5 Cara Mengatasi Memori Penuh di Hp Oppo A3s Dengan Mudah

Cara Mengatasi Memori Penuh di Hp Oppo A3s – Bagi kamu para pengguna HP Oppo series A3S, mungkin kamu pernah atau sedang mengalami permasalahan memori penuh pada perangkat yang kamu gunakan saat ini. Adanya notifikasi memori penuh pada perangkat tentu sangat mengganggu performa saat handphone digunakan. 

Hal ini sering kali dialami oleh para pengguna HP Oppo A3S dikarenakan permasalahan ini menyebabkan kinerja perangkat yang menurun dan membuat ponsel menjadi lebih lambat. Tidak heran, banyak dari para penggunanya yang mencari informasi mengenai cara mengatasi memori penuh di HP Oppo A3S dengan mudah.

Perlu kamu tahu, Oppo A3S merupakan salah satu series dari HP Oppo yang dirilis pada bulan Juli 2018 dan menjadi salah satu series Oppo yang cukup laris dan banyak digunakan oleh para pengguna smartphone. HP Oppo A3S ini sendiri hadir dengan varian memori internal 16GB, 32GB, dan 64GB, dan dibekali dengan RAM 2, 3 dan 4GB.

Meskipun dibekali dengan kapasitas memori yang cukup, tidak jarang banyak dari para pengguna HP Oppo A3S yang mengeluhkan terkait dengan memori yang cepat penuh. Hal ini tentu sangat mengganggu performa Hp dan menyebabkan kinerja HP menjadi lebih lambat dan muncul berbagai kendala lainnya.

Nah, Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan informasi yang berguna untuk kamu mengenai cara mengatasi memori penuh di Hp Oppo A3S khusus bagi kamu para pengguna Oppo A3S yang sedang mengalaminya, yuk simak ulasan selengkapnya berikut ini. 

Faktor Penyebab Memori Internal Oppo A3S Penuh yang Wajib Kamu Tahu !

Sebelum membahas mengenai cara mengatasi memori internal Oppo a3s yang cepat penuh, maka kamu juga harus mengetahui penyebabnya, agar kamu bisa mengambil langkah yang tepat untuk mengatasinya. Berikut ini adalah beberapa faktor penyebab Kenapa memori internal Oppo a3s menjadi penuh yang sudah kami rangkum untuk kamu :

  1. Tidak rajin membersihkan cache aplikasi, membuat cache terus menumpuk hingga memenuhi ruang penyimpanan pada perangkat.
  2. Ada game dengan ukuran besar dan memakan terlalu banyak ruang penyimpanan di perangkat Oppo A3s.
  3. Ada banyak sekali file sampah yang dihasilkan oleh aplikasi, seperti foto dan video dari WhatsApp maupun aplikasi lainnya.
  4. Memiliki aplikasi yang tidak pernah digunakan dan masih terinstal di perangkat, sehingga memakan ruang penyimpanan.
  5. Terdapat banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang dan memakan banyak ruang penyimpanan dalam perangkat Oppo A3s.

Ternyata Begini Cara Mengatasi Memori Penuh di Hp Oppo A3s

cara mengatasi memori penuh di hp oppo a3s

Setelah mengetahui beberapa hal yang menjadi penyebab memori internal di hp Oppo a3s menjadi penuh, kini Tiba saatnya kamu mengetahui cara mengatasi hal tersebut yang bisa kamu simak berikut ini.

1. Menghapus Cache Aplikasi Secara Rutin

Cara mengatasi memori penuh di HP Oppo a3s yang pertama yaitu dengan menghapus cache aplikasi secara rutin dan berkala. Hal ini disebabkan karena cache menjadi salah satu penyebab utama dari penuhnya memori HP Oppo A3s. 

Kamu bisa membersihkan saja secara berkala setiap 2-3 hari sekali melalui pengaturan aplikasi di perangkat kamu. Namun, jika kamu tidak ingin repot menghapus Cache aplikasi satu persatu, maka kamu bisa menggunakan aplikasi pembersih cache yang bisa kamu Download di Play Store.

2. Uninstall Aplikasi yang Tidak Terpakai

Bloatware atau aplikasi tidak berguna yang jarang digunakan juga menjadi salah satu penyebab notifikasi ruang penyimpanan penuh yang tidak kunjung hilang di perangkat Oppo A3s. Oleh karena itu, kamu perlu menghapus aplikasi yang tidak kamu gunakan untuk membersihkan memori internal yang sesak di HP Oppo A3s.

3. Hapus File Sampah di Aplikasi File Manager

Seiring berjalannya waktu dan lamanya pemakaian perangkat, menyebabkan file sampah yang tidak berguna akan terus menumpuk jika tidak rajin dibersihkan. Foto, video, dan file lainnya yang tidak berguna akan menjadi penyebab memori penyimpanan penuh di perangkat Oppo A3s.

Solusi utama dari permasalahan ini yaitu dengan menyortir kembali file apa saja yang masih digunakan dan file yang tidak lagi berguna. Hapuslah file yang sudah tidak berguna agar ruang penyimpanan yang tersisa semakin besar.

4. Memindahkan File ke Laptop/PC/Kartu SD/Penyimpanan Cloud

Untuk semakin memperbesar ruang penyimpanan pada perangkat Oppo A3s, kamu bisa memindahkan file-file penting milik kamu ke tempat penyimpanan lainnya, seperti laptop/PC, kartu SD, ataupun penyimpanan cloud yang berfungsi secara online. Dengan memindahkan file-file tersebut, kamu bisa menyisakan lebih banyak ruang penyimpanan yang ada di perangkat Oppo A3s milik kamu.

5. Reset Hp Oppo A3s ke Setelan Pabrik

Solusi terakhir yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi memori penyimpanan penuh di HP Oppo A3s yaitu dengan melakukan reset ulang perangkat ke setelan pabrik. Dengan melakukan reset ulang, maka seluruh data di memori internal perangkat kamu akan terhapus dan ponsel akan disetel ulang ke pengaturan pabrik. Perlu kamu perhatikan sebelum melakukan reset, pastikan kamu melakukan backup data terlebih dahulu agar data-data penting di hp kamu tidak ikut terhapus.

Akhir kata, itulah pembahasan mengenai cara mengatasi memori penuh di ponsel Oppo A3s yang informasinya bisa kami sajikan untuk kamu, semoga bermanfaat dan nantikan selalu update informasi menarik lainnya dari situs kami ya !

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *