×

Kenapa “Status Nomor Hangus” Telkomsel? Begini Cara Mengatasinya!

kenapa status nomor kamu hangus telkomsel

Kenapa “Status Nomor Hangus” Telkomsel? Begini Cara Mengatasinya!

Kenapa Status Nomor Kamu Hangus Telkomsel? Telkomsel merupakan salah satu provider yang paling banyak digunakan di Indonesia, walaupun harganya cukup mahal namun hal ini tidak menjadikan pengguna telkomsel menurun dari tahun ke tahun. Bahkan bisa dibilang, telkomsel merupakan salah satu kartu provider yang paling banyak digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Namun sayangnya provider yang satu ini juga tidak terlepas dari masalah, ada berbagai jenis masalah yang dialami para pengguna, misalnya saja seperti status nomor Telkomsel hangus. Hal ini tentu saja menjadi keresahan bagi banyak orang, khususnya pengguna provider yang sudah lama menggunakan kartu tersebut. Lalu apa yang menyebabkan status nomor telkomsel hangus?

Sebelum lanjut, jika Anda belum tahu yang dimaksud nomor mati atau hangus adalah nomor Telkomsel prabayar yang lewat tanggal masa tenggangnya karena tidak pernah digunakan untuk transaksi, seperti mengisi pulsa, mengisi kuota internet dan lain sebagainya.

Apabila hal tersebut terjadi, sudah dipastikan bahwa nomormu akan hangus atau mati. Nomor Telepon yang Anda miliki mati atau hangus, tentunya Anda tidak dapat menggunakan nomor tersebut untuk beraktivitas, seperti melakukan panggilan, mengirim pesan, membeli kuota internet dan masih banyak lagi.

Akan tetapi, kalau Anda masih sayang atau memang membutuhkan nomor tersebut, Anda tetap bisa mengaktifkan nomor itu dengan persyaratan yang berlaku. Syarat untuk mengaktifkan nomor Telkomsel yang sudah hangus cukup beragam, semua tergantung pada penyebabnya sendiri. Intinya pemilik kartu Telkomsel harus membawa dan memiliki data pendukung, diantaranya Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk (KTP), dan kartu SIM yang mati.

Ciri-Ciri Kartu Telkomsel Mati atau Hangus

kenapa status nomor kamu hangus telkomsel

Ada beberapa hal yang perlu Anda semua ketahui lebih dulu, sebelum membahas apa penyebab dan cara mengatasi kartu Telkomsel yang mati atau hangus, yakni Anda harus mengetahui ciri-ciri kartu yang mati atau hangus. Jangan heran jika kamu memiliki kartu yang sudah lama tidak digunakan untuk menelpon atau tidak pernah isi pulsa, maka kartu tersebut akan hangus atau non-aktif.

Karena setiap SIM memiliki masa kadaluarsanya apabila tidak digunakan atau diisi pulsa, kalau sudah melewati masa tenggang kartu secara otomatis akan dinonaktifkan. Sebaliknya, kalau nomor masih masa tenggang dan diisi pula maka nomor tidak akan dinonaktifkan. Setiap kali Anda membeli atau mengisi pulsa dengan jumlah yang sudah ditentukan. Biasanya mulai dari 7 hari, 14 hari, 1 bulan, 3 bulan bahkan bisa sampai 1 tahun, hal ini tergantung jumlah nominal isi pulsa yang kamu beli.

Adapun beberapa ciri-ciri kartu kamu memasuki masa tenggang, contohnya seperti dibawah ini:

  • Sudah tidak dapat melakukan panggilan telepon atau bahkan menerima panggilan telepon
  • Sudah tidak bisa mengirim atau menerima SMS
  • Sinyal di ponsel kamu akan menghilang, dan akan muncul gambar x pada ikon operator
  • Atau bahkan kartu SIM tidak akan terbaca di perangkat ponsel Anda.

Cara Mengecek Nomor Telkomsel Hangus atau Tidak

Jika Anda bertanya-tanya apakah kartu Telkomsel miliki mu sudah dinon-aktifkan atau habis masa tenggang dapat dikembalikan seperti semula atau tidak? Tentu saja bisa, hanya saja untuk cara mengaktifkannya sedikit berbeda, tergantung apa penyebab kenapa kartu SIM kamu mati.

Maka dari itu, silahkan cek masa aktif kartu SIM Telkomsel yang Anda miliki saat ini, untuk mengecek masa aktifnya kamu dapat menggunakan aplikasi MyTelkomsel atau layanan UMB. Adapun cara yang bisa dilakukan untuk mengecek nomor Telkomsel masih aktif atau tidak, yaitu:

Kode UMB *888#

  • Pertama klik dan buka aplikasi Panggilan di perangkat Anda.
  • Ketik Kode UMB *888#, lalu klik Panggil.
  • Maka secara otomatis akan diperlihatkan informasi nomor Telkomsel Anda, seperti sisa pulsa dan masa aktif nomor.
  • Pastikan nomor tidak dalam masa tenggang, kalau iya segera isi pulsa. Tapi kalau sudah lewat masa tenggang segera aktifkan kembali.

Aplikasi MyTelkomsel

  • Install dan buka aplikasi MyTelkomsel.
  • Masukan nomor Telkomsel Anda dan kode verifikasi.
  • Apabila sudah berhasil masuk di halaman utama, Anda bisa mengecek masa aktif nomor dibagian bawah sisa pulsa atau bagian pojok kiri atas.
  • Selesai.

Via Assiten Virtual Telkomsel

  • Pertama kunjungi akun resmi Telkomsel di kanal-kanal berikut, Facebook Messenger: tsel.me/fbV2, Telegram: tsel.me/telegramVA2, Web: www.telkomsel.com, atau aplikasi MyTelkomsel: my.telkomsel.com/app/chatbot
  • Ketik “Hai”
  • Lalu ketik “Cek Pulsa”
  • Maka secara otomatis asisten vitual Telkomsel akan mengirim informasi yang Anda minta.
  • Selesai.

Penyebab Status Nomor Telkomsel Hangus

Apakah kamu merupakan seorang pengguna Telkomsel dan mendapat notifikasi status nomor kamu hangus? Jika benar maka kamu harus menyimak informasi berikut ini. 

Hal pertama yang harus dipahami terkait status nomor hangus kepada para pengguna telkomsel adalah untuk memberitahu status kartu yang mereka gunakan saat ini. Berdasarkan informasi dari laman Telkomsel, disebutkan bahwa nomor hangus atau expired atau materi adalah nomor telkomsel prabayar yang telah melewati batas akhir masa tenggang. 

Seperti yang kita tahu, setiap provider memiliki masa aktifnya tersendiri, untuk memperpanjang masa aktif tersebut seseorang harus rutin mengisi pulsa mereka. namun pada saat menggunakan kartu telkomsel Anda akan menemukan istilah yang namanya masa tenggang. Masa tenggang yaitu masa aktif yang telah habis namun kartu tersebut belum di nonaktifkan, para pengguna masih punya kesempatan untuk mengaktifkan kartu mereka. 

Saat masa tenggang kartu, para pengguna tidak bisa menggunakan kartu tersebut, seperti menelpon atau mengirim pesan. Agar mereka dapat melakukan hal ini, maka mereka harus memperpanjang masa aktifnya. Namun jika tidak dan status masa tenggang telah melewati masa akhir maka kartu tersebut otomatis dinonaktifkan atau hangus.

Jadi penyebab status nomor Telkomsel kamu hangus yaitu nomor yang Anda gunakan telah melewati batas akhir masa tenggang yang telah ditentukan, namun Anda tidak memperpanjangnya. Entah hal ini disengaja tau mungkin tidak menyadari hal tersebut. Saat kartu dinonaktifkan Anda akan menerima status nomor hangus di kartu Telkomsel dan Anda tidak bisa mengaktifkannya hanya dengan mengisi pulsanya, karena pulsa tersebut otomatis tertolak. 

Baca Juga:

Cara Mengaktifkan Nomor Telkomsel Yang Mati Atau Hangus

Setelah membaca penjelasan yang saya berikan diatas, apakah kamu sudah mengecek masa aktif kartu SIM? Apakah masih memiliki masa aktif yang lama? Atau bahkan kartu SIM Telkomsel tersebut sudah mati atau hangus?

Bagi Anda yang nomornya masih masuk masa tenggang, silahkan segera mengisi pulsa sebelum nomor hangus atau dinonaktifkan. Isi saja pulsa tergantung kebutuhan Anda masing-masing, artinya tidak harus banyak. Sementara bagi Anda yang nomornya sudah hangus jangan khawatir, nomor tersebut masih bisa kok diaktifkan kembali. Terdapat beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengaktfikan nomor Telkomsel yang hangus, diantatanya:

Melalui *888*89#

  • Pertama, siapkan beberapa dokumen seperti KTP, KK, Kartu SIM yang hangus atau mati
  • Lalu hubungi *888*89# menggunakan kartu SIM yang hangus tadi
  • Nantinya akan muncul beberapa pilihan, dan kamu pilih Reaktivasi Kartu
  • Nantinya akan muncul menu kembali dan pilih Setuju
  • Setelah itu nanti kamu akan diminta untuk memasukan nomor KTP dan KK, dan klik OK
  • Tunggu sampai ada SMS pemberitahuan dari Telkomsel apakah kartu kamu dapat diaktifkan kembali atau tidak
  • Selesai

Via Telkomsel E-Care

Jika cara pertama tidak berhasil, kamu dapat menggunakan cara ini untuk mengaktifkan kartu Telkomsel yang sudah hangus dengan melapor ke media sosial resmi Telkomsel seperti Instagram, Facebook, atau bahkan Twitter. Ini adalah cara yang menurut saya sama mudahnya, karena memanfaatkan fitur Asisten Telkomsel.

Akan tetapi, biasanya respon dari Instagram dan Facebook cukup memakan waktu, dan pengguna Telkomsel sering melaporkan masalah mereka ke Twitter. Karena sudah banyak pengguna kartu Telkomsel yang melaporkan masalah mereka ke Twitter Telkomsel yang bernama @Telkomsel, dan mendapatkan respon sangat cepat.

Untuk caranya sendiri, kamu dapat mengikuti langkah-langkah yang sudah saya berikan dibawah ini:

  • Pertama buka akun Twitter pribadi kamu
  • Lalu kunjungi akun @Telkomsel
  • Dan tekan opsi Pesan Langsung (Direct Message)
  • Silahkan ajukan permohonan dengan format seperti nomor, Waktu dan Masa Tenggang berakhir, serta Lokasi.
  • Tunggu beberapa saat sampai admin Telkomsel mengecek status nomor kamu
  • Jika sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku, maka kartu kamu tersebut dapat diaktifkan kembali

Datang Ke GraPARI

Jika cara pertama dan kedua tidak berhasil, maka kamu bisa menggunakan cara yang terakhir ini dengan mengunjungi kantor GraPARI yang ada di kotamu. Akan tetapi, sebelum berangkat ke kantor tersebut, kamu wajib membawa beberapa dokumen seperti KTP, KK dan Kartu SIM yang sudah mati/hangus.

Pastikan bahwa kamu sendiri yang membawa kartu SIM tersebut ke GraPARI, sebab untuk mengaktifkan kartu yang sudah kadaluarsa atau mati, tidak dapat diwakilkan oleh siapapun.

Penutup

Seperti itulah informasi yang dapat Calonpengangguran berikan tentang Kenapa Status Nomor Hangus Telkomsel beserta cara mengatasinya. Semoga informasi yang saya berikan ini, dapat membantu kamu dalam mengatasi masalah yang sedang terjadi, sekian dan terima kasih.

Baca Juga:

1 comment

Post Comment