Simak Pakaian Adat Sumatera Barat Pria Dan Wanita Beserta Aksesorisnya

Simak Pakaian Adat Sumatera Barat Pria Dan Wanita Beserta Aksesorisnya

Pakaian Adat Sumatera Barat – Sumatera Barat adalah salah satu Provinsi di Indonesia yang terletak di Pulau Sumatera. Provinsi yang beribukota Padang ini berbatasan langsung dengan beberpa provinsi lainnya yaitu seperti Sumatera Utara, Jambi, Riau, dan Bengkulu.

Dimana masyarakat yang mendiami Provinsi Sumatera Barat ini di dominasi oleh etnis Minangkabau. Selain itu, kebanyakan masyarakat di tanah Minang ini menganut ajaran agama Islam.

Di dalam kehidupan sehari harinya etnis Minang ini memiliki kebudayaan yang sangan khas mulai dari kuliner, tarian, pakaian adat dan lain sebagainya.

Salah satu budaya yang masih di pertahankan di Padang ini adalah Pakaian Adatnya. Busana yang dikenakan oleh orang Minang ini memiliki penutup dibagian kepala yang mirip menyerupai seperti Kepala Kerbau.

Bukan hanya itu busana yang dikenakannya pun sudah dilengkapi oleh beberapa perhiasan atau aksesoris. Untuk lebih jelas dalam pembahasan pakaian adat Sumatera Barat, yuk simak langsung ulasannya berikut ini :

Baca Juga Berikut Penjelasan Pakaian Adat Sumatra Utara Berserta Aksesorisnya

Pakaian Sumatera Barat

1. Baju Adat Khusus Penggantin

Pakaian Adat Sumatera Barat Baju Adat Khusus Penggantin
TradisiKita

Untuk para remaja yang sedang berkeinginan menikah maupun belum, dapat mengenakan busana adat Sumatera Barat penggantin yang telah tersedia sesuai budayanya.

Biasanya dalam pemilihan warna, masyarakat di Padang tentunya sering memilih warna yang cerah seperti warna merah. Selain itu juga dilengkapi dengan penutup kepala dan juga beberapa perhiasan lainnya.

Dimana pada waktu ini, semua para pasangan pengantin yang ada di Padang tetap mengenakan pakaian adat pernikahan Sumatera Barat. Seiring perkembangan zaman, di dalam desain yang akan dibuatnya tentunya selalu di perbarui agar terlihat menarik tanpa ada unsur meninggalkan budaya keasliannya.

2. Pakaian Adat Sumatera Barat Bagi Pria

Pakaian Adat Sumatera Barat Bagi Pria
Travelingyuk.com

Berikutnya tersedia Pakaian Adat Sumatera Barat yang dikenakan khusus bagi kaum Pria. Baju adat yang dikenakan oleh Pria Padang dinamakan dengan pakaian penghulu. Biasanya pakaian ini dikenakan oleh para tetua-tetua desa atau hanya orang spesial yang bisa mengenakan pada saat kondisi yang tertentu.

Di dalam penggunan atau pemakaian pakaian ini tidak sembarangan ya, melainkan terdapat ketentuan-ketentuan dalam cara memakainya. Ketentuan ini dibuat sudah tercantum dalam hokum adat. Busana yang dikenakan oleh kaum pria ini sudah dilengkapi dengan beberapa perlengkapan seperti : Deta, baju hitam, sesamping, sarawa, sandang, tungkek, cawek, dan keris.

3.  Pakaian Adat Sumatera Barat Bagi Wanita

Pakaian Adat Sumatera Barat Bagi Wanita
netralnews.com

Di Sumatera Barat bukan hanya menyediakan pakaian adat khusus Pria saja, melaian juga tersedia Pakaian Adat Sumatera Barat ynag dikenakan khusus kaum Wanita. Pakaian adat yang dikenakan oleh Wanita Padang ini bernama Limpapeh Rumah Nan Gadang. 

Busana yang dikenakan khusus Wanita Padang ini adalah pakaian kebesaran bagi kaum wanita yang mendiamin Provinsi Sumatera Barat. Dimana hal tersebut merupakan bentuk dari kedudukan wanita yang memiliki peran sangat penting dalam sebuah keluarga. Selain itu juga ikut berpartisipasi dan mempengaruhi dalam berumah tangga.

Dibalik penamaan pakaian adat untuk Wanita ini memiliki makna tersendiri. Dimana Limpapeh berasala kata limapeh yang artinya bagian tiang tengah bangunan rumah adat Sumatera Barat.

Jadi maksud dari sebutan nama tersebut melambangkan bahwa wanita diibaratkan sebagai tiang untuk menguatkan dan memperkokoh urusan di dalam rumah tangga maupun sebuahh keluarga.

4. Pakaian Adat Minang Modern

Seiring perkembangan zaman sudah modern, tetunya para desainer juga mendesain pakaian adat agar terlihat sangat menarik dan tidak ketinggalan gaya maupun model.

Jangan khawatir ya, para desainer merancang model barunya tanpa menghilangkan  unsur budaya aselinya kok. Nah anda penasaran bukan pakaian adat Minang modern ini, simak langsung saja ulasan dibawah ini :

Baca Juga Simak Pakaian Adat Aceh Pria Dan Wanita Beserta Aksesorisnya

Pakaian Untuk Pernikahan Bernuansa Minang

Pakaian Untuk Pernikahan Bernuansa Minang
Takaitu

Tampilan Desainnya begitu indah dan menarik, dimana terdapat balutan kain yang berwarna cerah baju adat Sumatera Barat tampak lebih khas ya.

Mahkota Penggantin Bernuansa Minang

Mahkota Penggantin Bernuansa Minang
Lifestyle Okezone

Seperti yang kita lihat pada gambar diatas, dimana terdapat sebuat mahkota yang mewah. Dalam menciptakan sebuah pakaian memang tidak perlu diragukan lagi deh Indonesia.

Seragam Pakaian Minang Modern

Pakaian Adat Sumatera Barat Seragam Pakaian Minang Modern
primerawedding.id

Dalam mengenakan pakaian yang bernuansa Minang pada hari yang dinantikan yaitu hari pernikahan. Tentunya rsanya sangat gembira sekali deh. Pakaian seperti gambar diatas memiliki warna yang amat mencolok.

Aksesoris Adat Sumatera Barat

Setelah kita membahas menegenai Pakaian Adat Sumatera Barat, tak lengkap rasanya sekalian kita mengulas juga tentang Aksesoris adat yang terdapat di wilayah ini.

Di padang sendiri Aksesoris yang dikenakan ini sangat berkaitan denga pakaian adatnya karena aksesoris ini berfungsi sebagai pelengkap. Nah jadi apa saja akasesoris yang dikenakan? Yuk simak ulasannya berikut ini :

1. Kerambit

Kerambit adalah salah satu Senjata adat yang dimiliki oleh masyarakat Sumatera Barat.  Senjata ini cukup terkenal di tanah Mianang ini loh. Menurut sumber yang saya dapatkan, bahwa senja ini berasal dari terjadinya peristiwa  Serangan yang ditimbulkan dan  dapat menumbangkan lawan yang dihadapi.

Dulunya kerambit ini digunakan sebagai senjata wajib tentara yang sebelumnya telah lulus melalui uji proses adopsi oleh US Marshal. Tampilan senjata ini berbentuk menyerupai pisau, tetapi pada bilahnya terdapat cekungan yang berbentuk siku. Sementara pada bagian ujungnya begitu tajam dan membentuk sisi yang runcing.

Efek dibalik,jika terkena senjata adat yang satu ini sangat fatal sekali, karena ketajamannya dapat membuat menyisakan bekas luka dan juga bisa memutusakan jaringan di dalam tubuh mereka seperti otot dan urat. Meskipun jika kita lihat, senjata ini tampilannya sangat sedehana tetapi bisa membuat putus urat nadi yang ada di dalam tubuh.

2. Karih

Karih merupakan salah satu senjata adat yang dikenakan bersamaan dengan pakaian adatnya, dimana dalam penggunaan karih ini dikenakan pada pakaian adat pengantin Pria ya.

Tentunya jika kita menedengar senjata yang satu itu tak heran lagi terdengar di kuping anda, yah betul sekali karih adalah sebutan nama Keris dalam Bahasa Minangkabau. Sama seperti halnya kita menyebut keris yang pada umumnya, di budaya Minangkabau juga terdapat keris juga.

3. Kalewang

Sejata ada Sumatera Barat berikutnya adalah Kalewang. Tampilan dari senjata ini menyerupai seperti Golok. Pada waktu zaman dulu, bahwa Kalewang ini digunakan sebagai senjata utama bagi para pasukan Paderi ketika perang berlangsung di Sumatera Barat pada abad ke 19.

Dimana para pasukan Paderi begitu pandai dalam menggunakan senjata ini saat bertempur di medan perang. Selain itu, kalewang juga dapat digunakan sebagai kegiatan pertanian.

Tampilan dari senjata ini begitu unik, jika dilihat secara sekilas seperti ular naga pada pegangannya, dan sarungnya hanya didesain bergaris-garis. Pada era saat ini, senjata ini masih tenar digunakan oleh masyarakat Minangkabau.

4. Ruduih

Riduih merupakan sejata adat Sumatera Barat yang menyerupai seperti Golok. Sejata ini berasala asli dari budaya Minang. adalah senjata tradisional Sumatera Barat yang serupa dan sejenis dengan golok berasal dari budaya masyarakat minang.

Pada zaman dahulu senjata ini digunakan sebagai Perang Manggopoh di tahun 1908, peristiwa tersebut ditandai dengan adanya Museum Perjuangan Tridaya Eka Dharma.

Ruduih memang kita lihat terlihat seperti mirip dengan Kelewang, dimana dengan tampilan berbentuk menyerupai pedang dengan satu sisi bilah tajam. Kalau kelewang sendiri pada sisi bilah tajamnya biasanya lurus, tetapi jika riduih cenderung cembung ke dalam.

Bukan hanya itu, pada bagian bentuk sarungnya pun juga berbeda, jika kelewang seperti naga, riduih dibuat sederhana seperti sebuah golok saja. Riduih memang begitu popular akan sebagai senjata perang.

Peru anda ketahui Riduih juga digunakan oleh masyarakat minang dalam kegiatan sehari-hari dan sampai kini pun Senjata ini masih dilestarikan sampai saat ini terbukti masih tersimpan rapi di museum.

Baca Juga Berikut Penjelasan Pakaian Adat Minangkabau Pria Dan Wanita Serta Pengantin

Demikian ulasan mengenai Pakaian Adat Sumatera Barat. Semoga sedikit informasi ini dapat bermanfaat untuk anda semua, terima kasih atas perhatiannya.

Arwan Gunadi

Arwan Gunadi

Waktu Akan Menjawabnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *