Jaga Kondisi Mobil Tetap Prima dengan Menghindari Kerusakan Ini!

Masalah mobil ada banyak jenisnya, mulai dari masalah sparepart, komponen mesin, sistem bahan bakar, AC yang tidak dingin, dan masih banyak lagi. Supaya mobil nyaman digunakan, ada baiknya perawatan dilakukan secara menyeluruh dalam jangka waktu tertentu.

Tidak hanya mobil second saja yang wajib servis rutin, mobil baru pun tetap harus melakukan servis dengan berkala. Apa saja masalah yang sering terjadi pada mesin dan bagaimana cara menghindarinya? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

Berbagai Masalah Mobil dan Cara Menghindarinya 

1. AC Mobil yang Kurang Dingin

Pernah merasakan AC mobil yang terasa panas ketika dinyalakan? Bisa jadi penyebabnya adalah katup, evaporator, hingga kondensor yang kotor. Penumpukan kotoran dan debu yang berlebih akan menghambat sirkulasi udara, baik di dalam mesin AC atau kabin mobil. 

Untuk menghindari masalah ini, kamu bisa membersihkan filer AC dan kabin secara rutin. Sebaiknya lakukan pembersihan tiap enam bulan sekali, dengan begitu kebersihan AC dan mesinnya tetap terjaga. Pembersihan secara teratur juga bisa membuat umur AC jadi lebih panjang.

2. Mesin Mobil Sulit Dinyalakan saat Dingin

Dalam pemakaian normal, mobil bisa langsung menyala baik dalam kondisi dingin atau panas. Tapi ketika mobil sulit dinyalakan ketika dingin, berarti komponen mobil mengalami masalah. Beberapa kemungkinan masalahnya adalah aki yang tidak mencukupi atau ada bagian yang berkarat. 

Kamu bisa menghindarinya dengan melakukan pembersihan aki, baterai dan kontaknya secara teratur. Melakukan pembersihan rutin bisa mencegah debu dan kotoran menumpuk, sehingga mobil lebih gampang di starter. 

3. Tenaga Mesin yang Lemah 

Masalah ini sering dialami mobil second, meski mobil baru juga punya kemungkinan mengalaminya. Tenaga mesin yang lemah disebabkan karena timing belt atau filter bahan bakar macet, sehingga pengaturan tekanan bahan bakar jadi rusak. 

Memperbaiki tenaga mobil yang mesinnya lemah lebih baik dilakukan di bengkel. Dengan cara ini, mobil bisa diperiksa secara menyeluruh apa masalahnya. Memperbaiki di bengkel juga lebih ringkas jika mobil perlu diganti sparepart-nya. 

4. Lampu Indikator Terus Menyala

Fungsi dari lampu indikator adalah penunjuk jalan, biasanya lampu indikator hanya akan menyala jika ada perintah. Apabila tak sedang digunakan, lampu ini akan mati, sehingga lampu yang terus menyala berarti ada masalah dalam mesin mobil.

Masalah ini bisa terjadi jika oli yang kamu gunakan tak sesuai dengan spesifikasi jenis kendaran. Penyebab lainnya adalah ukuran volume oli yang tidak sesuai standar pabrikan. Kalau masalah ini terus terjadi, sebaiknya ganti oli yang sesuai dengan spek mobil.

Ingin membeli mobil yang berkualitas, layak pakai dan harganya terjangkau? Kamu bisa mengakses website mobbi untuk menemukan mobil impian. Ada banyak pilihan mobil bekas yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan dan budget yang dimiliki.

Selain lewat website, mobbi juga bisa kamu akses lewat aplikasinya yang tersedia di Play Store dan App Store. Tunggu apa lagi, cek koleksi mobil terbaru mobbi dan dapatkan penawaran terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *