sariawan disebabkan oleh

Sariawan Disebabkan Oleh Apa dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Sariawan Disebabkan Oleh? Timbulnya sariawan di area mulut dan diluar sering membuat rasa tidak nyaman penderita. Secara sederhana sariawan dapat diartikan sebagai luka yang ada di dalam ataupun luar mulut yang menimbulkan rasa sakit. Untuk penyebab sariawan sendiri sangat beragam, dan yang paling sering dialami oleh banyak orang disebabkan karena adanya peradangan di area mulut.

Untuk lebih jelasnya saya selaku penulis di situs calonpengangguran akan berbagi informasi mengenai sariawan disebabkan oleh apa dan cara mengatasinya sebagai berikut:

Sariawan disebabkan Oleh?

sariawan disebabkan oleh

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, bahwa penyebab timbulnya sariawan karena adanya peradangan di area mulut atau stomatitis. Kemudian stomatitis sendiri memiliki dua jenis diantaranya:

Canker sores

Jenis stomatitis yang satu ini merupakan jenis yang paling sering dialami oleh banyak orang, umumnya sariawan ini akan sembuh sendiri dalam waktu satu sampai dua minggu dan tidak bersifat menular. Penyebabnya sendiri mulai dari kurangannya asupan nutrisi misalnya vitamin atau zat tertentu, oversensitivitas terhadap makanan tertentu, atau luka akibat tergigit.

Cold sores

Kemudia jenis stomatitis kedua adalah Cold sores, penyebabnya dari sariawan jenis ini adalah terinfeksi virus herpes tipe 1 dan dapat menular. Beda halnya dengan jenis Canker yang menyerang area mulut, jenis ini menyerang organ luar mulut diantaranya dagu, bagian bawah hidung, atau sariawan di bibir luar.

Bagaimana Gejala Stomatitis?

Sebelum seseorang mengetahui penyakit apa yang menyerang mereka, tentu diawal dengan adanya gejala. Sama halnya dengan stomatitis yang juga memiliki gejala, akan tetapi setiap stomatitis memiliki gejala awal yang berbeda-beda diantaranya:

Gejala canker sores

Bagi penderita Canker sores pasti akan merasakan gejala awal seperti timbul luka di area mulut berbentuk bulat atau oval, dangkal, dan berwarna putih, dibatasi lingkaran kemerahan tanda adanya inflamasi. Ulkus atau ulcer umunya timbul di bagian bawah lidah, gusi, atau langit-langit mulut, terasa nyeri sehingga penderita akan sulit makan. Tapi penderita tidak perlu khawatir karena jenis sariawan ini dapat sembuh dengan sendirinya dalah waktu satu sampai dua minggu apabila tingkat penyakitnya minor, sedang tingkat mayor dapat sembuh dalam waktu enam mingguan.

Gejala cold sores

Sementara untuk penderita sariawan jenis Cold Sores akan mengalami gejala awal seperti timbulnya luka atau ulkus bergerombol di dalam atau diluar mulut yang tidak beraturan dan dalam jumlah banyak. Umumnya luka tersebut merupakan benjolan yang berisi cairan yang mudah pecah. Selain itu, penderita akan mengalami demam tinggi, pembengkakan gusi, produksi air liur berlebih, sehingga akan sulit  makan dan menelan sesuatu. Karena itulah penderita akan lebih mudah terkena dehidrasi, dan risiko infeksi sekunder.

Bagaimana Cara Mengatasinya?

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, bagi penderita sariawan canker sores tidak perlu merasa khawatir, karena jenis ini dapat sembuh dengan sendirinya dalam waktu beberapa minggu atau bulan tergantu tingkat keparahannya. Yang perlu dikhawatirkan adalah penderita Sariawan Cold Sore, karena diperlukan penangan yang lebih serius dengan memeriksakan diri kedokter dan membeli obat antivirus agar luka yang terinfeksi dapat disembukan lebih cepat.

Selain melakukan pemeriksaan kedokter, saya akan memberikan beberapa saran yang bisa anda coba agar proses penyembuhan dapat lebih cepat. Bagaimana caranya? Berikut ini penjelasannya:

  • Lebih sering memperhatikan kesehatan dan kebersihan gigi dan mulut.
  • Terapkan pola hidup sehat seperti perbanyak mengkonsumsi makanan bergizi yang mengandung vitamin B12, asam folat, dan zat besi.
  • Ketika sedang makan usahakan untuk lebih hati-hati ketika mengunyah makanan.
  • Ketika sedang menyikat gigi juga lebih hati-hati agar jaringan yang lunak diarea mulut tidak terluka.
  • Banyak minum air putih.
  • Hindari kontak fisik dengan orang yang sedang menderita cold sores.
  • Cuci tangan Anda secara berkala.

Demikian ulasan singkat calonpengangguran mengenai penyebab, gejala dan cara mengatasi sariawan, semoga sedikit penjelasan ini dapat bermanfaat untuk anda dan terima kasih atas perhatiannya.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *