Kenapa Kuota Internet Lokal Telkomsel Tidak Bisa Digunakan? Ini Cara Mengatasinya

Kenapa Kuota Internet Lokal Telkomsel Tidak Bisa Digunakan – Pada setiap kartu atau provider tentu saja memiliki aturan serta ketentuan yang berlaku terkait penggunaan kuota atau jaringan internetnya. Ada yang menggunakan zona waktu dan zona lokasi pada pembelian kuota internetnya contohnya Telkomsel yang memiliki pilihan paket zona lokasi atau bisa juga dibilang kuota internet lokal. Kuota internet lokal merupakan kuota yang hanya bisa dipakai pada lokasi atau wilayah tertentu.

Biasanya kuota lokal ini sudah ada penjelasannya di awal bahkan untuk harga kuota setiap zona lokasi tentu saja berbeda-beda. Alasan pengguna untuk membeli kuota internet lokal biasanya lebih terjangkau dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Namun, ada sebagian orang yang mengeluhkan alasan kuota internet lokal Telkomsel tidak bisa digunakan dan bagaimana cara mengatasinya.

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, pada kesempatan ini admin sudah merangkum tentang cara mengatasi kuota internet lokal Telkomsel tidak bisa digunakan. Sebelumnya, kamu bisa memastikan terlebih dahulu apakah kamu sudah sesuai untuk membeli kuota internet lokal pada zona lokasi yang tepat serta kamu bisa mengecek terlebih dahulu status kuota internet pada aplikasi my Telkomsel atau menghubungi nomor *363#.

Sekilas Tentang Kuota Lokal Telkomsel

Sebelum membahas lebih jauh terkait penyebab kuota lokal Telkomsel tidak bisa dipakai, saya rasa informasi mengenai apa itu kuota lokal Telkomsel juga perlu dipahami agar tidak terjadi miskomunikasi antara penyedia layanan dan kamu sebagai konsumen.

Pada provider Telkomsel terdapat beragam jenis kuota internet yang bisa dibeli oleh konsumen, seperti kuota utama, kuota lokal, kuota edukasi, kuota videomax dan lain sebagainya.

Kuota utama bisa digunakan untuk keperluan apapun yang berkaitan dengan aktivitas internet selama 24 jam dan juga bisa digunakan dimana saja asal tersedia koneksi internet. Sementara kuota lokal bisa digunakan selama 24 jam untuk keperluan internet, hanya saja berlaku di daerah daerah tertentu.

Artinya, kuota lokal Telkomsel hanya bisa digunakan pada daerah dimana kamu membeli kuota tersebut. Misalnya, kamu beli kuota lokal di daerah Rimbo Bujang, Provinsi Jambi, sebelum kuota lokal tersebut habis kamu melakukan perjalanan ke daerah Dharmasraya, Provinsi Sumatera Barat. Maka kuota lokal itu tidak akan bisa kamu gunakan untuk internet di daerah Dharmasraya karena sudah beda provinsi.

Cek Zona atau Lokasi Penggunaan Kuota Lokal Telkomsel

Kalau sekiranya kamu bingung kuota lokal ini hanya bisa digunakan di daerah mana saja, jangan khawatir ada kok cara mengetahuinya. Meski sebenarnya pihak Telkomsel tidak menyediakan layana cek zona secara khusus.

Tapi sebagai pihak penyedia layanan jaringan internet, Telkomsel pasti memiliki data serta riwayat transaksi yang kamu lakukan saat membeli kuota lokal tersebut. Oleh karena itu, untuk mengecek zona penggunaan kuota lokal Telkomsel, kamu harus menghubungi CS Telkomsel. Adapun beberapa platform yang bisa kamu gunakan untuk menghubungi CS Telkomsel, diantaranya:

Silahkan hubungi salah satu platform diatas untuk mendapatkan informasi terkait kuota lokal yang kamu beli. Perlu diingat, agar pihak Telkomsel bisa segera menyelesaikan permintaan kamu isi beberapa data pendukung, seperti nama lengkap, nomor telepon yang digunakan, tanggal terakhir beli paket, merk hp dan lain sebagainya.

Setelah itu tunggu sampai karyawan Telkomsel mengirim pesan balasan terkait perminataan yang kamu minta.

Penyebab dan Cara Mengatasi Kuota Internet Lokal Telkomsel Tidak Bisa Digunakan

kenapa kuota internet lokal tidak bisa digunakan di telkomsel

Provider Telkomsel seringkali dijadikan pilihan oleh masyarakat karena jaringan yang tersebar di seluruh Indonesia dan mendukung mobilitas setiap orang untuk mengakses internet dengan lancar. Kuota zona lokasi atau lokal merupakan kuota yang diberlakukan pada lokasi tertentu bisa berdasarkan lokasi pengaktifan kuota atau memang lokasi yang sudah ditentukan agar kuota tersebut bisa digunakan.

Jangan sampai salah memilih kuota terutama kuota lokal kamu yang sering berpergian atau berpindah-pindah tempat antar kota maupun provinsi. Oleh karena itu, kami sarankan jika kamu memiliki mobilitas yang tinggi maka harus membeli kuota reguler yang bisa digunakan pada zona lokasi apapun serta zona waktu apapun tanpa terbatas. Terlepas dari itu, berikut cara mengatasi Kenapa kuota internet lokal tidak bisa digunakan di Telkomsel:

Kuota Lokal Tidak Sesuai dengan Zona Pengguna

Alasan pertama yang mungkin saja menjadi penyebab kuota internet lokal tidak bisa digunakan yaitu karena kuota yang kamu beli tidak sesuai dengan zona lokasi tempat kamu tinggal atau berada saat ini. Biasanya zona lokasi pada Telkomsel terbagi dalam beberapa zona, kamu harus memilih sesuai dengan zona lokasi tempat kamu tinggal. Jika memang kuota yang kamu beli salah atau sedang berada diluar kota maka kami sarankan untuk menggunakan fake GPS.

Untuk memastikan hal ini benar atau tidaknya, kamu bisa menghubungi CS Telkomsel untuk mendapat penjelasan terkait masalah yang saat ini kamu hadapi seperti penjelasan saya diatas. Jika memang benar penyebab kuota lokal Telkomsel tidak bisa digunakan karena zona, kamu bisa coba menggunakan aplikasi fake GPS.

Solusinya:

Meski sebenarnya penggunaan fake GPS memang beresiko, ini merupakan cara paling praktis jika kamu mengalami kesalahan saat membeli kuota internet zona di Telkomsel. Perlu dicatat juga bahwa cara ini memang belum tentu berhasil namun tidak ada salahnya untuk kamu coba agar kuota zona kamu menjadi kuota reguler yang bisa digunakan di lokasi yang sesuai. Bagaimana caranya? Yuk simak step by step nya dibawah ini:

  • Install Aplikasi Fake GPS di Play Store.
  • Jika sudah berhasil, buka pengaturan perangkat.
  • Klik menu jaringan seluler.
  • Lalu klik kartu SIM  Telkomsel.
  • Lanjut dengan klik opsi “Nama Jalur Akses” atau “APN”.
  • Silahkan klik icon + untuk menambah APN baru.

Jaringan Internet Lokal Bermasalah atau Gangguan

Selanjutnya yang mungkin terjadi ketika kuota internet lokal tidak bisa digunakan yaitu karena jaringan internet pada wilayah tempat kamu tinggal memang sedang bermasalah atau gangguan.

Kalau terjadi masalah pada jaringan internet di wilayah tempat tinggal mu, tentu wajar saja kuota lokal tidak akan bisa digunakan. Ini berlaku pada kuota Telkomsel lainnya, baik kuota lokal, kuota edu dan lain sebagainya.

Solusinya:

Untuk memastikan benar atau tidak ini adalah penyebabnya, kamu bisa cek kualitas koneksi internet mu melalui situs Speedtest. Dengan melakukan pengecekan di situs ini, kamu akan akan ditampilkan seberapa kuat koneksi internet mu berdasarkan ping.

Jika ping tinggi berarti koneksi mu bermasalah atau buruk, sementara ping rendah menandakan koneksi mu stabil atau normal. Selain itu kamu bisa menghubungi call center Telkomsel melalui media sosial diatas untuk memberitahu masalah yang sedang kamu alami terkait jaringan internet lokal yang bermasalah atau gangguan.

Pastikan Masa Tenggang Kartu Telkomsel

Penyebab lain kuota internet lokal Telkomsel tidak bisa digunakan adalah kartu kamu sedang mengalami masa tenggang atau sudah tidak aktif karena tidak melakukan transaksi beberapa bulan terakhir.

Kenapa ini dilakukan? Karena pihak Telkomsel memang menginformasikan pengguna layanan mereka agar melakukan transaksi, seperti mengisi pulsa dan beli paket kuota internet agar nomor tidak dinonaktifkan.

Setelah nomor hangus atau dinonaktifkan, maka kartu tersebut tidak akan bisa lagi kamu gunakan untuk melakukan panggilan, mengirim pesan, menerima panggilan, menerima pesan, internetan dan lain sebagainya.

Solusinya:

Untuk mengetahui nomor masuk masa tenggang atau sudah tidak aktif caranya sangat mudah, kamu bisa melakukan panggilan dengan kode UMB *888#. Jika berhasil, kamu akan diperlihatkan informasi terkait nomor Telkomsel mu, seperti sisa pulsa, masa aktif dan lain sebagainya.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan aplikasi MyTelkomsel, pastikan sudah login menggunakan nomor telepon mu. Kalau sudah buka aplikasi MyTelkomsel, di halaman beranda kamu akan diperlihat masa aktif kartu dibagian kiri atas.

Apabila nomor masih masuk masa tenggang, kamu masih bisa menyelamatkan nomor tersebut agar tidak dinonaktifkan. Kamu hanya perlu mengisi pulsa dengan nominal tertentu, jika sudah diisi pulsa masa aktif nomor mu akan diperpanjang.

Sementara kalau nomor sudah dinonaktifkan, satu satunya cara yang bisa kamu lakukan adalah datang ke kantor GraPARI Telkomsel terdekat dari rumah mu. Sebelum datang, siapkan dokumen yang dibutukan seperti No KK, NIK, kartu Telkoseml yang ingin diaktifkan dan niat.

Ubah Jaringan Internet menjadi H+ atau 3G

Perlu kamu ketahui, ada beberapa pengguna Telkomsel bisa menggunakan kuota lokal dengan mengganti jaringan 4G menjadi H+ atau 3G. Cara ini bisa kamu coba dengan cara mengubah pada pengaturan ponsel dan memilih jaringan WCDMA only. Jika kamu menggunakan Android, maka bisa langsung ketik *#*#4636#*#* kemudian pilihlah WCDMA only, restart ponsel dan cobalah membuka internet.

Bersihkan Cache di Perangkat

Selain karena beberapa hal diatas, ternyata tidak bisa menggunakan kuota lokal Telkomsel bisa disebabkan oleh perangkat yang kamu gunakan bermasalah loh. Salah satu penyebab perangkat bisa bermasalah adalah cache atau sampah penggunaan menumpuk.

Cache adalah sampah yang dihasilkan dari penggunaan aplikasi, jadi semakin banyak kamu menggunakan ponsel mu untuk membuka aplikasi maka cache atau sampah akan semakin banyak tersimpan. Ini lah yang sering kali membuat perangkat tidak bisa merespon perintah yang kamu berikan.

Solusinya:

Untuk mengatasi hal ini, tentu saja kamu harus membersihkan cache dari perangkat. Ini tidak hanya berlaku pada aplikasi Shopee saja, melainkan semua aplikasi yang dirasa paling sering digunakan setiap harinya.

Cara membersihkan cache sangatlah mudah, pertama buka pengaturan, cari dan klik Aplikasi atau Aplication Manager, pilih aplikasi yang ingin dihapus, setelah itu klik kelola penyimpan, dan klik hapus cache.

Selain bisa menghapus cache secara manual, kamu juga bisa menginstall aplikasi tambahan dari Play Store. Ada banyak sekali aplikasi pembersih cache, jadi pilih sesuai selera mu ya. Dengan menggunakan aplikasi tambahan ini, proses pembersihan cache akan lebih mudah karena kamu tidak perlu memilih satu satu aplikasi yang ingin dihapus cache.

Ruang Penyimpanan Perangkat Penuh

Tidak hanya cache yang menumpuk saja yang bisa mempengaruhi kinerja perangkat, ruang penyimpan juga berperan penting dalam merusak performa perangkat loh.

Kenapa begitu? Karena perangkat yang tidak memiliki ruang lagi akan mengakibatkan file saling menumpuk, sehingga file tersebut bisa error atau rusak. Jika file sudah rusak, perangkat akan menanggung risiko.

Solusinya:

Untuk mengatasi penyebab ini sangatlah mudah, kamu hanya perlu menghapus beberapa file dan aplikasi yang tidak penting dari perangkat. Jika dirasa semua file penting, kamu bisa pindahkan ke perangkat lain atau upload ke penyimpanan online seperti Google Drive.

Update Semua Aplikasi di Perangkat

Selain beberapa hal diatas, tidak rutinnya memperbarui aplikasi yang terinstall juga bisa mempengaruhi kinerja dari perangkat tersebut. Ini dikarenakan aplikasi yang tidak diupdate akan menghasil bug, maka secara otomatis perangkat akan menyimpan bug tersebut, sehingga secara perlahan bug itu akan merusak kinerja perangkat mu.

Solusinya:

Cara mengatasi penyebab ini sangatlah mudah, kamu hanya perlu mengupdate semua aplikasi yang terinstall di perangkat melalui Play Store, terutama aplikasi yang paling serign kamu gunakan.

Update OS Perangkat

Bagi yang belum tahu, OS adalah sistem pengoperasian paling penting pada perangkat seluler, karena semua hal yang berkaitan dengan perangkat akan bisa diproses jika OS memberi perintah.

Jika ada masalah pada OS perangkat, tentu wajar saja tiba tiba kuota lokal Telkomsel tidak bisa digunakan, bahkan bisa saja tidak bisa menjelajahi internet sama sekali.

Solusinya:

Silah update Sistem OS Perangkat, caranya bagaimana masa? pertama, buka pengaturan, cari dan klik tentang perangkat, lalu klik update (biasanya kamu akan ditampilkan menu “Software Update” atau “System Firmware Update”), kemudian cek update, kalau muncul notifikasi Install berarti OS perlu di update, tunggu sampai proses update selesai.

Hubungi CS Telkomsel

Ini adalah cara terakhir apabila semua cara diatas tidak berhasil, kamu bisa menghubungi CS Telkomsel, tanyakan penyebab dan cara mengatasi masalah tidak bisa menggunakan kuota lokal. Kamu bisa menghubungi CS Telkomsel melalui platfrom yang sudah saya berikan diatas atau bisa langsung klik link ini https://www.telkomsel.com/support/contact-us

Akhir kata, demikian informasi yang bisa kami sajikan tentang Kenapa kuota internet lokal Telkomsel tidak bisa digunakan lengkap dengan cara mengatasinya. Kesimpulannya yaitu kamu harus memperhatikan kuota internet sebelum membelinya agar bisa digunakan dengan lancar dan tanpa kendala.

Baca Juga:

2 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *