Kenapa Pesanan Shopee Tertunda? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Shopee menjadi salah satu e-commerce yang memiliki banyak pengguna di Indonesia, sehingga tidak heran kalau platform ini punya rating bagus terkait penggunaannya.

Hadirnya Shopee menjadi warna baru bagi penjual barang atau produk, seperti pakaian, elektronik, aksesoris, ponsel dan lain sebagainya.

Selain memberi warna baru bagi penjual, Shopee juga memberi warna baru bagi pembeli, karena meraka bisa membeli produk yang diinginkan dengan mudah tanpa harus datang langsung ke toko.

Bagi penjual atau seller Shopee adalah media atau wadah untuk memasarkan produk yang mereka jual dengan target pasar di seluruh Indonesia.

Berbicara mengenai hal ini, ternyata belakangan banyak seller Shopee yang tidak tahu penyebab pesanan Shopee tertunda dan bagaimana cara mengatasinya.

Pesanan tertunda membuat penjual atau seller tidak bisa memproses orderan yang seharusnya mereka packing dan kirimkan. Padahal informasi mengenai hal ini sudah sangat jelas diulas di website resmi Shopee.

Sederhananya pesanan tertunda terjadi karena pihak Shopee sedang melakukan verifikasi pada barang atau produk yang dipesan oleh konsumen. Untuk lebih memperjelas terkait problem ini, saya akan memberikan beberapa penyebab pesana Shopee tertunda sebagai berikut.

Penyebab dan Cara Mengatasi Pesanan Shopee Tertunda

Kenapa Pesanan Shopee Tertunda

Perlu kamu ketahui, maksud dari pesanan tertunda di Shopee adalah proses pengecekan yang dilakukan oleh pihak Shopee terkait barang atau produk yang diorder, adapun beberapa hal yang dicek oleh Shopee diantaranya ketersediaan barang di seller, pembayaran, alamat pengiriman, jumlah barang, dan lain sebagainya.

Ini dilakukan agar tidak ada kesalahan pada pengiriman barang atau produk yang dibeli oleh konsumen, berarti pihak Shopee peduli terhadap kepuasan konsumen karena memperhatikan hal hal penting diatas dengan melakukan tahap verifikasi.

Tapi, karena kurangnya pengetahui mengenai pesanan tertunda di Shopee membuat banyak seller bertanya-tanya, apa penyebab dari masalah ini dan bagaimana cara mengatasinya? Secara teknis masalah ini disebabkan oleh pihak Shopee itu sendiri, namun juga bisa disebabkan oleh faktor lain.

Untuk lebih memperjelasnya, Calonpengangguran akan merangkum beberapa penyebab dari pesanan tertunda di Shopee, diantaranya:

Sedang Diverifikasi Oleh Pihak Shopee

Seperti yang sudah disampaikan diatas tadi, pesanan tertunda di Shopee disebabkan oleh proses verifikasi pesanan. Ini merupakan tahap paling penting dalam proses pemesanan barang karena pihak Shopee melakukan taking order.

Apa itu taking order? Sederhananya taking order adalah aktivitas menerima dan mencatat pesanan dari konsumen terkait barang atau produk yang hendak dirinya beli di platform Shopee.

Kenapa hal ini perlu dilakukan? Karena proses verifikasi pesanan bertujuan untuk memastikan bahwa semua detail pesanan yang dikirim oleh konsumen dan diterima oleh pihak Shopee sudah diisi dengan benar, sebelum dilanjutkan ke seller untuk proses pengemasan dan pengiriman.

Solusinya:

Lantas bagaimana cara mengatasi tahap verifikasi yang lama? Jawabannya hanyalah menunggu, karena secara teknisi tahap ini akan selesai ketika pihak Shopee mengangap orderan atau pesanan sudah sesuai dengan syarat dan ketentuan.

Belum Melengkapi Detail Pesanan

Selain karena proses verifikasi pesanan, hal lain yang bisa menyebabkan pesanan di Shopee tertunda adalah konsemun tidak melengkapi detail pesanan di Shopee.

Adapun beberapa data yang harus kamu isi terkait detail pesanan, diantaranya jenis produk, jumlah pesanan, ukuran, varian, harga, alamat pengiriman, dan lain sebagainya.

Solusinya:

Hampir sama dengan penjelasan diatas, sebagai seller kamu hanya bisa menunggu sampai pesanan di di acc atau diterima oleh pihak Shopee.

Untuk mempercepat proses ini, kamu bisa menjelaskan kepada konsumen untuk mengisi semua detail pesanan, seperti jenis produk, jumlah pesanan, ukuran, varian, harga, alamat pengiriman, pembayaran dan lain lainnya.

Konsumen Belum Melakukan Pembayaran

Masih berkaitan dengan detail pesanan, hanya saja ini lebih spesifik yakni pembeli atau konsumen belum melalukan pembayaran pada barang atau produk yang dirinya pesan.

Sehingga membuat pesanan menampilkan keterangan tertunda, meski sebenarnya pihak Shopee sudah selesai memverifikasi pesanan tersebut.

Kita semua tahu, ada banyak sekali metode pembayaran yang bisa konsumen pilih untuk membeli produk atau barang di Shopee, kurang lebih ada 13 metode pembayaran seperti ShopeePay, Spaylater, COD, Transfer Bank, Kartu Kredit/Debit dan masih banyak yang lainnya.

Jika konsumen memilih metode pembayaran selain COD dan Spaylater, maka pembeli harus menyelesaikan proses pembayaran lebih dulu agar pesanan bisa diarahkan ke seller untuk proses packing dan pengiriman.

Solusinya:

Satu satunya hal yang bisa kamu lakukan adalah menunggu sampai konsumen menyelesaikan pembayaran, atau kamu juga bisa menghubungi konsumen untuk menyelesaikan pembayaran

Server Utama Shopee Sedang Down

Penyebab terakhir dari masalah ini adalah server utama dari website dan aplikasi Shopee down atau gangguan. Ini bisa dikarena server sedang melakukan pemeliharaan karena serangan virus atau sedang upgrade kapasitas karena jumlah pengguna meningkat.

Kenapa server utama bisa menyebab pesanan tertunda? Karena teknisnya server utama memiliki peran penting dalam pengoperasian website dan aplikasi Shopee, ketika ada masalah pada server utama tentu semua aktivitas akan berhenti salah satunya proses verifikasi ini.

Solusinya:

Jika masalah pesanan tertunda disebabkan oleh server utama, kamu bisa menghubung Help Center Shopee melalui link ini https://help.shopee.co.id/portal, lalu klik menu Email dibawah keterangan Apakah Kamu Punya Pertanyaan Lain?

Selain itu, kamu juga bisa menghubung CS Shopee melalui aplikasi Shopee. Bagaimana caranya? Tidak sulit kok karena keterangannya sangat jelas, kalau bingung kamu bisa baca ulasan mengenai cara menghubungi CS Shopee melalui link ini https://help.shopee.co.id/portal/article/72945-[Customer-Service]-Bagaimana-cara-menghubungi-Customer-Service-Shopee%3F?seo=1

Demikian ulasan singkat yang bisa Calonpengangguran jelaskan kepada kamu semua mengenai kenapa pesanan Shopee tertunda beserta cara mengatasinya. Semoga informasi singkat diatas bisa bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Baca Juga:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *