Kurs Mata Uang Asing: Pengertian, Sistem, Fungsi dan Jenis

Kurs Mata Uang Asing – Apa itu kurs? Sebagian besar dari kita tentu sering mendengar kata tersebut, namun masih sering menyalah arti kata kurs. Secara sederhana kurs berfungsi sebagai alat tukar menukar barang dan jasa dalam jangkauan lebih luas yakni Negara dengan Negara.

Sedangkan pengertian kurs sendiri adalah harga atau nilai mata uang suatu Negara yang diukur berdasarkan mata uang Negara yang hendak berbelanja barang ke negera lain, lalu valuta asing adalah nilai mata uang suatu Negara itu sendiri.

mata uang asing

Sistem Kurs Valuta Asing

Umumnya ada beberapa cara yang dilakukan oleh pemerintah suatu Negara untuk menentukan nilai tukar mata uang asing, apa saja caranya? Berikut penjelasannya.

Sistem Kurs Tetap ( Fixed Exchange Rate)

Pengertian dari system kurs tetap adalah suatu kondisi nilai tukar mata uang domestic Negara yang ditentukan oleh pemerintah, oleh karena itu pemerintah memegang kuasa penuh dalam melakukan kebijakan dan mengatur nilai mata uang pada harga tertentu. Selain itu pemerintah juga memegang kuasa ketika terjadi fluktuasi harga untuk merendam nilai mata uang agar tetap stabil atau dengan kata lain diintervensi.

Disini pihak bank sentral suatu Negara juga memiliki peran aktif dalam setiap transaksi, namun tingkatnya masih rendah dibandingkan pemerintah karena bank sentral tidak dapat merubah nilai mata uang tanpa persetujuan pemerintah. Apabila pihak bank sentral melakukan penyimpanan maka akan diberi sanksi oleh pemerintah.

Sistem Kurs Bebas/Mengambang (Floating Exchange Rate)

Pengertian dari system kurs mata uang asing bebas adalah nilai mata uang kurs suatu negara dipengaruhi oleh tawaran mata uang asing, maka dari itu pemerintah tidak akan ikut campur dalam menentukan kurs mata uang yang hendak ditukar.

Ketika proses penukaran, besarnya nilai tukar akan diserah pada pihak mekanisme pasar. Maka secara sederhananya nilai kurs ditentukan oleh pihak penawar dari mata uang asing tersebut.

Sistem Kurs Mengambang Terkendali atau Terkontrol (Floating Exchange Rate)

Pengertian kurs mengambang terkendali adalah pihak pemerintah dan pasar memiliki peran yang sama- sama penting untuk menentukan kurs suatu Negara. Oleh karena itu nilai kurs sering mengalami kenaikan dan penurunan secara tiba-tiba. Pihak pemerintah selain menentukan kurs juga memiliki hak untuk mengatasi apabila kurs mengalami kenaikan secara tajam.

Hal yang dilakukan pemerintah seperti :

  • Mengambang Kotor (Dirty Floating)

Artinya pihak pemerintah akan melakukan intervensi secara langsung dengan cara menjual atau membeli valuta asing.

  • Mengambang Bersih (Clean Floating)

Pemerintah melakukan intervensi secara tidak langsung, misal dengan mengatur suku bunga.

Fungsi Valuta Asing

mata uang asing

Alat Tukar dan Pembayaran Internasional

Seperti penjelasan penulis diatas, bahwa valuta asing berfungsi sebagai alat tukar internasional, disini antara Negara melakukan tukar menukar barang dan jasa contohnya Negara China melakukan impor besi dari Negara Amerika, maka pihak China harus membayar pihak Amerika dengan mata uang Dollar.

Alat Pengendali Kurs

Seperti yang kita tahu kalau nilai mata uang asing sering tidak stabil. Maka dari itu valuta asing memiliki peran untuk mengatur mata uang suatu Negara agar tetap stabil.

Alat Memperlancar Perdagangan Internasional 

Karena adanya valuta asing dapat mempermudah proses berbelanja ke Negara lain dengan cepat tanpa terkendala perbedaan mata uang lagi.

Jenis Kurs Valuta Asing

  • Kurs Jual

Artinya adalah harga dari mata uang diberikan oleh pihak bank untuk pembeli

  • Kurs Beli

Artinya harga dari mata uang yang diberikan oleh pihak bank untuk penukar.

  • Kurs Tengah

Artinya harga dari mata uang yang diberikan oleh pihak bank untuk penjual dan pembeli.

Demikian ulasan singkat dari calonpengangguran mengenai Kurs Mata Uang Asing, semoga sedikit penjelasan singkat ini dapat bermanfaat untuk anda semua dan terima kasih atas perhatiannya.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *