Kenapa Lampu Indikator BCA Mobile Merah Terus? Ini Cara Mengatasinya!

Belum lama ini, banyak orang yang sedang mencari hal terkait Kenapa Lampu Indikator BCA Mobile Merah Terus. Apakah kamu juga sedang mengalami masalah tersebut? Jika iya, disini saya akan memberikan beberapa solusi untuk mengatasinya.

Dengan perkembangan zaman digital seperti saat ini, kita dipermudah untuk melakukan banyak hal seperti melakukan transaksi. Saat ini, untuk melakukan transaksi tidak harus pergi ke mesin ATM sebab sudah ada terobosan baru yang mempermudah setiap orang untuk melakukan transaksi.

Yaitu dengan menggunakan Internet Banking dan Mobile Banking yang dapat memudah setiap orang untuk melakukan transaksi hanya dengan bermodalkan HP dan Koneksi internet. hal ini tentunya lebih bagus dari pada SMS Banking bukan.

Nah, salah satu aplikasi yang sering digunakan oleh banyak orang adalah BCA Mobile. Banyak pengguna BCA yang mengaktifkan Mobile Banking mereka untuk mendapat kemudahan dalam melakukan transaksi.

Setiap pengguna BCA Mobile sangat tidak asing lagi dengan indikator yang terdapat di aplikasi BCA Mobile. Indikator ini terletak pada bagian atas atau pojok kanan atas. Jika ingin melakukan transaksi, indikator BCA Mobile harus berwarna Hijau terlebih dahulu. Apabila masih berwarna Biru ataupun Merah, kamu belum dapat melakukan transaksi. Lantas, Apa penyebab dan cara mengatasi Mbanking BCA Merah Terus? Jika kamu mengalami hal seperti ini, silahkan ikuti cara yang saya berikan sebagai berikut.

Penyebab Lampu Indikator BCA Mobile Merah Terus

Kenapa Lampu Indikator BCA Mobile Merah Terus

Koneksi Internet Tidak Stabil  

Hal pertama yang paling sering menyebabkan lampu indikator BCA Mobile selalu merah adalah koneksi internet yang terhubung ke perangkat buruk atau tidak stabil.

Kita semua ketahui, BCA Mobile merupakan aplikasi resmi dari Bank Central Asia yang dibuat dengan tujuan mempermudah aktivitas transaksi nasabah BCA seperti transfer uang, cek saldo, bayar tagihan dan lain sebagainya.

Untuk bisa mengakses aplikasi BCA Mobile diperlukan perangkat yang kompatibel dan juga terhubung dengan koneksi internet. Apabila terjadi masalah pada jaringan internet yang terhubung dengan perangkat, masalah saat mengakses atau menggunakan BCA Mobile wajar terjadi.

Ada banyak faktor yang menyebabkan koneksi internet yang kamu gunakan tidak stabil, seperti server provider sedang melakukan pembaruan, tower provider mengalami kerusakan, server sedang pemeliharaan, mati lampu dan lain sebagainya.

Perangkat Tidak Kompatibel

Penyebab lainnya yang membuat BCA Mobile tidak bisa digunakan atau lampu indikator merah terus adalah perangkat dan aplikasi BCA Mobile tidak saling support. Sebagai aplikasi resmi dari Bank Central Asia, tentu BCA Mobile terus mengalami perkembang, ntah dari fitur, keamanan, tampilan dan lain sebagainya.

Semakin seringnya aplikasi BCA Mobile update, tentu saja perangkat yang bisa menggunakan aplikasi ini harus dilengkapi teknologi yang memadai bukan? Oleh karena itu perangkat menjadi salah satu hal penting yang harus diperhatikan pengguna ketika ingin menggunakan aplikasi BCA Mobile.  

Apabila perangkat menggunakan versi android dibawah syarat dan ketentuan yang berlaku oleh developer atau pengembang, tentu perangkat tidak akan bisa menggunakan aplikasi BCA Mobile ini.

Tidak Rutin Update Aplikasi BCA Mobile

Selain karena dua hal diatas, kebiasaan tidak rutin update aplikasi BCA Mobile juga sering menyebabkan perangkat gagal mengakses atau membuka aplikasi ini. Kenapa bisa begitu? Karena pada dasarnya aplikasi versi lama sangat rawan terkena bug yang disebabkan oleh serangan virus ataupun cache yang menumpuk.

Ketika Anda sebagai pengguna tidak rutin memperbarui aplikasi BCA Mobile, masalah seperti akan wajar terjadi. Mengingat pihak developer atau pengembang BCA Mobile sudah melakukan yang terbaik agar nasabah bisa merasa aman dan nyaman, tapi sebagai nasabah Anda tidak memperhatikan hal tersebut.

Cache Menumpuk

Kebiasaan tidak pernah menghapus cache atau sampah penggunaan juga sering membuat aplikasi yang terinstall di perangkat Anda tidak bisa digunakan, termasuk BCA Mobile.

Ini dikarenakan semakin banyak cache atau sampah penggunaan akan membuat perangkat menanggung beban lebih berat, sehingga secara perlahan performa akan menurun dalam hal merespon perintah yang Anda berikan seperti membuka aplikasi. Selain itu, cache juga sering mengakibatkan timbulnya bug dan terjadi crash pada saat mengakses aplikasi tertentu.

Ruang Penyimpanan Penuh

Apabila perangkat tidak memiliki ruang penyimpanan kosong, maka akan sangat rawan terjadi masalah saat membuka aplikasi yang terinstall di perangkat.

Ini berkaitan dengan cache atau sampah penggunaan diatas, bisa Anda bayangkan perangkat yang tidak memiliki ruang penyimpanan sementara tiap kali Anda mengakses atau membuka aplikasi tertentu akan menghasilkan cache yang akan tersimpan secara otomatis ke perangkat.

Kemanakah cache atau sampah itu akan disimpan? Tentu saja akan menimpa file lain. Ini lah awal timbulnya masalah tidak bisa  membuka aplikasi tanpa disadari pengguna karena menyerang pelan-pelan.

Salah Input Kata Sandi

Tidak hanya karena beberapa hal yang berkaitan antara perangkat dan aplikasi BCA Mobile, tapi kesalahan dalam menginput atau memasukan kata sandi bisa saja membuat lampu indikator selalu berwarna merah yang menandakan Anda tidak bisa melakukan transaksi apapun di BCA Mobile.

Harus kalian semua pahami, BCA Mobile adalah aplikasi mbanking resmi dari Bank Central Asia yang mengutamakan keamanan dan kenyamanan kepada nasabahnya.

Oleh karena itu, semakin sering pengguna salah memasukan atau input kata sandi di aplikasi BCA Mobile secara otomatis aplikasi akan mengaktifkan fitur keamanan karena adanya aktivitas mencurigakan.

Walaupun pada kesempatan terakhir Anda sudah benar memasukan kata sandi, tetap saja sistem akan mengaktifkan keamanan secara otomatis sehingga semua aktivitas tidak ada bisa dilakukan di aplikasi BCA Mobile.

Apabila kesalahan input password terjadi secara terus menurus, sistem tidak hanya melarang Anda melakukan transaksi di aplikasi BCA Mobile, melainkan Anda harus melakukan login ulang akun dengan memasukan nama lengkap, nomor kartu atm, masa berlaku kartu atm dan lain sebagainya.

Login Pada Banyak Perangkat

Memang sih tidak ada yang melarang kalau Anda punya banyak perangkat, karena sebagian orang memang begitu. Bukan untuk sombong, tapi lebih kearah agar mempermudah pekerjaan saja.

Tapi satu saran saya, kalau Anda memiliki banyak perangkat jangan coba-coba menggunakan atau menginstall aplikasi BCA Mobile ke semua perangkat yang Anda punya.

Kenapa? Karena pada dasarnya ini adalah perilaku yang tidak disukai oleh pihak BCA Mobile karena mereka akan kesulitan mendeteksi mana perangkat utama yang Anda gunakan. Selain itu, login dibanyak perangkat akan membuat sistem mengidetifikasikan bahwa ada aktivitas mencurigakan pada akun mu yang tentu saja bisa mengancam keamanan.

Server Aplikasi BCA Mobile Down

Diluncurkan dalam versi aplikasi, membuat BCA Mobile harus memiliki server utama untuk memudahkan proses perbaikan ataupun pengecekan dan menjalankan aplikasi ini.

Kalau ternyata lampu indikator BCA Mobile merah terus disebabkan oleh server down atau bermasalah, maka hal ini sangat wajar sih. Mengingat begitu banyaknya nasaba dari BCA yang menggunakan aplikasi mereka untuk berbagai macam transaksi.

Masalah server down atau bermasalah sendiri bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti sedang melakukan pemeliharaan karena ada serang virus yang mencurigakan ataupun sedang melakuka upgrade server karena kapasitas pengguna mulai penuh.

Baca Juga:

Cara Mengatasi Lampu Indikator BCA Mobile Merah

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, bahwa kamu dapat melakukan transaksi hanya jika lampu Indikator berwarna Hijau saja. Apabila lampu Indikator tersebut berwarna Biru atau merah, kamu tidak akan dapat melakukan transaksi. Jadi bagaimana cara mengatasinya? Silahkan ikuti saran yang sudah saya berikan dibawah ini:

Matikan Jaringan Internet atau Mode Pesawat

Langkah pertama yaitu mengecek koneksi yang perangkat Anda gunakan, caranya sangat mudah Anda bisa kunjungi situs Speedtest. Jika hasilnya koneksi internet tidak bermasalah, Anda bisa mematikan jaringan internet yang digunakan atau mengaktifkan Mode Pesawat terlebih dahulu. Silahkan matikan sampai beberapa menit, biasanya jika saya melakukan hal ini sampai 2 atau 3 menit.

Setelah itu aktifkan kembali jaringan internet yang kamu gunakan, dan buka kembali Mobile Banking BCA. Jika berhasil, nantinya indikator BCA mobile akan berubah warna Hijau. Apabila ternyata hasilnya koneksi internet yang perangkat Anda gunakan buruk atau tidak stabil, saran saya gunakan koneksi internet lain, dengan menghubungkan ke jaringan wifi atau hotspot teman.

Pastikan Perangkat Kompatibel

Selanjutnya Anda harus memastikan antara perangkat dan aplikasi BCA Mobile saling support atau mendukung, cara mudahnya Anda bisa buka Play Store, cari aplikasi BCA Mobile, baca informasi tentang aplikasi ini. Dengan membaca laman tersebut Anda akan mendapatkan informasi terkait aplikasi BCA Mobile, seperti tanggal terakhir update, versi aplikasi, versi android yang support dan lain sebagainya.

Update Aplikasi BCA Mobile

Kalau Anda tidak pernah update atau perbarui aplikasi BCA Mobile, mulai sekarang lebih rajin untuk mengecek updatean dari aplikasi ini agar masalah seperti ini tidak terjadi lagi. Cara mudahnya, Anda bisa membuka Play Store atau App Store, cari aplikasi BCA Mobile, jika terdapat keterangan update berarti aplikasi yang Anda gunakan belum versi terbaru, silahkan update dan tunggu sampai selesai. Lakukan pengecekan paling tidak 2 minggu sekali, atau Anda bisa mengaktifkan fitur update otomatis di perangkat.

Hapus Cache

Setelah berhasil update aplikasi BCA Mobile, Anda juga perlu menghapus cache atau sampah penggunaan di perangkat. Caranya, masuk ke pengaturan, klik kelola aplikasi, cari aplikasi BCA Mobile dan hapus cache. Selain menghapus cache di aplikasi BCA Mobile, Anda bisa menghapus cache pada aplikasi yang sekiranya paling sering digunakan, seperti Tiktok, Instagram, WhatsApp dan lain sebagainya.

Hapus File dan Aplikasi Tidak Penting

Kemudian, Anda bisa menghapus beberapa file dan aplikasi yang tidak penting agar memberi ruang pada perangkat. Kalau ternyata semua file dirasa penting, Anda bisa memindahkannya ke perangkat lain.

Muat Ulang Perangkat

Setelah berhasil membersihkan cache dan menghapus file file tidak penting, jangan dulu buka aplikasi BCA Mobile. Saran saya, Anda bisa install ulang aplikasi BCA Mobile dan muat ulang perangkat, kenapa? karena tidak jarang aplikasi yang sudah diupdate tetap menyisakan bug yang bisa muncul sewaktu-waktu, oleh karena itu dengan menginstall ulang aplikasi BCA bug akan hilang seutuhnya. Lalu, melakukan muat ulang perangkat juga bisa menghilang bug yang menghambat respon perintah.

Jangan Salah Input Kata Sandi

Selain melakukan beberapa hal diatas, Anda juga harus memastikan sudah benar saat menginput kata sandi, jangan sampai salah walaupun satu kali, karena kalau sampai salah Anda harus login ulang perangkat. Apabila ini terjadi, Anda harus memasukan semua data diri dari awal, merepotkan bukan? Tapi inilah cara mengamankan akun mu dari oknum-oknum tidak bertanggungjawab.

Logout di Perangkat Lain

Jika Anda melakukan login akun BCA dibanyak perangkat, saran saya keluarkan semua akun tersebut, lalu hapus semua cache dan uninstall aplikasi BCA dari perangkat lain agar akun mu tidak dicurigai melakukan aktivitas mencurigakan.

5. BCA Mobile Dalam Gangguan

Terakhir adalah server BCA Mobile dalam Gangguan. Jika hal ini terjadi maka Anda tidak akan bisa melakukan transaksi apapun sampai server kembali beroperasi dengan normal. Jika ini sampai terjadi, maka tidak hanya Anda saja yang tidak bisa melakukan transaksi melainkan semua nasabah yang menggunakan BCA Mobile tidak bisa melakukan transaksi. Untuk memastikan hal ini benar atau tidak, Anda bisa menghubungi CS BCA melalui link ini

https://www.bca.co.id/id/Individu/layanan/Customer-Service

Penutup

Itulah hal atau informasi yang dapat saya sampaikan tentang Kenapa Lampu Indikator BCA Mobile Merah Terus beserta cara mengatasinya. Semoga hal yang saya bagikan ini dapat membantu kamu dalam mengatasi masalah tersebut. Jika ada beberapa hal yang ingin kamu tanyakan, silahkan sematkan di kolom komentar yang sudah saya sediakan di bawah ini.

3 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *