Yuk Simak Pakaian Adat Bangka Belitung Beserta Penjelasannya Terlengkap

Yuk Simak Pakaian Adat Bangka Belitung Beserta Penjelasannya Terlengkap

Pakaian Adat Bangka Belitung – Bangka Belitung merupakan salah satu Provinsi di Indonesia yang memiliki banyak beberapa pulau. Provinsi ini kurang lebih memiliki 2 pulau besar dan 470 pulau kecil. Dimana dibalik pemberian nama Provinsi ini diambil dari nama 2 pulau besar, yaitu pulau Bangka dan Belitung.

Perlu anda ketahui, bahwa dulunya provinsi Bangka Belitung berada pada kondisi yang strategis untuk jalur perdagangan. Dengan demikian, disitu terjadinya aktivitas perdagangan yang melibatkan banyak orang dan juga pendatang baru dari luar daerah, sehingga mempengaruhi tercampurnya budaya masyarakat Bangka Belitung. Misalnya dari segi Pakaian Adat Bangka Belitung.

Baca Juga Yuk Simak Pakaian Adat Bengkulu Dan Penjelasannya Secara Lengkap

Pakaian Adat Bangka Belitung

Pakaian Adat Bangka Belitung
Flying Fam Web Blog

Pakaian adat Bangka Belitung ini biasanya disebut dengan kain cual dan baju seting. Menurut masyarakat Bangka Belitung mengatakan bahwa baju adat Bangka Belitung ini pertama kali dibawa oleh pedagang Arab.

Maka dari itu, baju yang berasal dari Arab ini terbilang menarik dan unik. Dimana masyarakat setempat berinovasi uuntuk mengkombinasikan baju tersebut dengan pakaian asli Bangka Belitung. Akulturasi ini lah yang saat ini menciptakan sebuah karya dari pakaian adat Bangka Belitung.

1. Pakaian Adat Pengantin Pria Bangka Belitung

Tampilan dari Pakaian Adat Bangka Belitung ini bisanya memiliki bentuk seperti jubah panjang dengan warna merah tua. Kemudian Jubah tersebut telah disertai dengan selempang atau selendang yang disampirkan di bagian bahu kanan. Sementara pada bagian bawahannya, busana adat ini mengenakan celana dengan warna yang sama.

Mulai dari baju jubah maupun celana bawahan ini sudah disertai dengan beberapa aksesoris dan motif yang sama halnya seperti pakaian adat Bangka Belitung khusus bagi pengantin wanita.

Bukan hanya itu saja, bahkan pengantin Pria ini mengenakan sandal khas arab atau yang dinamakan dengan pending selop.

Baca Juga Yuk Simak Pakaian Adat Riau Beserta Penjelasannya Terlengkap

2. Baju Adat Pengantin Wanita Bangka Belitung

Pakaian pengantin yang dikenakan oleh khusus kaum Wanita Bangka Belitung ini dinamakan dengan baju seting. Dimana pada umumnya  Baju seting dapat dikombinasikan dengan kain cual untuk bagian bawahannya. Kalau pun baju seting percampuran antar budaya, maka kain cual ini adalah salah satu kain asli khas dari Bangka Belitung.

Dalam pembuatan Baju seting yaitu menggunakan bahan dasar dari kain sutra atau kain beludru. Sementara kain cual atau juga dikenal dengan kain besusur atau kain lasem ini dibuat dengan cara di tenun ikat khas daerah Bangka Belitung.

Tampilan motif yang dipakai oleh kain cual dalam baju adat bangka belitung khusus para kaum pengantin wanita ini terdiri atas dua jenis yaitu motif ruang kosong  (ajnde bekecak) dan motif corak penuh (penganten bekecak).

Agar tampilan baju baju seting dan kain cual terlihat cantik ketika dikenakan oleh pengantin wanita, maka perlu ditambahan beberapa aksesoris  diantaranya adalah :

  • Tambahkan sebuah Mahkota emas yang sudah dilengkapi dengan beberapa ornamen khusus yang bernama paksian.
  • Selanjutnya terdapat penutup dada atau teratai yang dikenakan pada bagian baju.
  • Pada perhiasan bagian kepala mengenakan kembang hong, kuntum cempaka, daun bambu, pagar tenggalung, sari bulan, kembang cempaka dan kembang goyang.
  • Berikutnya ada juga Kalung Anting panjang.
  • Aksesoris yang lain yaitu Sepit udang atau hiasan di samping telinga kiri dan kanan, Gelang Pending untuk ikat pinggang.
  • Terakhir terdapat sebuah hiasan Ronce Melati pada bagian bajunya.

Baca Juga Simak Pakaian Adat Sumatera Barat Pria Dan Wanita Beserta Aksesorisnya

Demikian ulasan mengenai Pakaian Adat Bangka Belitung. Semoga sedikit informasi ini dapat bermanfaat untuk anda semua, terima kasih atas perhatiannya.

Arwan Gunadi

Arwan Gunadi

Waktu Akan Menjawabnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *