Cara menghilangkan Virus di Laptop – Virus komputer atau dalam Bahasa bahsa gaulnya malware adalah salah satu program yang sering meresakkan dan membawa dampak negatif bagi penggguna. Berbicara  mengenai Virus yang menginfeksi beberapa sistem dan program pada computer maupun laptop sudah menjadi  masalah besar yang menakutkan bagi sebagian besar pengguna laptop.

Mengapa demikian? Karena jika laptop terkena virus dapat menimbulkan efek terhdap laptop seperti hilangnya data – data pribadi yang penting, dan masih banyak kerugian lainnya. Oleh karena itu, beradasarkan problem diatas saya sebagai penilis ArwanBlogger ingin memberikan solusi bagaimana cara menghilangkan virus di Laptop secara tepat dan mudah.

Sebelum membahas lebih dalam mengenai cara menghilangkan virus di Laptop alangkah baiknya anda menyimak ulasan mengenai kenapa virus-virus tersebut dapat masuk ke dalam komputer maupun laptop anada, yuk simak ulasannya berikut ini :

Baca Juga CARA AGAR BATERAI LAPTOP AWET DAN CARA MENGHEMAT BATERAI LAPTOP

Inilah Cara Masuknya Virus Masuk Kedalam Perangkat Komputer

  1. Virus dapat masuk kedalam laptop anda dikarenakan anda sembarangan menginstall software atau file.
  2. Virus dapat masuk juga saat melakukan proses download fil maupun lagu.
  3. Virus dapat masuk ke perangkat laptop juga di timbulkan saat membuka file shortcut dari flashdisk.
  4. Selain itu, anda sering membuka situs yang dilarang atau mencurigakan.
  5. Berikutya anda lalai dalam memperbarui aplikasi antivirus.
  6. Apabila di dalam perangkap laptop anda tidak ada aplikasi antivirus, maka dipastikan saat mencolok flashdisk ke USB virus dapat mudah masuk dan menginfeksi program dan sistem.

Setelah menegtahui bagaimana virus bisa masuk ke dalam perangkap computer anda, lanjut dala m pembahasan jenis-jenis virus yang sering menginfeksi laptop anda. Simak ulasanya dibawah ini :

Jenis Virus Laptop

1. Worm

Worm adalah salah satu jenis virus pada laptop yang dapat berkembang tanpa membutuhkan saluran khusus dari penggunanya. Virus ini sering masuk karena kiriman lampiran email yang diterima terhadap seorang pengguna komputer, pada saat file tersebut dijalankan maka virus komputer jenis worm ini mulai menyebar pada perangkat pengguna tersebut.

2. Spyware

Spyware adalah sejenis program virus yang dapat mengunduh dengan sendirinya pada perangkat computer yang terlah terinfeksi tanpa sepengetahuan si pengguna. Dimana cara kerja dari program virus ini yaitu melakukan perubahan konfigurasi komputer maupun memusatkan data – data pribadi milik si pengguna.

3. Trojan

Virus Trojan adalah jenis virus yang mampu menghilangkan dirinya sendiri di dalam program lainya yang berada pada perangkat.

4. Memory Resident virus

Memory Resident Virus adalah jenis virus yang menyerang pada perangkat RAM, sehingga virus ini terdapat di dalam memori komputer. Jika Sistem Operasi  pada computer di hidupkan, maka  Memory Resident Virus akan aktif.

Dengan kemunculan virus ini, maka kerja maupun program computer akan terhambat dan terganggu yang semestinya berjalan secara normal. Terhambatnya program kompter tersebut seperti sistem operasi komputer menjadi lemot.

5. Web scripting virus

Web Scripting Virus merupakan kode program yang difungsikan sebagai menata dan memperindah tampilan konten di dalam website. Akan tetapi, dari kode tersebut justru akan mengganggu jalannya program. Virus ini akan timbul apabila terhubung jaringan internet.

Untuk mengatasi hal tersebut, anda dapat melakukan penginstall Microsoft tool bawaan windows. Kemudian lakukan scan secara teratur dengan menggunakan aplikasi ini, maka virus ini dapat dihilangkan.

6. Multipartite virus

Virus ini sama halnya menyerupai dengan memory resident virus yaitu jenis virus yang terdapat pada komputer ini bersembunyi dalam RAM dan nantinya akan menyerang  sistem operasi khusus, lalu merambah ke bagian hardisk. Untuk mengatasi hal itu, maka anda cukup membersihkan bad sector dan lakukan disk defragmenter (jika menggunakan OS windows).

7. FAT (File Allocation Table) virus

FAT  merupakan jenis virus yang menyerang serta merusak file dan umumnya virus ini akan bersembunyi di tempat penyimpanan data anda. Keunggulan dari virus ini mampu menyembunyikan file penting kita, dengan demikian seolah-olah file tersebut hilang karena sulit untuk kita cari.

Untuk mengatasi hal ini maka cermati dan perhatikan data yang tersimpan di dalam hardisk. Jika terdapat file yang tidak pernah kita buat untuk disimpan, maka otomatis itu merupakan FAT virus.

8. Companion virus

Companion virus adalah jenis virus yang tujuannya untuk merusak data pribadi anda. Biasanya keberadaan virus ini akan bersembunyi pada bagain dalam hardisk. Companion virus mampu memanipulasi ekstensi yang beda dari ekstensi file yang original.

Untuk mengatasi agar virus ini tidak bisa merusak data pribadi, maka install lah scan antivirus dan anda juga bisa download firewall.

9. Polymorpic virus

Polymorpic virus adalah jenis virus yang dapat mengubah dirinya sendiri, sehingga sulit terdeteksi oleh beberapa program anti virus konvensional. Virus ini menyerang pada program sistem yang terdapat di dalam computer. Untuk menghilangkan virus ini anda cukup menginstall antivirus high end.

10. Directory virus

Directory virus adalah jenis virus yang menyerang pada file dengan ekstensi (keberadaan) exe ataupun com, kemudian file itu akan dipindahkan sehingga pada saat file tersebut dipanggil untuk dijalankan, maka secara otomatis virus akan menginfeksi sistem dan virus tersebut juga terdeteksi.

Untuk mengatasi virus ini, maka lakukan format dan install keseluruhan program dan Sistem Operasi pada computer anda.

11. Macro virus

Marco Virus merupakan jenis virus yang terdapat pada computer, dimana viris ini mampu menginfeksi file makro seperti doc, Xls, Pps dan Mdb. Selain itu dapat juga menginfeksi email yang bersi dokumen penting.

Virus ini dibuat dari bahasa pemrograman suatu aplikasi bukannya bahasa pemrograman suatu sistem operasi. Contoh macro yang terdapat di dalam microsoft word. Untuk mngatasi virus ini yaitu dengan cara mencegah membuka email yang tidak dikenal dan mematikan program makro.

12. Boot sector virus

Boot sector virus merupakan salah satu jenis virus pada computer yang dapat menginfeksi bagian terkecil dalam hardisk (sektor boot). Letak dari Boot sector virus sering bersembunyi dalam floppy disk, sehingga pada saat sistem berjalan virus ini mampu berpindah kemana pun untuk menginfeksi sistem. Misalnya Polyboot.B, Anti EXE.

Untuk menghilangkan virus ini dari laptop ataupun computer anda, cukup dengan mematikan flopy disk ketika posisi write protect.

13. Overwrite viruses

Overwrite virus merupakan jenis virus yang memiliki kualitas untuk menghapus file maupun data pribadi yang terinfeksi tanpa mengubah ukuran file itu sendiri, sehingga si pengguna akan merasa curiga dengan keberadaannya. Misalnya Way, Trj.Reboot, Trival.88.D. Untuk menghilangkas virus ini dari computer anda yaitu dengan cara membersihkan file yang terinfeksi oleh virus.

14. Direct action viruses

Direct Action Virus merupakan sebuah virus yang mampu menginfeksi jenis file AUTOXEC BAT yang terletak pada directory hardisk. Virus ini akan bereaksi ketika sistem operasi pada computer berjalan dan virus ini akan menginfeksi perangkka eksternal seperti flashdisk dan hardisk eksternal. Contihnya yaitu Vienna. Untuk memebersihkan virus ini yaitu dengan cara menginstall scan antivirus.

Setelah mengetahui beberapa Jenis Virus yang menginfeksi computer anda, lanjut ke pembahasan cara menghilangkan virus di Laptop.

Cara Menghilangkan Virus di Laptop

koranindonesia.id

Berikut ini cara menghilangkan virus yang sudah bersarang di dalam perangkat? Simak penjelasannya dibawah ini :

1. Gunakan Command Prompt (cmd)

Command Prmpt merupakan sebuah jendela Windows yang berfungsi sebagai identifikasi asal usul yang terdapat pada Sistem Operasi pada windows, Dimana dengan memanfaatkan Command Prompt, anda tidak perlu menginstall aplikasi anti virus sebelumnya.  Penasaran? Yuk simak penjelasan dibawah ini mengenai Cara menghilangkan virus di laptop dengan menggunakan Command Prompt (Cmd) :

  • Langkah awal, klik Start > ketik cmd  > klik kanan untuk menjalankan sebagai administrator > Run as administrator
  • Apablia yang akan anda tuju adalah drive D, maka ketik dir D: attrib -s -h /s /d > tekan enter. Sementara kalau ingin mengecek drive selain D, maka tinggal ganti saja huruf D dengan lokasi drive yang akan anda periksa. 
  • Selanjutnya, maka command prompt akan menuju drive yang dipilih dan memuat semua file pada drive tersebut. 
  • Selanjutnya, carilah file yang menurut anda jarang terlihat atau asing dengan format .EXE, maksudnya yaitu anda tidak pernah menginstall file tersebut sebelumnya, hapus melalui command prompt ini. 
  • Apabila file itu tidak dapat dihapus, maka anda dapat search (cari) melalui Run, jika sudah ditemukan lalu hapus file tersebut.
  • Untuk menghapus file itu, anda dapat memakai REGEDIT yaitu dengan cara Start > Run > Regedit > Edit > Find > lalu masukkan nama file virus yang anda temukan di command prompt, dan hapus seluruh  registry yang tidak penting serta folder. 

2. Gunakan Task Manager

Task Manager merupakan salah satu aplikasi yang disediakan oleh Microsoft Windows yang bertujuan untuk melakukan ataupun menghentikan suatu aplikasi dan proses sedang berjalan. Fungsi dari Task Manager salah satunya untuk menndeteksi serta menghilangkan virus pada Laptop anda.

Jadi dengan adanya aplikasi ini anda tidak perlu mengintall aplikasi anti virus. Penasaran? Bagaimana cara menghilangkan virus di Laptop dengan menggunakan Task Manager, mari simak penjelasannya berikut ini :

  • Langkah awal,  buka task manager dengan cara tekan CTRL + SHIFT + ESCAPE. Lihat, jika terdapat layanan yang mencurigakan, segera matikan! 
  • Selanjutnya jalankan MSConfig
  • Jika telah masuk ke dalam System Configuration > masuklah ke opsi Service. Disini anda diwajibkan untuk membersihkan seluruh kolom centang yang mencurigakan. Contoh, terdapat aplikasi yang mencurigakan atau tidak pernah anda pasang di Laptop tetapi tercantum di pilihan tersebut. 
  • Berikutnya klik Startup. Nah disini anda akan diperlihatkan file yang menurut anda mencurigakan. JIka terdapat file yang mencurigakan tandai saja.
  • Terakhir buka command prompt, lalu cari file dengan nama yang mencurigakan. Hapus file tersebut melalui CMD, caranya hampir sama dengan yang pertama diatas tadi.

3. Gunakan Antivirus

Antivirus merupakan sejenis software yang diciptakan untuk pengamanan, mendeteksi, dan membersihkan virus pada computer dari sistem komputer. Software yang satu ini sangat membantu anda dalam mendeteksi dan menghilangkan virus pada computer maupun laptop.

Cara kerja dari program ini yaitu mengakses dari latar belakang dan melakukan pemindahan tehadap semua berkas yang diakses. Banyak sekali antivirus yang dapat anda install pada laptop anda seperti Smadav, Avast, AVG, Avira, Norton, Kaspersky, Comodo Antivirus dan lain-lain.

Dari beberapa antivirus yang saya sebutkan diatas, gunakanlah satu ativirus yang menurut anda paling bisa diandalkan dan jangan luppa untuk melakukan pembaharuan (update) secara rutin, serta lakukan scaning dengan menjalankan antivirus.

Hal ini bertujuan untuk menjaga agar virus yang menyusup, maka antivirus akan mendeteksi dan menghapus file – file jahat tersebut. Dengan adanya kemajuan teknologi, antivirus yang baru-baru diciptakan saat ini bukan hanya mendeteksi virus saja, melainkan mampu mendeteksi perangkat pengintai, kit-akar, dan perangkat perusak lainnya serta dapat membuat virus.

4. Format Partisi

Cara menghilangkan Virus di Laptop berikutnya anda dapat melakukan format Partisi yang anda curigai terinfeksi virus. Namun cara ini ada resikonya dan kurang menjamin kesuksesan yang dapat anda raih dalam memebersihkan virus. Walaupun begitu, dengan melakukan format partisi dapat membersihkan virus yang terdapat pada flashdisk atau memory card.

5. Virus Shortcut

Virus Shortcut adalah salah satu jenis virus yang sering menginfeksi laptop anda karena penyebaran virus ini sangat cepat dan sulit terdeteksi oleh pengguna. Untuk cara kerja virus ini sendri yaitu dengan menyembunyikan file original maupun file dalam flashdisk dan menjadikan duplikasi dari file yang disembunyikan dalam bentuk shortcut.

Nah jadi bagaimana cara kita menegetahui jika laptop terinfeksi oleh virus shortcut? Berikut ini simak ulasan berikut ini :

  • Apabila laptop anda terjangkit virus shortcut, maka di MyDocument terdapat sebuah file induk dari virus ini dengan nama database.mdb.
  • Selain itu tiap drive dan folder terdapat juga file dengan nama autorun.inf.
  • Pada setiap folder Virus ini juga menciptakan file dengan nama Microsoft.ink dan extensi.ink.
  • Anda dapat memeriksanya melalui Task Manager dengan menekan Ctrl+Alt+Del, kemudian kalua ada file dengan nama wscript.exe maka langsung matikan.

Cara menghilangkan virus di Laptop dengan menggunakan shortcut :

  1. Pertama, Masukkan flashdisk ke USB komputer terlebih dahulu
  2. Berikutnya buka command prompt (CMD) dengan cara menekan tombol simbol Windows + R
  3. Apabila telah masuk ke halaman command prompt, kemudian cek posisi flashdisk. Misal Flashdisk berada di partisi G, maka anda harus mengetikkan G. Kemudian enter. 
  4. Setelah itu, masukan perintah attrib -s -h -r -a * . * /s /d dan tunggu proses sampai selesai. 
  5. Terahir, pengecekan flashdisk, jika sudah kembali normal? maka bersihkan folder yang menurut anda aneh dan mencurigakan.

6. Install Ulang

Install ulang merupakan opsi terakhir untuk mengeksikusi virus agar hilang pada perangkat laptop. Jika virus anda tidak di hilangkan dengan menggunakan bebrapa cara diatas tersebut dan virus yang menginfeksi pada laptop terlalu parah, maka Install ulang meripakan solusi terbaik dan terakhir untuk mengatasinya.

Sebelum mengeksekusi install ulaang, sebaiknya anda mem membackup data – data penting dari laptop. Hal ini bertujuan agar data penting maupun pribadi pada laptop tidak ikut terhapus.

Nah itu lah beberapa cara menghilangkan virus di Laptop secara tepat dan mudah, pembahasan berikutnya ada beberapa aplikasi antivirus yang dapat anda Install di laptop. Hali ini untuk mencegah masuknya virus ke dalam perangkat computer anda, simak ulasan berikut ini :

Baca Juga CARA SCREENSHOT LAPTOP ACER ASPIRE DENGAN BENAR DAN MUDAH

7 Aplikasi Anti Virus Free Pada Laptop Yang Sering Digunakan

7 Aplikasi Anti Virus Free Pada Laptop Yang Sering Digunakan
IDN Times

1. Avast Free Antivirus 2017

Avast Free Antivirus 2017 merupakan salah satu aplikasi Antivirus tanpa prabayar ini dapat menghilangkan virus bandel di laptop. Untuk menginstall aplikasi ini cukup mudah sekali kok dan cocok bagi anda yang baru pertama menggunakannya.

Avast juga sangat cocok digunakan untuk SiStem Operasi seperti OS Windows (Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8 dan Windows 10). Jika terdapat kendala dalam Avast, maka antivirus ini menyediakan forum online yang siap siaga memberikan dan membantu anda untuk menyelesaikan masalah tersebut.

2. AVG AntiVirus Free (2017)

Berikutnya terdapat antivirus yang ampuh menghilangkan virus membandael pada laptop anda yakni AVG AntiVirus. Jika anda menginstall aplikasi ini, maka secara gratis dapat menghentikan pergerakan aktivitas virus, spyware atau malware di laptop anda.

Selain itu, AVG juga meilindungi disetiap link yang terindikasi berbahaya di setiap situs yang sedang anda kunjungi maupun sosial media. Saat ini AVG  telah menyediakan versi untuk OS Windows, Mac dan juga Android.

3. Bitdefender Antivirus Free Edition (2017)

Bitdefender adalah sebuah aolikasi antivirus yang mampu mengatasi dan melindungi dari serangan virus dan malware dengan basis Internet. Saat ini aplikasi antivirus Bitdefender merupakan yang paling opuler dan banyak di install oleh pengguna PC maupun laptop. Karena disini anda disuguhkan secara gratis, antivirus versi gratis ini diklaim anti-malware dan  antipishing.

Selain itu, Bitdefender mengaplikasikan real-time protection dan autopilot, hal ini bertujuan untuk kenyamanan layanan bagi si pengguna. Biasanya aplikasi ini aplikasi ini begitu kompatibel dengan Sistem Operasi berbasis Windows, akan tetapi saat ini Bitdefender cocok dipakai oleh Sistem Operasi berbasis Mac OS, Android dan tablet berbasis Android.

4. Check Point ZoneAlarm Free Antivirus+ 2017

Ketika anda sedang menghubungkan perangkat laptop ke koneksi Internet, sebaiknya gunakan antivirus unuk melindungi Laptop anda dari infeksi virus yang tak diharapkan. Anda dapat menggunakan antivirus bernama Check Point ZoneAlarm Free Antivirus+ 2017.

Bagi anda pengguna Sistem Operasi berbasis Windows 7/8/10, Vista dan XP, antivirus satu ini kompitabel untuk laptop anda. Fungsi dari antivirus ini salah satunya untuk melindungi laptop maupun PC dari infeksi virus dan juga malware.

Bukan hanya melindungi, akan teteapi dapat memblokir hacker yang jahil ingin mengakses laptop dan PC-mu, sehingga  file pribadimu aman terlindungi dengan baik.

5. Sophos Home

Sesuai dengan namaanya Sophos Home merupakan antivirus yang dapat melindungi laptop maupun komputer secara keseluruhan yang ada di rumah dari infeksi virus dan malware membandel.

Fungsi dari antivirus ini bukan hanya melindungi, namun dapat memblokir situs terlarang ketika anda mengakses internet di dunia maya. Antivirus ini kompatibel terhadap Sistem Operasi berbasis Windows dan Mac OS serta dappat melindungi sampai 10 perangkat sekaligus.

6. Avira Antivirus (2017)

Antivirus berukutnya yang dapat anda Install di laptop atau PC adalah Avira. Setelah di install anda bisa menggunakan aplikasi ini sebagai pelindung dari serangan virus dan juga malware. Avira sangat rekomedasi digunakan untuk anda yang memiliki Sistem Operasi berbasis OS Windows dan juga perangkat mobile berbasis Android.

7. Comodo Antivirus 10

Selain Avira, ternyata Comodo Antivirus 10 ini sangat cocok untuk anda yang menggunakan laptop berbasis Windows. Fungsi dari Comodo ini uitu sebagai perlindungan laptop dan PC dari serangan malware dengan cara men-scanning baik on-demand maupun on-access. Selain itu Antivirus ini juga menyediakan phising protection dan malicious URL blocking.

Demikian pembahasan kali ini mengenai Cara Menghilangkan Virus di Laptop, jenis-jenis virus dan aplikasi antivirus, semoga dapat jadi bahan referensi dan bermanfaat untuk anda semuanya. Saya ucapkan sekian dan selamat mencoba.

CARA MEMPERBAIKI KEYBOARD LAPTOP TIDAK BERFUNGSI