenaan serangkaian nada yang disajikan secara acak dan diminta untuk diidentifikasi tanpa menggunakan referensi lain. Jika seseorang dapat mengenali dan menirukan nada tersebut dengan sangat akurat, maka ia dapat dikatakan memiliki kemampuan perfect pitch.

Jenis-Jenis Kemampuan Pendengaran Yang Ada

1. Perfect pitch

Perfect pitch adalah kemampuan mengidentifikasi dan menyanyikan suatu atau beberapa not secara tepat tanpa referensi sebelumnya. Orang dengan kemampuan ini jarang ditemukan. Kelebihannya termasuk dapat mengidentifikasi not dengan lebih mudah dan cepat, tetapi juga dapat mudah terganggu dengan musik yang tidak dimainkan dalam pitch yang seharusnya. Studi menunjukkan bahwa orang dengan kemampuan ini dapat mengalami penurunan kemampuan saat menua. 

2. Quasi-absolute pitch

Quasi-absolute pitch dilakukan dengan mengingat satu atau beberapa not sebagai patokan. Dua cara kerja quasi-absolute pitch adalah menggunakan true pitch/instrument-specific absolute pitch dan heightened tonal memory (HTM).

3. Relative pitch

Relative pitch adalah kemampuan mengidentifikasi not dengan tepat setelah diberi referensi not sebelumnya. Ada beberapa cara untuk melatih relative pitch, termasuk menyanyikan tangga nada dan mengenali interval dan progresi akor.

Cara Mengidentifikasi Kemampuan Perfect Pitch

Berikut adalah beberapa poin yang dapat dijelaskan mengenai tes yang dapat dilakukan untuk mengidentifikasi kemampuan perfect pitch:

1. Tes untuk menguji kemampuan menebak kunci musik

Dalam tes ini, beberapa nada akan diputar secara acak, dan seseorang diminta untuk mengidentifikasi kunci musik yang dimainkan tanpa referensi. Jika seseorang dapat dengan akurat menebak kunci musik yang dimainkan, maka kemungkinan ia memiliki kemampuan perfect pitch.

2. Tes untuk kemampuan menyanyikan nada

Tes ini melibatkan permintaan untuk menyanyikan nada apa pun yang diminta tanpa referensi. Orang yang memiliki kemampuan perfect pitch dapat dengan mudah menirukan nada apa pun dengan akurat tanpa menggunakan referensi.

3. Tes untuk mengidentifikasi nada klakson mobil atau alarm

Dalam tes ini, suara klakson mobil atau alarm tertentu akan diberikan, dan seseorang diminta untuk mengidentifikasi nada yang dihasilkan. Orang yang memiliki kemampuan perfect pitch dapat dengan mudah mengidentifikasi nada yang dihasilkan oleh klakson atau alarm tertentu.

4. Tes untuk mengidentifikasi nada pada instrumen musik

Dalam tes ini, seseorang diminta untuk mengidentifikasi nada yang dimainkan pada instrumen musik apa pun. Orang yang memiliki kemampuan perfect pitch dapat dengan mudah mengenali dan menirukan nada yang dihasilkan oleh instrumen musik apa pun.

Kemampuan perfect pitch adalah kemampuan langka dan biasanya dianggap sebagai bakat bawaan. Namun, tes-tes ini dapat membantu mengidentifikasi kemampuan perfect pitch seseorang. Meskipun demikian, latihan dan pelatihan juga dapat membantu meningkatkan kemampuan pendengaran dan kemampuan musik seseorang secara keseluruhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *