Situs Yang Menyajikan Artikel Teknologi, Fotografer, Kuliner, Budaya dan Artikel Menarik Lainnya

Cara Membuat Landscape di Word Tanpa Ribet, Klik Disini!

Cara Membuat Landscape di Word – Microsoft Word adalah salah satu software pengolahan data berupa huruf atau tulisan terbaik dan terpopuler di dunia. Pada perangkat lunak satu ini, banyak sekali menu dan fitur yang bisa kamu gunakan untuk membantu menyelesaikan pekerjaan kantor atau tugas kuliah.

Dalam penggunaannya pun sangat mudah sekali, sehingga bagi pemula juga bisa menggunakannya. Microsoft Word sendiri menyediakan dua bentuk halaman penulisan, yaitu potrait dan landscape.

Halaman potrait adalah halaman yang bentuknya tegak atau berdiri (Vertikal) dan merupakan halaman default ketika kamu membuka aplikasi word. Sementara landscape adalah halaman yang formatnya menyamping (Horizontal).

Untuk mengubah halaman portrait ke landscape atau membuat halaman landscape secara langsung itu sebenenarya tidak sulit. Dimana pihak Mc. Word juga sudah menyediakan menu tersendiri. Jika teman-teman masih belum ada yang tahu dan merasa bingung, mari ikuti pembahasan ini hingga selesai. Cekidot!

Cara Mengubah Halaman Potrait Menjadi Landscape di Word

Cara Membuat Landscape di Word

Seperti yang sudah saya katakana diatas, untuk mengubah format halaman Ms Word ini dari potrait menjadi landscape dan sebaliknya tidaklah sulit. Mari ikuti langkah-langkah berikut ini :    

  1. Tahap awal yang perlu dilakukan adalah membuka aplikasi Microsoft Word di Laptop/PC kamu masing-masing. Kemudian kamu akan di tampilkan halaman utama Word, dimana banyak sekali fitur dan menu yang disediakan disana.
  2. Setelah itu klik menu Page Layout. Lalu kamu kembali ditampilkan beberapa menu disini. Silahkan pilih menu Orientasi.
  3. Terakhir yang perlu kamu lakukan untuk mengubah halaman portrait ke landscape adalah pilih Landscape. Dengan begitu nanti akan halaman word akan berubah dari vertical menjadi horizontal.

Cara Membuat Landscape Pada Halaman Tertentu

Disini saya ingin berbagi cerita sedikit, pada waktu skripsi kemaren. Dimana masa itu, saya mengajukan BAB II (Landasan Teori) kepada dosen pembimbing 1 secara online. Namun setelah di cek, saya disuruh untuk merevisi dibagian beberapa format halaman document. Kenapa bisa gitu? Karena format halaman yang saya gunakan berbentuk portrait semua.

Selanjutnya DP 1 meminta saya untuk membuat format landscape di beberpa halaman tersebut. Jadi mau tidak mau, saya harus merevisi skripsi BAB II. Mungkin teman-teman disini pernah memiliki kenangan serupa dengan saya.

Untuk membuat format landscape di beberapa halaman mungkin terlihat sulit dilakukan, tetapi bukan berarti tidak bisa. Bagi kamu yang belum tahu bagaimana cara membuat landscape pada halaman tertentu, jangan cemas dan bingung. Berikut ini merupakan langkah-langkah untuk membuat halaman tertentu di Ms Word menjadi landscape atau portrait :

  1. Langkah pertama, silahkan buka document Word yang ingin di buat pada halaman tertentu baik portrait atau landscape.
  2. Setelah terbuka document tersebut, lalu seleksi atau blok teks pada satu halaman tersebut yang ingin dijadikan format landscape.
  3. Selanjutnya klik menu Page Layout > Pilih Margin > Pilih Custom Margins.
  4. Kemudian pada muncul tampilan Page Setup, lalu di bagian orientasi silahkan pilih Landscape.
  5. Masih di bagian Page Setup,  pada Apply to silahkan pilih selected text. Jika sudah, maka langsung klik OK. Dengan begitu halaman format portrait akan berubah menjadi landscape dan halaman yang lainnya tetap berbentuk portrait.

Akhir Kata

Demikianlah pembahasan singkat pada kesempatan kali ini dari Calonpengangguran tentang Cara Membuat dan Merubah Landscape di Word. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat dan membantu menyelesaikan tugas kuliah atau pekerjaan kantor kamu. Sekian dan terimakasih atas perhatiannya.

Share

Arwan Gunadi

Waktu Akan Menjawabnya

1 Response

  1. Juli 24, 2021

    […] Cara Membuat Landscape di Word Tanpa Ribet, Klik Disini! […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!