Cara Memperbaiki Wifi Yang Tidak Bisa Connect – Seperti yang kita ketahui, dizaman serba online ini. Wifi menjadi salah satu kebutuhan paling penting untuk memudahkan pengguna smartphone, laptop dan pc menjelahi internet tanpa batas. Namun karena semakin banyaknya pengguna wifi, menjadikan wifi terkadang sering mengalami masalah seperti tidak mau terhubung pada smartphone dan pc, lebih parahnya lagi wifi menampilkan keterangan limited access.

Bingung kan? Tenang karena saya sudah pernah mengalami masalah tersebut, jadi sudah tahu harus berbuat apa. Lebih jelasnya yuk simak tips dan trik nya dibawah ini.

Baca Juga Cara Screenshot Laptop Acer Aspire Dengan Benar dan Mudah

Cara Memperbaiki Wifi Tidak Bisa Connect Ke Laptop

cara memperbaiki wifi yang tidak bisa connect pada laptop

Pertama saya akan menjelaskan bagaimana cara memperbaiki wifi yang tidak bisa terhubung ke laptop, seperti apa caranya? Simak step by step dibawah ini.

Restart Router Wifi

Tahap pertama yang harus anda lakukan anda me-restart router wifi, secara umum rounter wifi merupakan perangkat yang bertugas menjalankan fungsi router dan juga titik akses nirkabel, perangkat ini memiliki fungsi sangat penting pada wifi agar dapat mengakses jaringan internet pribadi pada laptop ataupun computer anda.

Jadi untuk mengatasi masalah wifi yang tidak bisa terhubung, salah satunyanya adalah melakukan restart router wifi. Disini anda bisa langsung mematikan router wifi lalu menghidupkannya kembali. Apa bila cara ini masih belum berhasil, maka lanjut ketahap selanjut!

Melakukan Setting IP Address Pada Laptop ( Windows 7, 8, 10)

Apabila cara diatas masih belum berhasil, maka anda perlu melakukan setting IP Address pada laptop masing-masing, dengan cara melihat keterangan pada icon wifi yang berada dikanan bawah layar laptop, jika keterangan muncul tanda seru berwarna kuning, berarti wifi anda tidak bisa mengakses internet sampai tanda seru tersebut hilang.

Untuk mengatasi hal tersebut, anda bisa melakukan setting IP Address pada adapter wifi, biasanya settingan IP Address dilakukan secara otomatis, bagaimana caranya? Simak step by step nya dibawah ini.

  • Pertama anda buka menu Control Panel, caranya klik menu icon windows dibagian kiri bawah kemudia ketik Control panel, lalu klik buka.
  • Setelah berhasil terbuka, pilih menu network anda internet atau network and sharing center tergantung laptop masing-masing. Jika sudah pilih menu adapter setting yang berada dikiri atas layar.
  • Jika sudah, silahkan klik kanan pada Wireless Connection dan pilih Properties
  • Tunggu muncul keterangan internet protocol version 4, jika sudah lanjut dengan mengklik 2 kali.
  • Kemudian pilih menu obtain an IP Address automatically dan Obtain DNS server address automatically.
  • Terakhir klik ok, maka laptop anda sudah berhasil melakukan setting IP Address.

Melakukan Reinstall Driver Wifi Pada Laptop ( Windows 7, 8, 10)

Setelah itu, anda perlu melakukan reinstall driver wifi pada laptop. Bagaimana caranya? Berikut step by step melakukan reinstall driver wifi.

  • Pertama sebelum anda mengaktifkan wifi, klik kana terlebih dulu logo windows yang berada disebelah kiri layar, kemudian pilih Device Manager, lalu pilih driver WiFi yang telah terinstall dalam laptop. Setelah itu klik kanan driver tersebut > uninstall, lalu Restart Laptop kamu.
  • Apabila anda berhasil melakukan uninstall driver wifi, selanjutnya adalah melakukan install ulang. Dengan cara mencari dvd driver perangkat wifi anda.
  • Lalu lakukan install dengan meng-klik tab untuk mengganti Value dari mode 802.1 1n menjadi disabled.

Melakukan Troubleshoot Problem

Cara terakhir memperbaik wifi yang tidak bisa terhubung ke laptop adalah melakukan Troubleshoot Problem. Secara sederhana troubleshoot problem merupakan system perangkat lunak yang akan membantu anda dapat menyelesaikan masalah pada sebuah laptop atau pc. Salah satu hal yang bisa dilakukan oleh perangkat lunak ini adalah memperbaiki masalah pada wifi yang tidak bisa terhubung pada laptop. Bagaimana caranya? Beriku step by step nya calonpengangguran sajikan untuk anda.

  • Seperti tahap selanjut, hal pertama yang harus anda lakukan adalah membuka menu control panel yang berada dibagian windows atau disebelah kiri bawah layar laptop anda.
  • Kemudian pilih View network status and tasks > pilih Troubleshoot Problems.
  • Lalu buka jendela baru dengan meng-klik Internet Connections – Advanced
  • Jika sudah, maka akan muncul keterangan atau perintah “Apply Repairs Automatically”. Jika iya, ceklis perintah tersebut, kemudian klik “Next”
  • Maka secara otomatis anda akan dibawa kejendela penyebab masalah, anda bisa meng-klik Troubleshoot my connection to the internet. Dengan begitu anda dapat melihat apa yang menyebabkan wifi tidak bisa terhubung.
  • Jika sudah, silahkan klik Troubleshoot Problems, tunggu sampai proses selesai. Apabila sudah selesai, wifi anda akan kembali bisa dihubungkan pada laptop atau pc.

Menghapus Cache Wifi

  • Untuk menghapus cache wifi, anda harus mengklik menu “Start Program” pada laptop, setelah itu pilih “Control Panel”
  • Lalu masuk kebagian menu “Control Panel”, Pilih “Network and Internet”
  • Setelah itu, pilih menu “Network and Sharing Center”
  • Jika anda sudah berhasil masuk kedalam menu “Network and Sharing Center”, klik bagian “Manage Wireless Networks”
  • Setelah itu, anda akan dibawa masuk kedalam “Manage Wireless Networks”,

Setelah itu anda akan ditunjukan beberapa cache atau sampah selama menggunakan wifi tersebut. Disini anda bisa menghapus semua cache dengan begitu masalah pada wifi yang tidak bisa terhubung akan diatas.

Semua cara diatas dapat anda ikuti untuk mengatasi masalah wifi yang tidak bisa terhubung pada laptop anda. Selamat mencoba!

Baca Juga Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Tidak Berfungsi

Cara Memperbaiki Wifi Tidak Bisa Connect Ke Hp

cara memperbaiki wifi yang tidak bisa connect ke hp

Selain menjelaskan mengatasi masalah wifi yang tidak bisa terhubung pada laptop, calonpengangguran juga akan menyajikan cara mengatasi masalah wifi yang tidak bisa terhubung pada hp. Bagaimana caranya? Berikut step by step yang bisa anda ikuti.

Melakukan Pengaturan Ulang waktu dan Tanggal

Pertama anda bisa melakukan pengaturan ulang waktu dan tanggal pada hp, selain itu anda juga harus mengatur ulang modem router wifi. Apabila sudah dilakukan, coba hubungkan kembali wifi pada hp. Jika tahap ini belum berhasil, silahkan lanjut kecara lainnya dibawah ini.

Coba putuskan dengan lupakan (forget) koneksi Wifi

Cara selanjutnya adalah memutuskan hubungan jaringan wifi pada hp, anda tinggal membuka menu wifi dipengaturan, lalu pilih wifi yang akan diputus. Kemudian klik dua kali, lalu pilih menu lupakan jaringan. Jika sudah coba hubungkan kembali wifi, kemudian coba mengakses internet.

Masalah Antivirus

Selain cara diatas, anda bisa menghapus aplikasi antivirus yang terinstall pada hp masing-masing. Karena sebagian aplikasi anti virus dapat mengganggu koneksi wifi, maka dari perlu dilakukan uninstall aplikasi tersebut. Jika sudah coba menghubungkan kembali wifi, apabila wifi berhasil terhubung dan internet dapat diakses maka penyebabnya adalah aplikasi tersebut, jika tidak maka bukan itu masalahnya.

Hapus cache android kemudian lakukan Reboot

Sama halnya dengan mengatasi masalah wifi yang tidak bisa terhubung pada laptop, ternyata menghapus cache juga dapat mengatasi masalah wifi pada hp anda. Untuk menghapus cache tersebut anda bisa menggunakan bantuan aplikasi Clean Master. Jika tidak ada, anda juga bisa menggunakan aplikasi lain sejenisnya.

Menggunakan aplikasi pihak ke tiga

Apabila semua cara diatas tidak mampu mengatasi masalah wifi yang tidak bisa connect pada hp, maka anda bisa menggunakan bantuan aplikasi ketiga. Aplikasi tersebut adalah wifi fixer, dengan menggunakan aplikasi ini anda akan dimudahkan dalam menganalisa serta memperbaiki masalah koneksi wifi. Caranya anda tinggal membuka aplikasi tersebut, lalu lakukan repair dengan mengecek beberapa kelemahan beberapa sistem pada komponen smartphone.

Penyebab Wifi Tidak Mau Terhubung

Diatas sudah calonpenggangguran jelaskan beberapa cara memperbaiki wifi yang tidak bisa terhubung. Tentu anda penasaran bukan apa yang menyebabkan wifii tidak mau terhubung? Maka dari itu calonpengangguran akan menjelaskan beberapa penyebabnya dibawah ini

Adapter Wifi Eror

Salah satu penyebab paling mendasarkan wifi tidak mau terhubung adalah adapter mengalami eror, seperti halnya yang sudah saya alami beberapa waktu lalu. Meski adapter terlihat dalam kondisi baik-baik saja, namun tidak mau terhubung kemungkinan besar disebabkan oleh adapternya. Cara termudah untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mematikan dan menghidupkan kembali adapter, apabila masih belum bisa saya sarankan untuk menghubungi pihak wifi di daerah anda masing-masing.

Driver Adapter Wifi Bermasalah

Penyebab kedua adalah driver adapter wifi bermasalah, hal ini ditandai wifi mau terhubung namun tidak bisa mengakses internet. Untuk mengatasi hal ini, anda bisa melakukan install ulang driver wifi. 

Keterangan Limited Access

Terakhir adalah wifi menampilkan keterangan limited access, disebabkan oleh dua hal yaitu IP Address sudah habis masa pemakaian dan jangkau laptop atau smartphone terlalu jauh dari adapter. Untuk mengatasi masalah ini anda bisa mematikan dan menghidupkan kembali wifi dan menghubungi pihak wifi agar segera diatas masalah tersebut.

Demikian ulasan singkat dari calonpengangguran tentang Cara Memperbaik Wifi Yang Tidak Bisa Connect, semoga sedikit informasi ini dapat bermanfaat untuk anda semua dan terima kasih atas perhatiannya.

Baca Juga Cara Memperbaiki Flashdisk Rusak dan Tidak Bisa Terbaca