Pakaian Adat Papua Modern Dan Tradisional Beserta Penjelasannya

Pakaian Adat Papua – Indonesia merupakan salah satu negara yang banyak memiliki pulau, sehingga Indonesia di juluki sebagai Negara berkepulauan. Dengan memiliki banyak pulau menjadikan Indonesia memiliki banyak ragam kebudayaan, suku, dan juga bahasa.

Oleh karena itu, kita sebagai warga negara Indonesia sangat bersyukur telah dianugrahi banyak sekali adat istiadat di setiap daerahnya. Dengan adanya banyak perbedaan di Indonesia, menjadikan Indonesia sebagai negara Kesatuan yang tidak pernah terpecah belah.

Pada kesempatan kali ini saya ingin menyampaikan sebuah informasi mengenai kebudayaan dari Papua. Dimana di Provinsi papua ini memiliki banyak kebudayaan yang telah terkenal di penjuru Indonesia, Salah satu budaya yang terkenal  di wilayah Papua ini adalah Pakaian adatnya.

Pakaian adat Papua adalah sebuah ciri khas yang dapat dijadikan sebagai simbol nyata bagi masyarakat Papua.  Di Papua sendiri terdapat beberapa suku yang mendiami wilayah ini diantaranya adalah :

Baca Juga Yuk Simak Pakaian adat Sumatera Selatan Berserta Aksesorisnya Terlengkap

  • Suku asmat
  • Suku dani
  • Suku biak
  • Suku kamoro
  • Suku waropen

Dengan adanya beberapa suku yang mendiami wilayah ini, tidak menutup kemungkinan jika pakaian adatnya sendiri dapat menggambarkan kedekatan suatu suku dengan alam di sekitar.

Untuk mengupas lebih lengkap mengenai pakaian adat Papua, langsung saja simak ulasan berikut ini :

6 Pakaian Adat Papua Modern dan Tradisional

Sebelum membahas mengenai pakaian adat Papua lebih dalam, sebaiknya perlu anda ketahui dulu bahwa baju adat dari Papua ini dibedakan menjadi dua pakaian yaitu pakaian adat untuk pria dan juga pakaian adat untuk wanita.

Perbedaan ini tidak terlalu terlihat signifikan, hanya saja bedanya terdapat pada bagian bawah pakaiannya saja. Busana Papua ini memiliki ciri khas yang terletak pada bagian kepala yaitu terdapat penutup.

Penutup kepala ini terbuat dari bahan dasar daun sagu yang telah di rajut dengan sangat rapih. Lalui di bagian atas dari penutup kepala ditambahkan juga bulu burung kasuari. Tentunya anda semakin penasaran bukan, yuk simak penjelasannya dibawah ini :

1. Baju Holim

Pakaian Adat Papua Baju Holim
TheMoonDoggies

Pakaian adat Papua yang pertama akan kita bahas adalah Baju Holim. Dimana busana yang satu ini khusus dikenakan oleh kaum pria dan pakaian ini berasal dari suku Dani (Salah satu suku di Papua). Pada umumnya sih, baju ini dipakai pada dalamn kehidupan sehari hari.

Di Papua sendiri sebutan baju ini lebih dikenal dengan nama koteka yang dibuat dari bahan dasar kulit labu air. Pada setiap suku di Papua ini mempunyai beberapa model koteka yang berbeda beda. Misalnya saja, masyarakat dari suku Tiom mengenakan dua buah labu air, berbeda hal dengan suku lain yang cuma memakai satu labu air saja.

Terdapat nama lain dari pakaian holim ini yaitu Bobbe, Harim atau Hilon. Biasanya baju ini dapat dijumpai ketika ada upacara adat, kemudian cara mengenakannya yaitu dengan cara diikat ke pinggang menggunakan tali sehingga bagian bagian ujung koteka ini akan mengacung ke arah atas.

Walaupun kini pakaian satu ini terlihat jarang dikenakan oleh masyarakat di Papua, akan tetapi dari beberapa jenis pakaian adat Papua yang ada di papua, pakaian holim ini lah lebih populer bahkan turis dari mancanegara yang berkunjung ke Papua juga biasanya akan membeli pakaian holim ini sebagai cendramata khas Papua.

2. Baju Yokal

Pakaian Adat Papua Baju Yokal
Perpustakaan.id

Yokal merupakan salah satu pakaian adat Papua khusus dikenakan oleh kaum wanita yang sudah menikah. Busana ini sering dijumpai di daerah pedalaman Papua. Untuk warna pada pakaian ini yaitu berwarna coklat agak kemerahan.

Perlu anda ketahui juga, bahwa baju Yokal ini tidak untuk dijual maupun dibeli akan tetapi busana ini dijadikan sebagai lambang dari masyarakat Papua yang menunjukkan kedekatan dengan alam.

3. Baju Kurung

Pakaian Adat Papuan Baju Kurung
Model Bajuku

Baju Kurung adalah salah satu busana yang dikenakan pada bagian atasan wanita Papua dan Papua Barat. Sedikit informasi untuk anda, ternyata busana ini telah terpengaruh dari kebudayaan luar sehingga dapat dikatakan baju adat Papua modern.

Pada umumnya baju ini sering dikenakan oleh masyarakat Papua dan Papua Barat yang mendiami daerah sekitar kota Manokwari. Baju kurung adalah pakaian adat Papua dan juga Papua Barat yang dikenakan untuk atasan dari rok rumbai.

Baju kurung dibuat dari bahan dasar kain Beludru yang telah disertai dengan beberapa pernak-pernik rumbai bulu pada bagian tepi leher, lengan atau di bagian pinggang. Selain itu, di tmbahkan juga perhiasan seperti gelang dan kalung yang terbuat dari biji bijian keras kemudian dirangkai dengan benang.

Sedangkan pada bagian penutup kepalanya mengenakan bulu burung kasuari. Semua penggunaan perhiasan tersebut bertujuan untuk mempercantik tampilan si pemakai.

Baca Juga Yuk Simak Pakaian Adat Sulawesi Utara Beserta Penjelasannya

4. Pakaian Sali

Pakaian Sali
kumpulanilmu.com

Pakaian Sali  adalah pakaian adat Papua yang dikenakan oleh kaum wanita yang masih lajang atau belum menikah. Untuk bahan pembuatan pakaian ini menggunakan kulit pohon.

Dari warna yang dihasilkan dari kulit pohon ini lah yang nantinya akan digunakan untuk pakaian dan wajib memiliki warna coklat untuk menghasilkan pakaian adat yang sempurna serta berkualitas.

5. Baju Kain Rumput

Baju Kain Rumput
detikTravel

Baju Kain Rumput merupakan salah satu pakaian adat yang di miliki oleh Provinsi Papua. Baju ini dapat dikatakan  sebagai pakaian adat suku Papua modern dan berasal dari Sorong Selatan. Busana ini dikenakan oleh kaum pria dan wanita.

Dalam pembuatan baju ini yaitu menggunkan bahan dari daun sagu yang telah dikeringkan. Sedikit catatan,  daun sagu yang dibutuhkan harus daun yang masih pucuk dan diambil pada saat pasang air laut.

Setelah melalui proses pengeringan dan juga perendaman dalam cara membuat pakaian adat Papua ini,  kemudian baju kain rumput akan dipintal atau dianyam secara manual. Di dalam proses menganyam, masyarakat Papua hanya menggunakan kayu sepanjang satu meter yang dipakai untuk mengaitkan ujung ujung tali.

Sebelum itu, Rumput kering ini terlebih dahulu dipilin menjadi satu yang nantinya akan digunakan sebagai karet pada bagian pinggang atau disebut dengan tali. Biasanya masyarakat Papua mematok variasi dengan jumlah minimal sebanyak 2 (dua) tali.

6. Rok Rumbai Papua

Rok Rumbai Papua
RomaDecade

Pakaian adat Papua yang terakhir adalah rok rumbai. Busana ini dikenakan bagi kaum wanita dan dibuat dari tatanan daun sagu yang sudah kering dan nantinya akan dikenakan untuk menutupi pada bagian tubuh tertentu seperti tubuh bagian bawah. Selain dapat dipakai oleh wanita, ternyata Rok rumbia juga bisa digunakan oleh pria.

Pada saat pria mengenakan baju koteka dan wanita memakai rok rumbai, maka mereka sama halnya tidak memakai baju atasan. Kebiasaan dari masyarakat Papua, untuk bagian badan atasan biasanya menyamarkan tubuh mereka dengan menggunakan lukisan atau tato yang terbuat dari tinta alami.

Berbicara soal motif sih sangat beraneka ragam, akan tetapi Cuma boleh seputaran motif flora dan fauna khas dari Papua.

Baca Juga Yuk Simak Pakaian Adat Bangka Belitung Beserta Penjelasannya Terlengkap

Demikian ulasan mengenai Pakaian Adat Papua. Semoga sedikit informasi ini dapat bermanfaat untuk anda semua, terima kasih atas perhatiannya.

Arwan Gunadi

Waktu Akan Menjawabnya

3 Replies to “Pakaian Adat Papua Modern Dan Tradisional Beserta Penjelasannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *