Apakah Siswa Eligible Sudah Pasti Lolos SNMPTN? Ini Penjelasannya!

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPT) merupakan salah satu program yang dikeluarkan oleh pemerintah sebagai jalur seleksi masuk perguruan tinggi negeri berdasarkan prestasi akademik dan non akademik. Kesempatan ini diberikan kepada Siswa SMA, MA, dan SMK yang sudah memasuki kelas akhir atau kelas 12.

Biasanya orang-orang menyebut seleksi ini sebagai jalur undangan yang pada proses nya tidak dipungut biaya sepeser pun atau gratis. Ketika mengikuti jalur ini kamu harus melewati beberapa tahapan yang wajib kamu ikuti agar bisa masuk ke perguruan tinggi negeri impian kamu. Namun, tidak semua Siswa SMA, MA, dan SMK yang bisa mengikuti jalur ini.

Terdapat sebuah kategori layak atau tidak layaknya kamu untuk mengikuti SNMPTN. Siswa yang dikategorikan layak untuk mengikuti jalur seleksi ini disebut dengan Siswa Eligible. Tetapi, kamu pasti bertanya-tanya apakah jika sudah dinyatakan layak kamu sudah pasti lolos SNMPTN? Dan bagaimana tahapan pendaftaran SNMPTN 2024? Simak penjelasan nya dalam artikel ini.

Apakah Siswa Eligible Sudah Pasti Lolos SNMPTN?

Pertanyaan ini sering muncul ketika pengumuman hasil siswa yang termasuk ke dalam kategori siswa eligible sudah keluar. Untuk bisa lulus tahapan ini, terdapat 2 hal yang harus kamu perhatikan yakni nilai raport dan sertifikat yang kamu miliki.

Hal tersebut akan menjadi penentu lolos atau tidaknya kamu untuk mengikuti SNMPTN 2024. Namun, apakah ketika sudah dinyatakan lolos sebagai siswa eligible kamu sudah dipastikan lolos SNMPTN dan bisa memasuki perguruan tinggi negeri yang sudah kamu pilih? Jawaban nya adalah tidak.

Meskipun kamu sudah dinyatakan layak untuk mengikuti SNMPTN 2024, kamu belum tentu akan lolos SNMPTN 2024. Masih banyak tahapan lain yang harus kamu lakukan untuk bisa lolos melalui jalur ini.

Hal ini dikarenakan tahapan yang satu ini hanya tahapan awal yang harus kamu ikuti untuk tahap selanjutnya. Jadi jangan senang dulu jika kamu termasuk dalam kategori siswa eligible, tetap perhatikan nilai raport dan prestasi lain nya sebelum benar-benar dinyatakan lolos masuk perguruan tinggi negeri.

Tahapan Pendaftaran SNMPTN 2024

Terdapat beberapa tahapan yang harus kamu ketahui untuk mengikuti jalur seleksi yang satu ini. Berikut tahapan nya.

Registrasi Akun LTMPT

Calon peserta SNMPTN diwajibkan untuk melakukan registrasi atau membuat akun di portal LTMPT. Berikut ini cara untuk melakukan pendaftaran LTMPT 2024.

  1. Buka halaman web https://portal.ltmpt.ac.id/
  2. Pililh menu Siswa dan klik menu daftar
  3. Masukkan NISN, NPSN, dan tanggal lahir kamu lalu pilih menu selanjutnya
  4. Masukkan alamt email aktif kamu dan buat password kamu sesuai ketentuan yang disebutkan disitu, lalu pilih menu daftar
  5. Buka email yang tadi sudah kamu daftarkan, kamudian lakukan aktivasi akun melalui pesan email yang sudah masuk ke email kamu
  6. Jika akun kamu sudah diaktivasi, maka kamu bisa masuka lagi ke portal LTMPT tadi dengan memasukkan username dan password kamu tadi
  7. Klik menu verifikasi dan validasi data
  8. Periksa data yang sudah tertera disitu, kemudian laporkan kepada sekolah jika terdapat data yang tidak sesuai dengan data kamu
  9. Lengkapi biodata diri kamu, isi semua kolom yang sudah disediakan dengan benar, kemudian klik tombol selanjutnya
  10. Unggah pas foto kamu sesuai ketentuan yang berlaku, kemudian konfirmasi data
  11. Pastikan data yang sudah kamu isi sudah benar sebelum kamu menyimpan data tersebut secara permanen

Baca Juga: Kenapa Tidak Bisa Daftar Akun SNPMB? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Pengisian Data PDSS

Pengisian data PDSS ini dilakukan oleh pihak sekolah. Sekolah akan melakukan pengecekan NPSN dan memastikan semua data sudah benar dan ter-verifikasi di PDSPK Kemdikbud.

Pihak sekolah juga harus memastikan semua data siswa kelas 12 sudah benar dan tidak ada kesalahan, jika terdapat kesalahan dari laporan siswa, maka pihak sekolah bisa memperbaiki nya.

Pemeringkatan Siswa

Pemeringkatan siswa ini dilakukan oleh pihak sekolah. Pihak sekolah akan memperhitungkan nilai mata pelajaran para siswa kelas 12, nilai yang akan diakumulasikan dilihat dari saat siswa tersebut masih kelas 10 sampai akhirnya masuk kelas 12.

  • Pada jurusan IPA nilai yang akan dilihat adalah nilai pada mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Kimia, Fisika, dan Bilogi.
  • Untuk jurusan IPS akan dilihat pada mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sosiologi, Ekonomi, dan Geografi.
  • Kemudian pada jurusan Bahasa mata pelajaran yang akan dinilai adalah Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sastra Indonesia, Antropologi, dan salah satu bahasa asing.
  • Sementara itu, untuk SMK mata pelajaran yang harus diperhatikan adalah Matematika, Bahasa Indonesia, dan kompetensi keahlian (teori kejuruan dan praktik kejuruan).

Sekolah dapat menambahkan kriteria lain, seperti sertifikat yang dimiliki oleh para Siswa, baik itu sertifikat akademik maupun non akademik. Selain itu, Jumlah siswa yang bisa mengikuti SNMPTN juga akan tergantung pada akreditasi yang dimiliki oleh sekolahnya. Akreditasi A sebanyak 40%, akreditasi B sebanyak 25%, dan akreditasi C sebanyak 4%.

Pengumuman Siswa Eligible

Berdasarkan data PDSS yang sudah diisi oleh pihak sekolah, maka panitia penyeleksi SNMPTN akan mengumumkan nama-nama siswa yang termasuk dalam kategori eligible. Siswa eligible adalah siswa yang dinyatakan layak untuk mengikuti SNMPTN 2024.

Para siswa yang memenuhi syarat dan termasuk dalam kategori ini bisa melanjutkan tahapan pendaftaran SNMPTN selanjutnya. Jika sudah dinyatakan layak kamu akan diberitahukan syarat-syarat lain yang harus kamu lengkapi sebagai peserta SNMPTN 2024.

Pendaftaran SNMPTN

Setelah dinyatakan lulus sebagai peserta SNMPTN, kamu harus melakukan pendaftaran SNMPTN melalui portal LTMPT. Kamu akan diarahkan untuk mengisi biodata secara lengkap. Setelah melakukan pengisian data, kamu bisa memilih maksimal 2 PTN yang ingin kamu masuki.

Setiap PTN hanya bisa memilih 1 program studi saja. Setelah itu kamu bisa menunggu dan melihat hasil pengumuman kelulusan SNMPTN melalui halaman web http://pengumuman.snmptn.ac.id.

Itulah penjelasan mengenai Apakah Siswa Eligible Sudah Pasti Lolos SNMPTN. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *