Kelebihan dan kekurangan xiaomi redmi note 8
Smartphone Teknologi Xiaomi

Yuk simak! Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi Note 8

Kelebihan dan kekurangan Xiaomi Redmi Note 8 – Hai sobat Cp, gmana kabarnya? Semoga selalu dalam keadaan baik-baik saja ya. Kali ini saya akan membuat sebuah review dari smartphone terbaru Xiaomi, yaitu Redmi Note 8.

Dari beberapa kabar yang beredar xiaomi redmi note 8 dianggap sebagai penerus redmi note 7 yang merupakan smartphone harga 2 jutaan dan paling laris dimasanya

Di tahun 2019 produksi smartphone dikelas 2 jutaan sangat jarang kita jumpai, namun kini xiaomi kembali merilis smartphone terbaru mereka dikelas menengah dengan harga 2 jutaan.

Banyak sekali pembaruan yang terjadi pada redmi note 8 dibandingkan generasi sebelumnya, seperti dibekali 4 kamera handal dan bukan gimmick. Baiklah untuk lebih jelasnya mari kita simak ulasan dibawah ini mengenai Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi Note 8 sebagai berikut.

Baca Juga Yuk! Simak Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi 5A Terlengkap

Kelebihan Xiaomi Redmi Note 8

Berikut ulasan mengenai kelebihan xiaomi redmi note 8, semoga bisa menjadi referensi bagi anda yang ingin membeli smartphone ini.

1. Layar Tampak Elegan

kelebihan xiaomi redmi note 8
Sumber www.mi.co.id/

Kelebihan pertama dari redmi note 8 dapat kita rasakan dari desain layarnya, smartphone ini memiliki layar yang dirancang dengan sudut bulat elegan dan keempat sudutnya diletakan dalam persegi panjang. Layar ini memiliki lebar 6,3 inci dengan resolusi HD+.

Oleh karena itulah layar menjadi keunggulan yang paling menonjol dari redmi note 8. Selain dari segi kualitas layarnya, desain yang ditawarkan oleh smartphone ini termaksud desain layar modern atau tampilan layar penuh.

Untuk bagian layar IPS redmi note 8 bekerja sangat baik, meskipun anda sedang dibawah terik matahari layar masih terlihat sangat jelas. Kemudian layar ini juga dibekali pelindung Corning Gorilla Glass 5 dan bagian bodi belakangnya. Dari segi responsif layarnya, smartphone ini memiliki touch sreen yang bekerja sangat baik.

2. Kamera Berbeda dari generasi sebelumnya

Redmi note 8 menawarkan 4 kamera belakang, beda dengan generesi sebelumnya yaitu note 7  yang hanya memiliki 2 kamera belakang. Dari keempat kamera belakang redmi note 8 bekerja sangat baik, sehingga tidak ada kesan gimmick lagi.

Salah satu kamera belakang redmi note 8 memakai sensor 48 MP, dengan begitu foto yang dihasilkan beresolusi tinggi hingga 8000 x 6000 piksel. Lalu kamera ini juga mampu menghasilakn video berkualitas 4K dan stabilisasi EIS.

kekurangan xiaomi redmi note 8
Sumber jambi.tribunnews.com/

Selain itu, salah satu kamera belakang lainnya adalah kamera ultrawide 120 derajat 8 MP, makro  2 MP dan depth sensor 2 MP. Fungsi dari kamera ultrawide redmi note 8 adalah agar smartphone ini mampu mengambil foto dari sudut 120 derajat atau sudut lebih lebar.

Kemudian kamera makro 2 MP berfungsi sebagai kamera yang mengambil fokus minimun sampai 2 cm dan kamera depth sensor 2 MP ini berfungsi agar foto yang diambil memiliki baground blur.

Sementara untuk kamera depan redmi note 8 beresolusi 13 MP dilengkapi fitur AI Beauty, sehingga hasil foto selfie anda akan tampak lebih cantik. Dari hasil foto yang saya coba, fitur AI Beauty bekerja sangat baik beda halnya dengan kamera depan redmi lainnya yang terkesan hanya gimmick.

Baca Juga Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi S2 Beserta Spesikasinya

3. Perfoma Sangat Baik

Keunggulan lainnya dari redmi note 8 dapat kita rasakan dari perfoma smartphone ini, menurut saya dengan memakai chipset Qualcomm Snapdragon 665 dengan fabrikasi 11 nm, redmi note 8 dapat beroperasi lebih maksimal dan penggunaan daya baterai lebih hemat.

Chipset Qualcomm Snapdragon 665 merupakan buatan dari tim Hi Tekno.com, dengan memakai delapan inti (Octa Core ) dan CPU octa-core 4x 2,0 GHz Kryo 260 Gold + 4x 1,8 GHz Kryo 260. Dan GPU Adreno 610.

Sebenarnya chipset ini bukanlah hal yang baru, karena beberapa smartphone kelas menengah banyak yang sudah menggunakannya, seperti Realme 5 hingga Oppo A5 2020 dan Oppo A9 2020. Smartphone ini juga didukung dengan ram berkapasitas besar, yaitu RAM 6 Gb dan penyimpanan internal mencapai 128 GB.

Karena smartphone ini dibekali oleh GPU Adreno 610, menjadikan redmi note 8 mampu mengelola grafis game android online masa kini, seperti PUBG Mobile hingga COD Mobile. Tambahan lainnya adalah redmi note 8 menggunakan sistem operasi Android 9.0 Pie model terbaru dari kostumisasi MIUI 10 dan akan mengalami upgrade kedepannya menjadi MIUI 11.

4. Kapasitas Baterai Besar

Kelebihan selanjutnya dari xiaomi redmi note 8 adalah memiliki kapasitas baterai besar. Pasalnya smarphone ini dibekali baterai berkapasitas 4.000 mAh. Meskipun hal ini sudah tidak mengejutkan lagi, karena beberapa tipe xiaomi lainnya juga banyak menawarkan kapasitas baterai sebesar itu.

Namun menurut saya karena pihak xiaomi tetap menawarkan kapasitas baterai 4.000 mAh pada redmi note 8 ini kita harus memberi apresiasi kepada perusahan xiaomi. Kenapa ? karena jika kita lihat dari harga jualnya yang hanya Rp. 2 jutaan, kapasitas baterai tersebut sudah sangat wajar.

baterai xiaomi redmi note 8
Sumber www.mi.co.id

Ditambah lagi dengan dibekali chisept buatan Hi Tekno.com, daya tahan baterai dari redmi note 8 bisa dikatakan lebih hemat. Dari sumber yang saya baca, redmi note 8 mampu memutar video playback selama 20 jam tanpa memakai koneksi internet.

Selain itu, dengan kasipasitas baterai tersebut redmi note 8 juga dibekali fitur fast charging sehingga proses pengisian daya lebih cepat. Apa lagi smartphone ini memakai fast charging 18 watt melalui USB type-C. Namun sangat disayangkan, karena kepala charger asli redmi note 8 hanya 10 watt saja sehingga anda harus membeli kepala charger 18 watt secara terpisah.

Dari hasil uji coba yang saya lakukan, redmi note 8 mampu mengisi baterai hingga penuh dalam waktu 2 ½ jam. Namun apabila smartphone diisi dalam kondisi mati, maka pengisian baterai dapat lebih cepat lagi, hanya memerlukan waktu 2 jam saja.

5. Ketahanan Layar Pelindung Redmi Note 8 Sangat Mantap

Mungkin beberapa dari kalian merasa hal ini tidak penting, namun menurut saya ini sangat penting. karena banyak sekali smartphone yang dibeli dengan harga lumayan mahal tetapi segi ketahan layarnya sangat rendah.

Maka dari itu kelebihan lain dari xiaomi redmi note 8 dapat anda rasakan dari segi ketahanan layarnya, pasalnya smartphone ini dilengkapi pelindung layar terbaru yaitu Corning Gorilla Glass 5 pada bagian layar dan bodi belakang.

Dengan memakai pelindung layar ini redmi note 8 mampu bertahan dari percikan air, dan bagian bodi tidak mudah tergores. Meskipun corning gorilla glass belum memiliki sertifikasi IP68, namun karena ada tambahan lapisan dari bahan nano, saya rasa pelindung ini sudah lebih baik dari sebelumnya. Apalagi ditambah dengan fitur penangkal debu dibagian speakernya.

6. Harga Terjangkau

Sebenarnya smartphone merk xiaomi banyak dijual dengan harga terjangkau, namun berkualitas. Contohnya Xiaomi redmi 5 plus yang saya gunakan sekarang, dengan harga 2 jutaan mampu bertahan hingga sekarang, kira-kira saya sudah menggunakan redmi 5 plus selama 1 tahun lebih dan dalam waktu selama itu saya tidak pernah merasa ada kendala dari segi kinerja.

Sama halnya dengan redmi note 8, dengan harga Rp. 2 jutaan banyak sekali keunggulanan yang ditawarkan, seperti yang sudah saya jelaskan diatas. Nah dibagian harganya, saya rasa ini menjadi kelebihan lain yang dimiliki redmi note 8.

Ada beberapa varian harga dari redmi note 8 tergantung tipe yang anda pilih, tiga varian itu adalah kombinasi RAM dan Memori Internal seperti 3GB+32GB, 4GB+64GB, dan 6GB+128GB. Untuk harga umunya redmi note 8 dijual Rp. 2 Jutaan. Anda bisa membeli smartphone ini secara online maupun langsung.

Harga:

  • Redmi Note 8 RAM 3 GB + 32 GB: Rp 2.099.000 (perkenalan Rp 1.999.000)
  • Redmi Note 8 RAM 4 GB + 64 GB: Rp 2.299.000 (perkenalan Rp 2.199.000)
  • Redmi Note 8 RAM 6 GB + 128 GB: Rp 2.899.000 (perkenalan Rp 2.799.000

7. Banyaknya Fitur Tambahan

Kelebihan terakhir dari xiaomi redmi note 8 dapat kita rasakan dari banyaknya fitur tambahan, diawali dengan audionya. Meskipun redmi note 8 hanya dibekali satu audio speaker, namun hasil dari speaker tersebut hanya jernih dan jelas.

Kemudian redmi note 8 dibekali Bluetooth yang mendukung aptx dari Qualcomm, padahal fitur ini hanya dijumpai pada smartphone kelas atas. Selain itu, smartphone ini juga memakai IR Blaster yang berfungsi sebagai remote. Lalu USB type-C yang digunakan mendukung USB On-The-Go atau OTG.

Redmi note 8 juga dilengkapi fitur keamanan seperti fingerprint sensor dan faec unlock yang bekerja sangat cepat. Terakhir redmi note 8 dibekali dual SIM non hybrid, artinya smartphone ini memiliki dedicated slot microSD. Dan memiliki LED notifikasi di atas kiri layarnya.

Baca Juga Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi Note 5a

Kekurangan Xiaomi Redmi Note 8

1. Fast Charging Dijual Terpisah

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas pengisian baterai redmi note 8 mampu mencapai 18 watt, namun diketerangan charger hanya berkapasitas 10 watt.

Maka dari itu anda harus membeli fast chager sendiri secara terpisah untuk menikmati pengisian daya lebih cepat.

Mungkin ini bukan kekurangan sangat berarti dari redmi note 8, karena anda tinggal membeli kepala chargernya saja.

2. Tidak Tersedia Konektivitas NFC

Untuk beberapa orang fitur NFC dianggap sangat penting, namun pada redmi note 8 fitur ini tidak tersedia. Jadi bagi anda pengguna redmi note 8 jangan terlalu bersedih karena tidak adanya fitur ini.

Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 8

Jaringan GSM/HSPA/LTE
Bodi Dimensi: 158.3 x 75.3 x 8.4
Bobot: 190 gram
Layar 6.3, IPS LCD capacitive touchscreen, 1080 x 2340 piksel, 19.5:9 aspect ratio
ChipsetCPU: Qualcomm Snapdragon 665 (11 nm) octa-core (4×2.0GHz Kryo 260 Gold & 4×1.8 GHz Kryo 260 Silver) GPU: Adreno 610
Memori RAM: 3/
Memori Internal: 32/64/128GB
KameraBelakang: 48MP, f/1.8, PDAF (wide) + 8MP, f/2.2 (ultrawide) + 2MP, f/2.4 (macro) + 2MP, f/2.4 (depth Depan: 13MP, f/2.0
Sistem Operasi Android 9.0 Pie dengan MIUI 10
Baterai 4.000 mAh
Warna Moonlight White, Neptune Blue, Space Black
Harga Rp1.999.000,- / Rp2.099.000,- (3/
Rp2.199.000,- / Rp2.299.000,- (4/
Rp2.799.000,- / Rp2.899.000,- (4/
(Harga Perkenalan/Harga Resmi)

Kesimpulan

Jadi smartphone xiaomi redmi note 8 bukanlah penerus dari generasi sebelumnha yaitu redmi note 7 melainkan generasi baru kelas menengah dengan harga 2 jutaan.

Banyak sekali keunggulan dari smartphone ini, seperti performa tinggi, kualitas kamera bisa dihandalka, daya tahan baterai lama, menggunakan pelindung Corning Gorilla Glass 5 dan menyediakan triple Slot Card. Jadi apakah anda tertarik dengan smartphone ini?

Demikian ulasan mengenai Kelebihan dan kekurangan xiaomi redmi note 8, semoga sedikit penjelasan saya dapat bermanfaat untuk anda semua dan terima kasih atas perhatiannya. Baca Juga Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi 6a

2 Replies to “Yuk simak! Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi Note 8

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *