Belum lama ini, banyak warganet yang sedang mempertanyakan tentang Kenapa Kode OTP Tidak Masuk ke SMS. Apakah kamu juga sedang mengalami masalah tersebut? Jika iya, disini saya akan menjelaskan mengenai cara mengatasinya.

Dalam setiap sistem yang dimiliki sebuah aplikasi atau website, tak jarang menyediakan layanan pemberian OTP untuk transaksi maupun login. Hal ini dilakukan untuk benar-benar menjaga seluruh keamanan yang dimiliki pada akun tersebut.

Sebab, saat ini banyak sekali orang yang terkena phising atau hack pada akun mereka. Maka dari itu, setiap aplikasi tentunya memiliki keamanan yang sangat ketat. Dan salah satu keamanan yang sangat sulit untuk dibobol adalah fitur OTP.

Akan tetapi, sering sekali OTP yang dikirimkan ke SMS kadang tidak masuk. Masalah ini pun membuat banyak sekali pertanyaan yang muncul di kami, tentang penyebab dan cara mengatasi hal tersebut. Maka dari itu, di kesempatan kali ini, saya akan menjelaskan apa saja penyebab dan cara mengatasinya.

Penyebab Kode OTP Tidak Masuk ke SMS

kenapa kode otp tidak masuk ke sms

Sebelum lanjut ke pembahasan mengenai cara mengatasi kode OTP tidak masuk, alangkah baiknya jika kamu mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Dan bisanya, penyebab kode OTP tidak masuk bisa kamu simak penjelasan dibawah ini:

Kartu SIM Tidak Aktif

Hal pertama yang wajib kamu perhatikan adalah kartu sim apakah masih aktif atau tidak. Kebanyakan orang tidak memperhatikan masa berlaku kartu mereka, atau tidak menyadari bahwa kartu yang mereka sudah tidak bisa digunakan.

Apabila kartu SIM yang kamu gunakan sudah tidak aktif, tentunya kode OTP tidak akan bisa kamu terima.

Fitur Blokir Panggilan dan Pesan di Aktifkan

Berikutnya adalah karena fitur blokir panggilan dan pesan yang ada di ponsel kamu sedang aktif. Fitur ini akan memblokir setiap pesan maupun panggilan dari nomor yang tidak dikenal. Maka, setiap pesan yang masuk atau seperti kode OTP tidak akan bisa kamu terima.

Salah Nomor

Masalah ketiga adalah karena nomor yang kamu masukan salah, atau nomor untuk menerima kode OTP salah. Hal ini sangat sering terjadi, karena ada beberapa pengguna yang secara terburu-buru memasukan nomor, akan tetapi ada beberapa angka yang salah.

Sinyal Hilang

Selanjutnya adalah dikarenakan sinyal pada kartu SIM yang kamu gunakan lemot atau bahkan tidak ada. Hal ini pun akan membuat kode OTP tidak bisa masuk, dan setiap panggilan atau pesan lainnya pun akan berakibat sama.

Server Error

Jika masalah diatas tidak kamu alami, bisa jadi karena server pada sebuah aplikasi yang akan mengirimkan kode OTP tersebut sedang bermasalah. Kebanyak orang terkecoh dengan hal ini, mereka sudah mengira bahwa kartu yang mereka gunakan bermasalah, akan tetapi ternyata server dari pengirim kode OTP tersebut yang sedang error.

Cara Mengatasi Kode OTP Tidak ke SMS

Setelah mengetahui penyebabnya, disini saya juga akan menjelaskan tentang cara mengatasinya. Sebenarnya, untuk mengatasi masalah seperti ini sangat lah mudah, siapapun dan dimanapun dapat melakukannya.

Berikut dibawah ini cara mengatasinya:

Gunakan Sinyal yang Kuat

Hal pertama yaitu pastikan bahwa kamu sudah memperoleh sinyal yang kuat. Jika masih mendapati sinyal yang lemah, silahkan cari tempat yang memiliki jaringan atau koneksi dari kartu SIM yang kuat. Sebab, di Indonesia masih ada beberapa daerah yang mendapati koneksi sinyal yang sangat lemah dan susah untuk dijangkau.

Meminta Kode OTP Via Telepon

Kedua adalah dengan meminta kode OTP via Telepon jika kode OTP tidak masuk ke SMS. Cara ini sangat lah mudah, akan tetapi masih sedikit orang yang menyadarinya. Hanya dengan meminta kode melalui panggilan telepon, sudah dipastikan bahwa kamu akan mendapatkan kode OTP tersebut.

Ubah Tanggal dan Waktu pada Ponsel

Jika kode OTP tidak masuk ke SMS, mungkin kamu dapat mencoba untuk mengatur tanggal dan waktu yang terdapat pada ponsel saat ini. Pastikan bahwa kamu sedang menggunakan waktu dan tanggal saat ini, jika sudah maka silahkan kirim atau minta kode OTP kembali.

Restart Ponsel

Terakhir adalah dengan merestart ponsel yang kamu gunakan. Biasanya tidak terjadi karena kartu SIM atau aplikasi yang akan mengirimkan kode tersebut. Akan tetapi, disebabkan oleh ponsel yang kamu gunakan sedang mengalami bug atau error.

Penutup

Seperti itulah informasi yang hanya dapat Calonpengangguran berikan tentang Kenapa Kode OTP Tidak Masuk ke SMS. Semoga artikel yang saya terbitkan ini, dapat membantu kamu dalam mengatasi masalah yang sedang dialami.

Kategori: Tips & Trik

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *