Kenapa Saldo ATM BCA Berkurang Sendiri? Ternyata Ini Penyebabnya!

Apakah kamu adalah salah satu pengguna ATM BCA yang saat ini sedang bingung karena saldo ATM BCA kamu berkurang sendiri? Jika iya, maka kamu wajib menyimak artikel edisi kali ini yang akan menyajikan informasi mengenai penyebab saldo ATM BCA berkurang sendiri dan cara mengatasinya.

Kamu pasti sudah tahu kalau Bank BCA adalah salah satu bank swasta yang cukup dipercaya oleh banyak nasabah di seluruh Indonesia. Bank yang satu ini dipercaya karena memiliki tata nilai yang utama yaitu perhatian atau kepedulian dengan diikuti oleh usaha untuk memberikan layanan guna memenuhi harapan dan atau kebutuhan nasabah secara spesifik.

Bank BCA sendiri memiliki berbagai layanan dan fasilitas yang bisa diakses dengan mudah oleh para nasabahnya, sehingga tidak heran bila bank yang satu ini banyak dipilih oleh nasabah. Layanan yang dimiliki oleh bank BCA antara lain transfer melalui ATM dan mobile banking BCA, dan berbagai layanan lainnya yang bisa diakses dengan mudah oleh nasabah.

Namun dibalik kemudahannya dalam bertransaksi, masih ada pula kendala yang sering dialami oleh para nasabah, salah satunya yaitu saldo berkurang dengan sendirinya. Hal ini tentu sangat mengganggu dan membuat para nasabah bertanya-tanya terkait penyebab kenapa saldo ATM BCA berkurang sendiri.

Oleh karena itu, untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut akan kami bagikan informasi lengkapnya mengenai beberapa faktor yang menyebabkan saldo ATM BCA berkurang sendiri. So, simak pembahasan lengkapnya berikut ini bagi kamu yang ingin mengetahui jawabannya.

Penyebab Saldo ATM BCA Berkurang Sendiri

kenapa saldo atm bca berkurang sendiri

Perlu kamu tahu, ada banyak hal yang bisa menyebabkan saldo ATM BCA berkurang sendiri, di mana faktor utamanya yaitu adanya biaya tambahan yang mungkin tidak kamu sadari saat melakukan transaksi di ATM tersebut, seperti transfer uang antar bank, membayar tagihan, beli pulsa dan lain sebagainya. Berikut ini akan kami uraikan mengenai beberapa penyebab kenapa saldo ATM BCA berkurang sendiri.

Biaya Administrasi Bulanan

Penyebab pertama yang membuat saldo ATM BCA berkurang sendiri yaitu dikarenakan adanya biaya administrasi bulanan yang dikenakan kepada para nasabah pemegang ATM atau rekening BCA. Biaya administrasi tersebut dikenakan atas jasa-jasa yang memerlukan administrasi khusus, dan akan terpotong secara otomatis melalui saldo ATM setiap bulannya.

Perlu kamu ketahui, pembebanan biaya administrasi ini biasanya dikenakan untuk pengelolaan suatu fasilitas tertentu, di mana jumlah yang dikenakan berbeda-beda tergantung dari pihak bank. Bagi kamu para nasabah BCA, Berikut ini adalah rincian biaya administrasi bulanan ATM sesuai dengan jenis rekening yang kamu gunakan.

  • Tabunganku: bebas biaya admin
  • Simpanan pelajar BCA: bebas biaya admin
  • BCA laku: tanpa biaya
  • Tabungan tahapan BCA
    • ATM silver: Rp.15.000/bulan
    • ATM gold: Rp.17.000/bulan
    • ATM platinum: Rp.20.000/bulan
  • Tahapan gold: Rp.15.000- Rp.20.000/bulan
  • BCA Xpresi: Rp.7.500/bulan
  • Tapres BCA: Rp.17.000/bulan

Biaya Transaksi di ATM Berbeda

Penyebab selanjutnya saldo ATM BCA berkurang sendiri yaitu karena adanya biaya ketika kamu melakukan transaksi di ATM selain BCA. Jumlah dari biaya atau tarif transaksi tentunya berbeda-beda tergantung dari jenis ATM yang kamu gunakan. Jika kamu menggunakan ATM link, maka nasabah akan dikenakan tarif sebesar Rp.2.500 untuk mengecek saldo dan Rp.5.000 ketika melakukan tarik tunai. Tarif tersebut akan didebet langsung dari rekening atau saldo nasabah pada saat melakukan transaksi tersebut.

Apabila kamu menggunakan ATM prima untuk melakukan transaksi, maka tarif yang akan dikenakan juga berbeda-beda tergantung dengan jenis transaksi yang kamu lakukan. Jika melakukan transfer, maka kamu akan dikenakan tarif Rp.6.500, untuk penarikan tunai Rp.7.500, cek saldo Rp.4000, dan apabila saldo tidak cukup atau gagal melakukan transaksi dikenakan Rp.2.500.

Terpotong Biaya Tagihan Autodebet

Penyebab lainnya yang membuat saldo ATM BCA kamu berkurang sendiri yaitu karena adanya tagihan autodebet yang dibayarkan secara otomatis. Hal ini membuat saldo ATM BCA kamu akan berkurang dengan sendirinya setiap bulan sebesar jumlah tagihan yang harus kamu bayarkan. 

Misalnya saja pembayaran BPJS dengan autodebet yang mungkin saja kamu aktifkan sebelumnya. Untuk memastikan hal tersebut, kamu bisa menghubungi call center halo BCA di nomor 1500 888.

Menjadi Korban Skimming atau Penipuan

Hal yang perlu kamu waspadai yaitu saat saldo kamu berkurang dengan sendirinya, terutama dalam jumlah yang besar. Bisa saja hal menandakan bahwa kamu menjadi korban skimming oleh pihak yang tidak bertanggung jawab yang berniat untuk menguras isi Saldo di ATM kamu. 

Perlu kamu tahu, skimming adalah tindakan pencurian informasi kartu kredit atau debit yang dilakukan dengan cara menyalin informasi yang terdapat pada-magnetik kartu kredit atau debit tanpa sepengetahuan pemilik ATM. 

Skimming menjadi salah satu jenis penipuan yang masuk ke dalam metode phising yang merupakan salah satu ancaman kejahatan dengan cara mencuri data penting orang lain, misalnya data Bank seperti nomor rekening, nomor kartu ATM, PIN, dan lain sebagainya.

Jika kamu melihat adanya transaksi mencurigakan yang menyebabkan saldo kamu berkurang dalam jumlah besar, maka segera lapor ke call center halo BCA di nomor 1500 888 untuk tindakan lebih lanjut.

Biaya Tarik Tunai di ATM Lain

Selain beberapa hal diatas, penyebab lain yang bisa saja mengurangi saldo rekening BCA kamu adalah adanya aktivitas tarik tunai yang dilakukan di mesin ATM lain, seperti BNI, BRI, Mandiri dan lain sebagainya.

Ketika penarikan dilakukan di mesin ATM Bank lain, maka kamu diharuskan membayar biaya pelayanan yang nominal biayanya berbeda-beda, ada yang 5000, 10.000 dan seterunya. Meski pada dasarnya setiap bank di Indonesia bisa melakukan penarikan di mesin ATM manapun asal ada keterangan Bank Bersama.

Tapi, kamu diharuskan membayar biaya pelayanan tersebut. Jadi bisa saja, saldo rekening BCA mu yang tiba tiba berkurang bisa disebabkan oleh aktivitas tarik tunai di mesin ATM bank lain. Oleh karena itu, kamu ingat ingat lagi ya apakah pernyataan ini benar atau tidaknya.

Bayar Biaya Langganan Aplikasi

Tidak hanya itu saja, saldo ATM BCA mu juga bisa berkurang apabila kamu telah menghubungkan rekening BCA mu ke metode pembayaran langganan aplikasi di ponsel. Jadi, secara otomatis aplikasi akan menagih pembayaran langganan ke rekening BCA sehingga saldo mu akan terpotong dengan sendiri tanpa kita sadari.

Oleh karena itu, coba kamu cek aplikasi mana yang sekiranya pernah di upgrade ke premium atau berbayar, caranya cukup mudah kamu hanya perlu buka App Store atau Play Store, cari menu langganan, jika ada daftar langganan ada aplikasinya berarti kamu memang benar mengaktifkan fitur pembayaran otomatis. Silahkan kamu hentikan langganan atau ganti metode pembayaran agar tidak langsung memotong saldo rekening BCA mu.

Baca Juga:

Cara Mengatasi Saldo Rekening BCA Berkurang Sendiri

Setelah mengetahui beberapa penyebab diatas, tentu kamu akan lebih mudah bukan mengatasi masalah ini? Yah, karena secara umum kamu sudah tahu poin penting apa saja yang harus diperhatikan. Berdasarkan beberapa penyebab diatas, akan Cp rangkum beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi saldo ATM BCA berkurang sendiri, diantaranya:

Cek Saldo Sebelum Awal Bulan

Bagi kamu yang belum paham mengenai biaya bulanan pada rekening BCA, kamu bisa melakukan pengecekan saldo setiap akhir bulan. Ini dilakukan untuk memastikan berapa biaya bulanan yang harus kamu bayar, karena setiap awal bulan pihak Bank akan memotong saldo kamu sebagai biaya bulanan.

Pastikan Paham Biaya Transfer Antar Bank

Selain memastikan sisa saldo setiap akhir bulan, kamu juga perlu mengetahui bahwa setiap kali transfer ke bank lain akan dikenakan biaya. Oleh karena, cek detail transaksi untuk mengetahui berapa biaya transfer tersebut dan cek sisa saldo sebelum transfer dan sesudah transfer. Ini dilakukan agar semua tranksaksi di rekening BCA kamu tercatat dengan detail dan sebagai catatan terkait saldo rekening mu.

Cek Pembayaran Otomatis Rekening BCA

Kamu juga perlu memastikan apakah rekening BCA mengaktifkan fitur autodebet atau bayar otomatis, baik untuk tagihan ataupun langganan aplikasi yang kamu gunakan. jika ada, kamu bisa mengganti metode pembayaran apabila tidak ingin menggunakan rekening BCA agar saldo tidak terpotong otomatis.

Jangan Tarik Tunai di Mesin ATM Bank Lain

Seperti yang sudah saya sampaikan diatas, bahwa setiap kali kamu melakukan tarik tunai di mesin ATM Bank lain akan dikenakan biaya layanan. Oleh karena itu, jika kamu tidak ingin membayar biaya layanan ini jangan pernah tarik tunai di mesin ATM Bank lain.

Pastikan Rekening BCA Aman

Saat ini ada banyak sekali cara oknum tidak bertanggungjawab membobol data rekening Bank, terutama bagi mereka yang menggunakan M Banking untuk melakukan transaksi, seperti tarik tunai, bayar tagihan, transfer dan lain sebagainya.

Belakangan, satu cara yang sedang viral adalah membagikan link ke WhatsApp. Jadi, kalau si pemilik M Banking mengklik link tersebut, maka si pengirim bisa mengetahui data rekening si pemilik seperti nomor rekening, PIN dan lain sebagainya. Selain itu, si oknum brengsek ini juga memiliki akses menggunakan M Banking tersebut untuk melakukan transfer.

Sayangnya tidak ada cara mengetahui apakah M Banking tersebut sedang diretas atau tidak, sehingga banyak korban yang baru tahu rekening mereka di bobol setelah adanya notifikasi transfer. Untuk menghindari kejadian skimming ini, kamu bisa melalukan beberapa tips yang akan saya berikan dibawah ini:

  • Jangan Klik Link Apapun, hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah jangan pernah klik link apapun yang dikirim ke WhatsApp ataupun platform pesan lain, terutama dari orang yang tidak dikenal. Ini dilakukan agar M Banking kamu aman dari proses retas data yang bisa saja membuat oknum tersebut memiliki izin mengakses M Banking kamu.
  • Tutup Tangan Saat Input PIN, selain tidak mengklik link apapun yang dikirim oleh oknum tidak bertanggungjawab, kamu juga harus menutup tangan ketika menginput PIN. Kenapa? Karena ada cara mengawasi gerak gerik kamu melalukan kamera ponsel, jadi si penjahat itu bisa mengetahui aktivita yang kamu lakukan melalui kamera ponsel.
  • Periksa ATM BCA, sebelum melakukan penarikan uang di mesin ATM, kamu harus cek dulu apakah ada sesuatu di mesin tersebut. Jika ada hal yang mencurigkan kamu bisa lapor ke satpam yang bertugas atau menghubungi HaloBCA di 1500888.
  • Ganti PIN Berskala, selain beberapa hal diatas kamu juga perlu mengganti PIN ATM BCA terus menerus, paling tidak 2 minggu sampai 1 bulan sekali. Ini dilakukan agar oknum jahat tersebut sulit mengetahui PIN mu.

Demikian ulasan yang bisa kami bagikan untuk kamu mengenai kenapa saldo ATM BCA berkurang sendiri dan cara mengatasinya. Semoga informasi kali ini bisa bermanfaat untuk kamu dan jangan lupa nantikan selalu update artikel lainnya dari situs kami.

One comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *