Kenapa Koin Shopee Tidak Bisa Digunakan Semua? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kenapa koin shopee tidak bisa digunakan semua? Bagi Anda para pengguna aplikasi shopee, pasti sudah familiar dengan koin shopee. Koin shopee adalah mata uang digital yang kerap dikumpulkan pengguna untuk bisa mendapatkan diskon di platform tersebut.

Hanya saja, sebagian kerap mengeluh karena tidak bisa gunakan koin shopee pada saat melakukan pembelian. Salah satu alasannya adalah karena adanya kebijakan sehingga koin shopee yang dimiliki tidak berlaku untuk sebagian produk maupun penjual.

Beberapa penjual di shopee mungkin tidak menerapkan Batasan penggunaan koin bagi orang-orang yang ingin membeli di tempatnya. Tapi sebagian lain tentu memiliki kebijakan yang berbeda. Karena permasalahan seperti ini bisa disebabkan oleh kebijakan penjual itu sendrii beserta berbagai pertimbangan bisnis yang ada di dalamnya. Nah di bawah ini kami akan memberikan beberapa penyebab lain kenapa tidak bisa menggunakan semua koin shopee pada saat melakukan pembeliah. Yuk ikuti terus pembahasannya.

Alasan Koin Shopee Tidak Bisa Digunakan Semua

Kenapa Koin Shopee Tidak Bisa Digunakan Semua

Shopee termasuk aplikasi jual beli online yang digemari masyarakat Indonesia sejak beberapa tahun belakangan ini.

Apalagi banyak sekali diskon dan promo menarik yang membuat orang-orang berbondong-bondong untuk menggunakan apk ini.

Tapi sayang, beberapa pengguna kerap mengeluh karena mereka tidak bisa menggunakan semua koin shopee saat membeli produk yang diinginkan. Berikut alasannya:

Koin Hanya Berlaku Pada Produk Tertentu

Alasan pertama biasanya karena koin hanya untuk produk atau barang tertentu. Beberapa produk maupun penjual memiliki kebijakan masing-masing perihal koin shopee ini sehingga Anda harus paham terkait cara penggunaannya.

Selain itu koin shopee tidak bisa digunakan bisa saja disebabkan oleh diskon atau promosinya sudah berlangsung, terdapat penawaran khusus lainnya sehingga tidak memungkinkan pengguna untuk menggunakan koin shopee miliknya.

Oleh karena itu, Anda harus memiliki produk yang support penggunaan koin Shopee karena seperti yang sudah saya jelaskan tidak semua produk mendukung pembayaran menggunakan fitur ini.

Batasan Geografis Konsumen

Selain itu, koin shopee juga kerap memiliki batasan terhadap geografis atau daerah tempat tinggal pengguna. Ini tentu saja menjadi penyebab yang membuat koin shopee pada akhirnya tidak bisa digunakan.

Sebagian koin shopee ditawarkan hanya untuk pengguna yang berada di wilayah maupun negara tertentu. Pada saat Anda berbelanja secara online di Shopee, lokasi tempat tinggal mu tidak hanya menentukan biaya kirim atau ongkir saja tapi juga pengguna koin Shopee ini.

Ketika pihak Shopee mendeteksi lokasi Anda berada diluar wilayah yang support penggunaan koin Shopee, maka Anda tidak akan bisa menggunakan koin Shopee untuk mendapat potongan harga.

Ketentuan Yang Berlaku Dari Shopee

Alasan ketiga adalah ketentuan promosi maupun diskon yang berlaku pada aplikasi Shopee itu sendiri. Shopee kerap memberikan promosi atau diskon yang berbeda-beda di setiap harinya. Jadi sebagian pengguna shopee tidak bisa menggunakan koin shopee bersamaan dengan diskon maupun promo yang tengah berlangsung.

Ketentuan seperti ini diberlakukan agar para pengguna tidak menumpuk diskon yang mereka dapatkan atau bahkan memanfaatkan system pada aplikasi secara tidak adil. Jadi coba baca kembali ketentuan apa saja yang berlaku di aplkasi shopee.

Perubahan kebijakan dan Program Shopee

Terjadinya perubahan kebijakan yang dilakukan oleh shopee beserta penyesuaian program di dalamnya dapat membuat koin shopee pun tidak bisa digunakan. Karena kebijakan maupun program shopee akan terus mengalami perubahan di setiap harinya.

Shopee sendiri memiliki hak untuk memperbaharui aplikasi miliknya baik itu kebijakan maupun program yang akan dimuat. Jadi bisa saja ketentuan program koin shopee akan berbeda-beda bergantung pada penjual, produk maupun promosi yang tengah berlangsung.

Koin Shopee Sudah Kadaluarsa

Perlu Anda semua ketahui koin yang didapatkan di aplikasi Shopee memiliki masa kadaluarsa atau berlaku, dari laman resmi Shopee diketahui masa berlaku koin ini hanya berlaku selama 3 bulan dan dihitung sejak awal koin didapatkan oleh pengguna.

Jadi Anda harus memperhatikan dengan baik kapan kadaluarsa dari koin shopee itu sendiri sehingga bisa menggunakannya segera. Bagi yang memiliki koin shopee namun ternyata sudah kadaluarsa, memang koin tersebut tidak bisa digunakan semuanya.

Bahkan ada penghapusan koin yang akan dilakukan oleh pihak shopee. Karenanya, Anda harus perhatikan tentang batas waktu penggunaan koin shopee itu sendiri.  Jika memang koin belum kadaluarsa tapi tidak bisa digunakan, mungkin ada penyebab lainnya.

Baca Juga:

Jumlah Koin Yang Bisa Digunakan Melebihi Batas

Selain beberapa hal diatas, penyebab lain tidak bisa menggunakan semua koin Shopee adalah ada batas penggunaan koin yang dihitung berdasarkan jumlah transaksi dan jenis transaksi itu.

Artinya, Anda tidak bisa membayar 100 persen transaksi atau pembelian barang di Shopee menggunakan koin, karena secara mutlak pihak Shopee memberi aturan terkait jumlah koin yang bisa digunakan disetiap transaksi. Adapun beberapa batas penggunaan koin yang saya maksud diantaranya:

  • Pembelian di Shopee maksimal penggunaan koin sekitar 25% dari jumlah transaksi, penggunaan koin maksimal per hari adalah 1.000.000 dan pengguna koin maksimal per minggu adalah 3.000.000.
  • Pembelian di Merchant Shopeepay, maksimal pengguan koin 50% dari jumlah transaksi, penggunaan koin maksimal per hari adalah 1.000.000 dan pengguna koin maksimal per minggu adalah 3.000.000.
  • Pembelian Produk Digital (e-Voucher), maksimal pengguna koin 25% dari jumlah transaksi, penggunaan koin maksimal per hari adalah 1.000.000 dan pengguna koin maksimal per minggu adalah 3.000.000.
  • Pembelian Voucher Scan dan Bayar ShopeePay, penggunaan maksimal koin 50% dari jumlah transaksi, penggunaan koin maksimal per hari adalah 1.000.000 dan pengguna koin maksimal per minggu adalah 3.000.000.

Koneksi Internet Tidak Stabil

Tidak hanya beberapa penyebab yang berasal dari pihak Shopee saja, penyebab lain yang berasal dari Anda sebagai pengguna Shopee adalah perangkat terhubung dengan koneksi internet tidak stabil.

Kita semua tahu, Shopee merupakan aplikasi dan website online yang memerlukan koneksi internet untuk bisa mengakses fitur yang ada didalamnya.

Ketika perangkat yang Anda gunakan tidak menggunakan koneksi internet bagus, kira kira bisa atau tidak Anda mengakses fitur koin Shopee? Tentu jawabannya tidak.

Oleh karena itu, pastikan koneksi internet yang Anda gunakan stabil. Cara mudah memastikannya, Anda bisa kunjungi situs Speedtes melalui aplikasi browser.

Perangkat Seluler Bermasalah

Penyebab selanjutnya adalah ada masalah pada perangkat seluler yang Anda gunakan untuk mengakses aplikasi Shopee.

Bisa dibilang perangkat merupakan alat penghubung antara Anda dan aplikasi Shopee, ketika ada masalah pada perangkat maka akan ada masalah juga pada proses atau perintah yang Anda berikan.

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan timbul masalah pada perangkat, diantaranya cache menumpuk, ruang penyimpanan penuh, tidak rutin update aplikasi yang terinstall, dan tidak rutin update sistem OS.

Solusinya:

Adapun beberapa hal yang harus Anda lakukan untuk mengatasi beberapa hal yang menyebabkan perangkat seluler bermasalah, diantaranya:

  • Hapus Cache, pertama kamu harus hapus semua cache yang ada di perangkat seluler, disini kamu bisa hapus secara manual melalui pengaturan atau bisa menggunakan aplikasi tambahan.
  • Hapus file dan aplikasi tidak penting, terkait ruang penyimpanan penuh kamu harus menghapus beberapa file dan aplikasi dari perangkat mu.
  • Update OS, seperti yang kalian ketahui OS atau perangkat lunak adalah otak ponsel, jika kita tidak pernah update atau telat update akan mempengaruhi performa perangkat. Oleh karena itu mulai sekarang kamu harus rutin update perangkat lunak melalui pengaturan dan masuk ke tentang ponsel.
  • Update semua aplikasi, terakhir adalah update semua aplikasi yang terinstall di ponsel mu melalui Play Store atau App Store.

Server Utama Shopee Gangguan

Penyebab terakhir dari masalah ini adalah server utama aplikasi dan website Shopee sedang gangguan atau down. Masalah pada server bisa terjadi karena developer atau pengembang sedang melakukan pemeliharaan dan upgrade kapasitas server.

Kenapa server utama penting? Karena server utama berperan sebagai pusat pengoperasin, pusat lalu lintas data, pusat penyimpanan data pengguna, dan pusat penyimpanan data aplikasi serta website.

Ketika ada masalah pada server, Anda hanya perlu menunggu sampai teknisi selesai memperbaiki persoalan ini.

Itukah beberapa alasan kenapa koin shopee tidak bisa digunakan semua dan cara mengatasi. Semoga Anda segera menemukan penyebba dan solusinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *