Yuk Simak Pakaian Adat Bengkulu Dan Penjelasannya Secara Lengkap

Yuk Simak Pakaian Adat Bengkulu Dan Penjelasannya Secara Lengkap

Pakaian Adat Bengkulu – Sama seperti halnya dengan Provinsi lainnya, Bengkulu adalah salah satu Provinsi di Indonesia yang terletak di Pulau Sumatera. Bengkulu memiliki banyak aneka ragam kebudayaan mulai dari tarian adat hingga pakaiannya.

Berbicara mengenai Pakaian adat, tentunya wilayah ini memiliki baju adat yang khas dan mempunyai daya tarik tersendiri.  Kebudayaan yang berada di Bengkulu ini sudah tercampur dengan budaya Melayu, sehingga teciptanya suatu budaya yang unik dan menarik tentunya.

Tidak menutup kemungkinan bahwa budaya yang berasal dari wilayah ini dapat terkenal ke seluruh Indonesia.

Salah satu budaya yang paling menonjol di Provinsi Bengkulu ini adalah Pakaian adatnya. Wilayah ini memiliki beberapa baju adat yang dapat anda kenakan khusunya masyarakat Bengkulu sendiri. Nah anda penasaran bukan, Apa saja Pakaian Adat Bengkulu ini? Yuk simak secara detail ulasan dibawah ini :

Baca Juga Yuk Simak Pakaian Adat Riau Beserta Penjelasannya Terlengkap

Pakaian Adat Bengkulu

Pakaian Adat Bengkulu
Kalimat ID

Pakaian Adat Bengkulu

Masyarakat yang menghuni Provinsi Bengkulu ini  yaitu terdapat beberapa suku seperti  suku Rejang, Serawai, Lembak dan juga Pekal yang sebetulnya adalah bagian dari sub suku Melayu itu sendiri.

Dengan demikian, budaya yang terdapat di Bengkulu ini condong meyerupai budaya Melayu. Namun, semua itu tentunya ada perbedaannya. Misalnya saja dari Pakaian Adatnya, otomatis busana yang dikenakan ada campuran dari budaya Melayunya.

Pakaian Adat Pria

Pakaian Adat Bengkulu yang dikenakan khusus kaum Pria ini terdiri atas jas, celana panjang, alas kaki dan sudah dilengkapi dengan penutup kepala. Pentup Kepala yang dikenakan Oleh Pria Bengkulu ini memiliki tampilan desain mancung keatas yang sering disebut dengan nama detar.

Selain bebrapa perlengkapan diatas, kaum pria juga meneganakan sarung songket. Dalam pembuatan sarung songket ini yang dengan cara ditenun dengan menggunakan motif emas yang disebut dengan sarung segantung.

Selain itu, pada bagian tangahnya terdapat sebuah hiasan gelang dan juga tambahan sejata tradisional berupa keris yang bertujuan untuk sarana perlindungan diri.

Baca Juga Simak Pakaian Adat Sumatera Barat Pria Dan Wanita Beserta Aksesorisnya

Pakaian Adat Wanita Bengkulu

Pakaian Adat Bengkulu yang dikenakan oleh para kaum Wanita ini biasanya memiliki persamaan dengan pakaian adat Melayu. Terdapat busana adat wanita Bengkulu ini bernama baju kurung lengan panjang, dimana baju tersebut terbuat dari bahan kain beludru.

Dalam pembuatan baju ini telah dilengkapi dengan hiasan yang bermotif sulaman emas dan berbentuk bulat-bulat seperti layaknya lempenagn uang logam. Untuk warnanya sendiri, biasanya menggunakan warna merah tua, lembayung biru dan juga warna hitam. 

Pada bagian bawahannya, para wanita Bengkulu ini mengenakan kain songket berbahan sutera yang dihiasi dengan motif emas. Untuk meningkatkan penampilan kecantikan, maka ditambahkannya dengan beberapa aksesoris lainnya diantaranya adalah :

konde

Konde yang telah dilengkapi dengan tusuk konde, anting atau giwang emas yang berukuran sedikit lebih besar. Selain itu, terdapat juga  sebuah mahkota hiasan kembang goyang yang disematkan pada bagian atas konde para wanita Bengkulu tersebut.

Gelang

Berikutnya terdapat juga perhiasan yang dikenakan pada bagian pergelangan tangan yaitu gelang.

Slop Bersulaman Emas

Aksesoris yang terakhir dikenakan oleh para wanita Bengkulu ini adalah sepasang alas kaki berupa selop yang bersulam emas, dimana sudah di serasikan oleh baju kurung wanita tersebut.

Tujuan dari penambahan semua aksesoris tersebut adalah untuk memperlihatkan agar wanita yang mengenakannya terlihat lebih cantik dan elegan.

Baca Juga Berikut Penjelasan Pakaian Adat Sumatra Utara Berserta Aksesorisnya

Demikian ulasan mengenai Pakaian Adat Bengkulu. Semoga sedikit informasi ini dapat bermanfaat untuk anda semua, terima kasih atas perhatiannya.

Arwan Gunadi

Arwan Gunadi

Waktu Akan Menjawabnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *