Budaya

Patung Sapi Boyolali Yang Menjadi Ikon Kota Penghasil Susu Segar

Patung Sapi Boyolali – Patung sapi ini adalah ikon kota Boyolali sebagai daeraj produksi susu sapi segar. Pembangunan patung ini dibuat di dalam Komplek Terpadu Pemerintah kabupaten Boyolali. Proyek pembuatan patung ini selesai di bangun pada pertengahan tahun 2015 dan hampir serempak dengan bangunan lain di komplek terpadu Pemkab Boyolali.

patung sapi boyolali
Change.org

Patung Sapi Boyolali

Patung sapi ini terletak di komplek terpadu pemerintah kabupaten Boyolali, kelurahan kemiri, kecamatan Mojosongo, kabupaten Boyolali, Jawa Tengah 57482. Petunjuk jalan paling mudah dimulai dari Jalan Raya Semarang-Solo atau Jalan Raya Boyolali-Solo langsung masuk ke Komplek Perkantoran Pemkab Boyolali. Jika anda ingin mengunjungi patung ini, tinggal ikuti saja petunjuk arah jalan menuju ke Alun-Alun Kidul yang letaknya berdekatan dengan patung tersebut.

Di boyolali nama patungnya lebih terkenal dibandigkan dengan gedung lembu (nama aslinya) karena berbentuk sapi perah yang sedang duduk dibawah. Patung ini memiliki tinggi 11 meter dibangun diarea seluas 18 x 12 meter. Sementara luas bangunannya sekitar 160 meter persegi. Untuk pembangunan proyek patung sapi ini menghabiskan dana hingga Rp 2,7 miliar. 

Bangunan di dalam patung sapi ini ini terdapat ruangan berupa layaknya gedung bioskop dengan layar lebar dan tempat duduk berjumlah 48 kursi. Ruangan tersebut cuman di buka apabila kunjungan tamu VIP dari luar kota yang sedang melakukan aktivitas tudi banding ke Boyolali. Kemudian tamu tersebut diputarkan film pendek yang berkisah tentang potensi di Boyolali, baik bidang pariwisata, pendidikan, infrastruktur, hingga potensi-potensi lainnya.

Patung sapi ini memang cocok untuk dijadikan sebagai tempat berfoto dan juga lokasi berlibur oleh para wisatawan. Namun dalam pembangunan patung ini letaknya kurang strategis, sebab patung ini terdapat di dalam area komplek perkantoran pemerintah kabupaten Boyolali. Bagi kalian yang ingin berkunjung ke patung ini, sebaiknya anda mengikuti akses jalan yang searah dengan komplek pemerintah Boyolali.

Demikian ulasan mengenai Patung Sapi Boyolali. Semoga sedikit informasi ini dapat bermanfaat untuk anda semua, terima kasih atas perhatiannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *