Kenapa Tidak Bisa Mengirim Pesan di Tiktok? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat ini penggunaan platform sosial media tidak terbatas untuk membagikan konten-konten pribadi saja, tapi lebih keurusan bisnis. Memang sih, sosial media seperti Tiktok berpeluang lebih tinggi dalam mengenalkan produk dan membangun personal branding.

Apalagi Tiktok memiliki banyak pengguna dari seluruh wilayah Indonesia, bahkan luar negeri. Semakin banyaknya orang yang mengenal produk kita melalui Tiktok, secara tidak langsung meningkatkan peluang terjualnya barang atau produk ini.

Tidak hanya bisa membagikan konten melalui fitur postingan, Tiktok juga menghadirkan fitur kirim pesan, dengan adanya fitur ini pengguna bisa saling mengirim pesan satu sama lain.

Walaupun fitur ini tidak sepopuler fitur lain tapi tetap penting bagi beberapa pengguna, berbicara mengenai fitur kirim pesan belakangan ini pengguna banyak mengalami masalah karena tidak bisa kirim pesan di Tiktok.

Lantas apa sih yang menyebabkan tidak bisa mengirim pesan di Tiktok? Berikut ini akan Cp jelaskan beberapa penyebab beserta cara mengatasinya agar kamu bisa mengirim pesan lagi seperti semula.

Penyebab dan Cara Mengatasi Tidak Bisa Mengirim Pesan di Tiktok

Kenapa Tidak Bisa Mengirim Pesan di Tiktok

Terdapat banyak sekali hal yang bisa menyebabkan kamu tidak dapat mengirim pesan di Tiktok, mulai penyebab yang berasal dari kamu sebagai pengguna ataupun server aplikasi Tiktok sedang gangguan.

Untuk bisa mengetahui informasi lengkap terkait permasalahan yang saat ini kamu alami, Cp sudah merangkum beberapa penyebab dan cara mengatasinya sebagai berikut.

Belum Follow Akun

Fitur kirim pesan di Tiktok hanya bisa digunakan ketika kamu gunakan mengikuti akun yang hendak dikirim pesan, misalnya begini kamu mau kirim pesan ke akun a, tapi kamu belum follow akun a itu, secara otomatis kamu tidak akan bisa mengirim pesan ke akun tersebut.

Ini sudah menjadi syarat dan ketentuan dari pihak Tiktok bagi kamu yang ingin mengirim pesan ke akun lain. Sebenarnya syarat dan ketentuan seperti ini tidak jauh berbeda dengan aplikasi media sosial lain.

Solusinya:

Berdasarkan penjelasan tersebut, diketahui bahwa penyebab tidak bisa mengirim pesan di Tiktok dikarenakan belum mengikuti akun target. Maka dari itu, kamu bisa cek apakah sudah mengikuti akun Tiktok yang hendak dikirim pesan atau belum, kalau belum silahkan follow agar kamu bisa menggunakan fitur kirim pesan ini.

Koneksi Internet Bermasalah

Penyebab lainnya adalah koneksi internet tidak stabil atau buruk, seperti yang kita semua ketahui Tiktok adalah aplikasi sosial media online yang memerlukan koneksi internet untuk bisa mengakses konten dan menggunakan fitur didalamnya.

Jika ada masalah pada koneksi internet yang kamu gunakan bisa saja inilah penyebab kamu tidak bisa mengirim pesan atau ada keterangan gagal mengirim pesan.

Solusinya:

Cara mengatasi penyebab ini tidaklah sulit, karena kamu hanya perlu mengecek kecepatan internet yang terhubung di perangkat mu. Salah satu caranya adalah mengunjungi situs Speedtest melalui aplikasi browser dan klik mulai.

Maka secara otomatis situs akan mengecek kecepatan internet yang perangkat mu gunakan, jika hasilnya ping tinggi berarti ada masalah pada koneksi internet mu sebaliknya jika ping rendah berarti tidak ada masalah pada koneksi internet mu.

Menggunakan Aplikasi Tiktok Versi Lama

Tim pengembang atau developer Tiktok selalu berusaha memberi pelayanan terbaik kepada pengguna, salah satu buktinya dapat dilihat dari hadirnya aplikasi Tiktok versi terbaru.

Pada aplikasi versi baru Tiktok akan menambahkan fitur baru dan perbaikan pada fitur sebelumnya agar pengguna bisa mengakses dan menggunakan aplikasi ini tanpa kendala atau masalah.

Tapi, karena kamu sering telat atau tidak rutin update aplikasi Tiktok membuat pengembang kesulitan dalam memberi layanan perbaikan pada fitur fitur di Tiktok. Ini lah yang menyebabkan kamu tiba tiba tidak bisa mengirim pesan ke teman Tiktok karena fitur pesan bermasalah.

Solusinya:

Untuk mengatasi penyebab ini tidaklah sulit, kamu hanya perlu update aplikasi Tiktok ke versi terbaru melalui Play Store atau App Store.

Perlu kamu ketahui juga, kadang keterangan update tidak muncul meski sebenarnya pihak Tiktok sudah merilis versi terbaru aplikasi mereka.

Jika hal ini terjadi pada kamu, jangan bingung karena kamu bisa mengatasinya dengan menginstall ulang aplikasi Tiktok atau uninstall Tiktok dan install lagi.

Baca Juga:

Perangkat Seluler Errror

Secara teknis perangkat atau ponsel adalah alat untuk menghubungkan kita ke aplikasi yang hendak diakses, dalam kasus kali ini adalah Tiktok. Jika ada masalah pada ponsel yang kamu gunakan tentu proses sinkron akan gagal atau tidak berjalan sesuai perintah.

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan perangkat bermasalah, seperti cache menumpuk, ruang penyimpanan penuh, tidak rutin update aplikasi yang terinstall dan tidak rutin update OS atau perangkat lunak.

Solusinya:

Adapun beberapa hal yang harus kamu lakukan untuk mengatasi beberapa hal yang menyebabkan perangkat seluler bermasalah, diantaranya:

  • Hapus Cache, pertama kamu harus hapus semua cache yang ada di perangkat seluler, disini kamu bisa hapus secara manual melalui pengaturan atau bisa menggunakan aplikasi tambahan.
  • Hapus file dan aplikasi tidak penting, terkait ruang penyimpanan penuh kamu harus menghapus beberapa file dan aplikasi dari perangkat mu.
  • Update OS, seperti yang kalian ketahui OS atau perangkat lunak adalah otak ponsel, jika kita tidak pernah update atau telat update akan mempengaruhi performa perangkat. Oleh karena itu mulai sekarang kamu harus rutin update perangkat lunak melalui pengaturan dan masuk ke tentang ponsel.
  • Update semua aplikasi, terakhir adalah update semua aplikasi yang terinstall di ponsel mu melalui Play Store atau App Store.

Tidak Memenuhi Syarat dan ketentuan Penggunaan Tiktok

Sebagai salah satu perusahaan berbasis aplikasi sosial media atau tempat penyimpanan video berdurasi pendek yang memiliki banyak pengguna di seluruh dunia membuat Tiktok harus memiliki syarat dan ketentuan penggunaan.

Ini dibuat agar pengguna bisa mematuhi dan mengetahui hal apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Ternyata karena akun mu tidak memenuhi syarat dan ketentuan layanan ini membuat dirimu tidak bisa menggunakan fitur kirim pesan.

Ada banyak hal yang diperhatikan oleh pihak Tiktok, seperti umur pengguna, mengirim pesan dengan tujuan pelecehan seksual, rasis, spam, menggunakan identitas palsu, membagikan konten kekerasan dan lain sebagainya. Untuk lebih jelas terkait ketentuan layanan Tiktok kamu bisa baca di link ini https://www.tiktok.com/legal/page/row/terms-of-service/id

Solusinya:

Agar akun mu tidak masuk daftar hitam atau blacklist pihak Tiktok karena telah melanggar kebijakanan yang berlaku, cobalah untuk mematuhi semua peraturan yang bisa kamu baca melalui link tersebut. Kalau masalahnya karena umur, kamu bisa ubah tanggal lahir di pengaturan akun agar bisa menggunakan fitur kirim pesan.

Server Utama Aplikasi Tiktok Down

Penyebab terakhir dari masalah ini adalah server utama aplikasi Tiktok sedang gangguan atau down. Server utama memiliki peran penting dalam pengoperasian aplikasi Shopee karena semua hal terhubung ke server ini.

Adapun beberapa fungsi dari server utama diantaranya sebagai pusat penyimpanan data pengguna, penyimpanan data fitur, pusat lalu lintas pengguna, pusat pengoperasian dan lain sebagainya.

Solusinya:

Sebenarnya tidak ada hal yang bisa kamu lakukan jika memang server utama aplikasi Tiktok bermasalah atau down, karena teknisi Tiktok yang akan memperbaiki masalah ini. Tapi tidak ada salahnya kamu hubungi CS Tiktok untuk menanyakan penyebab masalah ini. Kamu bisa kunjungi CS Tiktok melalui link ini https://www.tiktok.com/about/contact?lang=id-ID

Demikian ulasan singkat yang bisa Calonpengangguran jelaskan kepada kamu semua mengenai Kenapa Tidak Bisa Mengirim Pesan di Tiktok beserta cara mengatasinya. Semoga informasi singkat diatas bisa bermanfaat, sekian dan terima kasih.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *