Kenapa Status WA Orang Tersimpan Otomatis Ke Galeri Perangkat?

Apa sih yang terpikir pertama kali ketika membicarakan tentang aplikasi WhatsApp? Aplikasi chatting, aplikasi hijau, aplikasi kirim pesan, aplikasi video call, aplikasi panggilan dan lain sebagainya.

Semua pendapat itu benar, karena WhatsApp memang aplikasi chatting atau perpesanan yang bisa kamu gunakan untuk mengirim pesan, melakukan panggilan suara hingga panggilan video atau video call.

Ternyata tidak hanya digunakan untuk chatting saja, WhatsApp juga menghadirkan fitur status atau story. Jadi, secara sederhana pengguna bisa mengirim apapun di fitur story seperti foto, video, link tautan dan lainnya. Setelah dikirim ke fitur stori selanjutnya WhatsApp akan menyebarkan luaskan story ke pengguna wa lain yang berteman dengan kamu atau yang sudah saling simpan kontak wa.

Berbicara mengenai story wa, belakangan ini banyak pengguna wa mengeluh karena status wa sering kali tersimpan otomatis ke penyimpanan perangkat, pada mereka tidak melakukan perubahan pengaturan apapun.

Masalah seperti ini pasti saja membuat beberapa pengguna bingung dan kesal, karena setiap kali melihat status wa orang akan tersimpan ke perangkat, hal ini tentu saja akan membuat ruang penyimpanan perangkat cepat penuh, meski bisa saja sih langsung menghapusnya tapi kan repot kalau harus terus-terusan menghapus foto atau video dari story wa.

Oleh karena itu, demi bisa membantu kamu semua Cp hadir dengan ulasan lengkap terkait kenapa status wa orang tersimpan otomatis ke perangkat dan cara untuk mengatasinya sebagai berikut.

Penyebab Status WhatsApp Tersimpan Otomatis Ke Galeri

kenapa status wa orang tersimpan otomatis

Demi bisa menyelesaikan masalah yang saat ini kamu alami, hal pertama yang harus kamu ketahui adalah apa saja penyebab dari status wa bisa tersimpan otomotis. Kenapa? Karena pada dasarnya masalah seperti ini bisa disebabkan oleh banyak hal, baik penyebab yang berasal dari kamu ataupun pihak WhatsApp itu sendiri.

Maka dari itu, untuk bisa mengetahui poin poin penting apa saja yang harus diperhatikan, Cp akan menjelaskan beberapa hal yang sering kali menyebabkan masalah status wa tiba tiba tersimpan ke gelari perangkat sebagai berikut.

Mengaktifkan Fitur Unduh Otomatis Media

Seperti yang kamu semua ketahui, di aplikasi WhatsApp ada fitur unduh otomatis media, jika kamu sebagai pengguna mengaktifkan fitur ini maka secara otomatis semua media yang dikirim ke WhatsApp berupa foto, dokumen, video dan lain sebagainya akan tersimpan ke galeri atau file manager perangkat. Ternyata ini juga berlaku loh pada status WhatsApp, terutama pada aplikasi wa versi terbaru.

Fitur unduh otomatis media pada umumnya menyediakan dua mode penggunaan, yakni wifi dan data seluler. Apabila kamu mengaktifkan fitur unduh foto atau video ke mode wifi, maka wa akan secara otomatis menyimpan foto dan video ketika perangkat terhubung ke jaringan wifi.

Sebaliknya juga berlaku apabila kamu mengaktifkan fitur ini ke mode data seluler, maka wa secara otomatis akan menyimpan foto dan video ketika perangkat menggunakan jaringan seluler. Kedua mode tersebut bisa digunakan secara bersamaan, berarti wa akan menyimpan foto dan video ketika terhubung ke jaringan wifi dan jaringan seluer.

Solusinya:

Untuk mengatasi penyebab ini sangatlah mudah, kamu hanya perlu mengubah pengaturan fitur unduh otomatis media di aplikasi WhatsApp, dengan demikian kamu bisa menentukan file apa saja yang ingin disimpan dan tidak ingin disimpan. Bagaimana caranya? Yuk simak step by stepnya dibawah ini:

  • Pertama, buka aplikasi WhatsApp kamu masing-masing.
  • Setelah berhasil masuk, cari dan klik icon titik tiga, biasanya berada di pojok kanan layar, sementara untuk pengguna perangkat iPhone bisa masuk ke menu pengaturan di pojok kanan bawah layar.
  • Jika sudah berhasil masuk, klik menu penyimpanan data, scroll ke bawah dan cari fitur Unduh Otomatis Media.
  • Disini kamu bisa menentukan file mana saja yang ingin disimpan secara otomatis dari WhatsApp, contoh foto kamu bisa memilih fitur ini aktif ketika perangkat terhubung ke jaringan wifi atau data seluler.
  • Jika kamu ingin menonaktifkan pengunduhan otomatis file foto, silahkan pilih opsi Jangan Pernah.
  • Maka secara otomatis WhatsApp tidak akan menyimpan file foto ke perangkat kamu, termasuk status wa.

Menggunakan Aplikasi Unduh Status Wa

Selain karena kamu mengaktifkan fitur unduh otomatis media, ternyata dengan menggunakan aplikasi tambahan untuk menyimpan status wa juga bisa loh menyebabkan masalah ini. Kenapa? Karena pada dasarnya aplikasi tambahan seperti ini memang menyediakan fitur untuk menyimpan status wa secara otomatis ke perangkat.

Sementara dari pihak WhatsApp tidak menyediakan fitur unduh status atau story. Aplikasi seperti ini tidak hanya untuk menyimpan status saja, tapi juga bisa digunakan untuk melihat status yang sudah dihapus oleh pemilik.

Ada banyak alasan pengguna menginstall aplikasi tambahan ini, pertama karena tertarik dengan status yang dibuat oleh teman wa, tapi malu untuk minta langsung, atau memang penasaran dengan status teman wa karena belum sempat melihatnya status sudah dihapus lebih dulu oleh pemiliknya.

Solusinya:

Jika kamu masih ingin menggunakan aplikasi tambahan ini, saya tidak melarangnya hanya saja kamu perlu mengatur pengunduhan atau penyimpanan status wa agar tidak tersimpan secara otomatis ke perangkat yang digunakan. Sementara, bagi kamu yang tidak ingin menggunakan aplikasi tambahan ini lagi, bisa langsung uninstall aplikasi tersebut agar status wa tidak lagi tersimpan ke galeri.

Ada Update Fitur WhatsApp

Tidak hanya beberapa hal diatas saja, bisa saja status wa tersimpan ke galeri perangkat mu karena memang pihak wa menghadirkan fitur unduh otomatis status wa. Kalau ini benar, maka wajar saja kalau setiap kali kamu melihat status wa teman, maka status akan tersimpan ke galeri atau file manager perangkat.

Hal seperti ini dilakukan oleh pihak WhatsApp agar kamu sebagai pengguna platform mereka bisa menggunakan dengan nyaman semua fitur yang ada, terutama dalam hal menjaga moment penting yang bisa saja ada pada status wa.

Kenapa? Karena pada dasarnya status wa akan hilang secara otomatis setelah 24 jam, oleh karena itu agar status wa yang sudah hilang tidak hilang begitu saja, pihak wa menghadirkan fitur ini untuk menjaga moment bahagia mu.

Solusinya:

Jika argument saya ini benar, untuk bisa mengatasi penyebab ini kamu harus memperhatikan fitur baru apa saja yang dihadirkan pada aplikasi WhatsApp versi terbaru. Cara mudahnya, kamu bisa cek langsung di Play Store atau App Store.

Umumnya, pihak WhatsApp akan memberitahu apa saja fitur baru yang sudah mereka rilis di aplikasi WhatsApp beserta fungsinya. Jika ada fitur unduh otomatis status wa, kamu bisa melakukan pengaturan pada fitur tersebut agar tidak semua status wa yang sudah kamu lihat tersimpan ke galeri perangkat.

Baca Juga:

Aplikasi WhatsApp Menyimpan Bug

Status wa yang tersimpan otomotis ke perangkat juga bisa disebabkan oleh aplikasi WhatsApp yang menyimpan bug, jika ini benar maka wajar kalau kamu mengalami masalah ini karena pada dasarnya bug akan mempengaruhi kinerja aplikasi WhatsApp, terutama pada fiturnya.

Ada banyak sekali penyebab yang membuat aplikasi wa terdapat bug, diantaranya tidak rutin update aplikasi WhatsApp ke versi terbaru, tidak rutin membersihkan cache atau sampah penggunaan, ruang penyimpan perangkat penuh, tidak rutin update sistem OS perangkat dan lain sebagainya.

Jika sudah ada masalah pada aplikasi WhatsApp, tidak heran kalau aplikasi ini akan lebih sering mengalami error saat digunakan, karena bug sendiri memang berperan untuk merusak atau menurunkan kinerja dari aplikasi WhatsApp dan perangkat.

Solusinya:

Apabila aplikasi WhatsApp sudah terlanjur mengalami error karena bug, kamu tidak perlu bingung harus melakukan apa, karena secara garis besar sudah saya sampaikan apa saja penyebab yang mengakibatkan timbulnya bug di aplikasi WhatsApp. Berdasarkan beberapa penyebab diatas, yuk kita atasi sebagai berikut:

  • Bersihkan Cache, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membersihkan cache atau sampah penggunaan aplikasi WhatsApp. Bagi yang belum tahu, cache akan terus tersimpan di perangkat setiap kali kamu menggunakan aplikasi WhatsApp, ntah untuk mengirim pesan, melakukan panggilan ataupun melihat status. Jadi, bisa kamu bayangkan seberapa banyak cache yang tersimpan di perangkat mu? Cara membersihkan cache sangatlah mudah, buka pengaturan perangkat, cari dan klik kelola aplikasi atau penyimpanan, cari aplikasi WhatsApp dan klik hapus cache.
  • Update Aplikasi WhatsApp, selanjutnya kamu harus update aplikasi WhatsApp ke versi terbaru. Caranya, buka Play Store atau App Store, ketik WhatsApp di kolom pencarian, jika ada keterangan update silahkan klik update dan tunggu sampai selesai.
  • Install Ulang Aplikasi WhatsApp, jika tidak ada keterangan update, kamu wajib install ulang aplikasi wa. Cara ini berlaku pada kamu yang masih memiliki akses ke nomor yang digunakan untuk mendaftar akun wa, karena setelah install ulang kamu harus input kode verifikasi yang akan dikirim ke nomor tersebut.
  • Hapus File dan Aplikasi Tidak Penting, jika ruang penyimpanan pada perangkat mu sudah penuh, saya sarankan untuk menghapus beberapa file dan aplikasi yang tidak penting agar menyediakan space pada perangkat.
  • Update Perangkat Lunak atau OS Perangkat, seperti yang kita semua ketahui OS pada perangkat seluler sangatlah penting, karena semua perintah yang kamu berikan akan direspon oleh perangkat setelah OS memberi perintah. Oleh karena itu, rutin memperbarui sistem OS akan menjaga performa perangkat.
  • Muat Ulang Perangkat, setelah melakukan semua cara diatas jangan langsung akses aplikasi WhatsApp, kamu bisa muat ulang perangkat lebih dulu. Jika sudah, baru coba akses kembali aplikasi WhatsApp.

Server Aplikasi WhatsApp Bermasalah

Penyebab terakhir yang bisa saja membuat status wa tersimpan otomatis ke perangkat adalah server utama dari aplikasi WhatsApp sedang down atau bermasalah. Bagi kamu belum tahu, server utama pada aplikasi wa sangatlah penting terutama dalam pengoperasian.

Kenapa? Karena server utama memiliki banyak peran penting dalam pengoperasian aplikasi wa, adapun beberapa peran penting server utama diantaranya pusat lalu lintas data, wadah penyimpanan data, pusat sistem operasi, dan lain sebagainya.

Jika ada masalah pada server utama, saya rasa wajar kalau tiba tiba ada masalah pada fitur status wa yang tiba tiba menyimpan foto atau video ke galeri. Lantas bagaimana cara mengatasi penyebab ini mas?

Solusinya:

Sebenarnya secara teknisi kamu tidak perlu melakukan hal apapun karena teknisi WhatsApp pasti sedang berusaha memperbaiki masalah ini dan biasanya tidak hanya terjadi pada kamu saja, melainkan juga pengguna WhatsApp lain.

Tapi, untuk memastikan benar atau tidaknya kamu bisa menghubungi CS WhatsApp untuk menanyakan terkait masalah yang kamu alami melalui link ini https://www.whatsapp.com/contact/noclient?lang=id

Mungkin hanya itu saja yang bisa Calonpengangguran jelaskan kepada kamu semua mengenai kenapa status WA orang tersimpan otomatis ke galeri beserta cara mengatasinya. Semoga informasi singkat diatas bisa bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *