Kenapa M Banking BCA Tidak Bisa Dibuka? Begini Cara Mengatasinya

Belum lama ini, banyak netizen yang sedang mempertanyakan masalah tentang Kenapa M Banking BCA Tidak Bisa Dibuka? Apakah kamu juga sedang mengalami hal tersebut? Jika iya, disini saya akan menjelaskan cara untuk mengatasinya.

Pertanyaan mengenai M Banking BCA tidak dapat dibuka atau login semakin banyak ditanyakan oleh beberapa pengguna. Untuk kamu yang mengalami masalah ini, kamu tidak perlu cemas karena setiap masalah pasti ada solusinya.

Masalah ini memang sering terjadi kepada pengguna M Banking BCA, penyebabnya sendiri sangat beragam, mulai dari pengguna layanan BCA ataupun pihak BCA itu sendiri. Pada kesempatan kali ini Cp akan menjelaskan beberapa penyebab dan cara mengatasi aplikasi BCA Mobile tidak bisa dibuka atau login sebagai berikut.

Penyebab Aplikasi M Banking Tidak Bisa Dibuka

kenapa m banking bca tidak bisa dibuka

Sebelum lanjut ke cara untuk mengatasinya, alangkah baiknya kamu juga mengetahui penyebab masalah M Banking BCA tidak bisa dibuka. Hal ini supaya nantinya kamu tidak mengalami masalah yang sama kedua kalinya.

Untuk penyebab M Banking tidak bisa dibuka seperti dibawah ini:

Server BCA Down

Penyebab pertama kamu tidak dapat membuka M Banking BCA adalah karena server BCA sedang down. Masalah paling umum BCA Mobile bermasalah saat diakses oleh semua pengguna adalah karena ada pemeliharaan server BCA.

Pastinya kamu bingung bukan kenapa tidak dapat membuka aplikasi M Banking BCA, padahal kuota internet yang kamu miliki masih banyak, tetapi kenapa tidak dapat membukanya. Hal ini besar kemungkinan bahwa masih ada pemeliharaan server BCA, dan biasanya perbaikan server ini tidak dapat ditentukan sampai kapan.

Koneksi Internet Tidak Stabil

Penyebab kedua M Banking BCA tidak dapat dibuka adalah karena jaringan internet yang kamu gunakan tidak stabil. Bisa saja kemungkinan masalah terjadi tidak karena server BCAnya, tetapi karena jaringan internet yang kamu gunakan buruk.

Tentunya untuk membuka aplikasi M Banking BCA harus menggunakan jaringan internet yang stabil atau bagus. Jaringan internet bagus atau tidak tentunya mempengaruhi disaat kamu membuka aplikasi tersebut.

Aplikasi BCA Mobile Masih Menggunakan Versi Lawas

Penyebab selanjutnya adalah aplikasi M Banking BCA yang kamu gunakan belum di update atau belum menggunakan versi terbarunya. Kemungkinan besarnya aplikasi BCA Mobile sudah kadaluarsa dan ada beberapa fitur yang tersedia jadi tidak aktif.

Kesalahan ini sering sekali terjadi kepada beberapa pengguna, karena mereka tidak mengecek update aplikasi di ponsel milikinya. Hal ini akan menyebabkan pengguna BCA Mobile tidak dapat melakukan transaksi bahkan biasanya tidak dapat membuka aplikasinya itu sendiri.

Cache Menumpuk

Selanjutnya adalah karena perangkat yang kamu gunakan terlalu banyak Cache yang menumpuk. Hal ini akan menyebabkan beberapa aplikasi akan mengalami masalah, termasuk aplikasi BCA Mobile.

Perlu kamu semua ketahui, cache atau sampah pengguna dihasilkan dari seberapa sering kita menggunakan suatu aplkasi. Jadi, kalau kamu sering menggunakan aplikasi BCA Mobile, ntah itu transaksi seperti mengirim uang, membayar tagihan, cek mutasi dan lain sebagainya akan menghasilkan cache yang akan disimpan ke perangkat.

Semakin banyaknya cache yang tersimpan tentu akan membuat perangkat menanggung beban karena harus menyimpan file sampah ini, selain perangkat yang berat server dari aplikasi BCA Mobile juga akan berpengaruhi, oleh karena itu wajar saja terjadi masalah saat membuka aplikasi ini.

Ruang Penyimpanan Perangkat Penuh

Masih berkaitan cache, tapi ini lebih khusus pada penyimpanan perangkat, jadi kamu harus mengecek apakah ruang penyimpanan perangkat sudah penuh atau belum. Kenapa ini diperlukan? karena apabila ternyata ruang penyimpanan perangkat penuh akan meningkatkan terjadinya masalah pada ponsel beserta aplikasi yang terinstall.

Misalnya begini ya, anggap saja perangkat kamu tipe a yang menyediakan penyimpanan internal 128 GB, ternyata itu sudah penuh karena banyak menyimpan file dan menginstall aplikasi. Kalau ruang penyimpanan sudah penuh, terus cache yang kamu hasilkan setiap kali menggunakan aplikasi akan disimpan kemana dong?

Yang pasti file file itu akan menumpuk dan menimpa file yang sudah secara otomatis, sehingga terjadi kesalahan dalam menyimpan yang sering kali membuat perangkat menjadi lambat merespon perintah yang kamu berikan atau lemot.

Akun di Bajak/Retas

Selanjutnya adalah karena akun BCA Mobile yang kamu miliki di retas oleh orang lain. Sebagai pengguna, alangkah baiknya kamu harus berhati-hati dalam menggunakan M Banking BCA dalam melakukan pembayaran.

Masalah ini tentunya sangat fatal bila benar sampai terjadi, hal ini akan membuat kamu tidak dapat melakukan pembayaran tagihan maupun top up. Akun BCA yang kamu miliki jika diretas, akan membuat kamu tidak dapat melakukan transaksi atau bahkan membukanya.

Salah Memasukan ID dan Password Lebih Dari 3 kali

Penyebab selanjutnya adalah karena kamu salah memasukan ID dan Password BCA Mobile melebihi batas maksimalnya. Namun batas maksimal untuk memasukan Password BCA Mobile adalah 3 kali, jika lebih dari itu maka secara otomatis akun BCA kita terblokir.

Tapi tak jarang pula kamu tidak akan bisa login lagi, meski baru sekali input password atau kata sandi. Ini wajar sih, karena M Banking BCA adalah aplikasi yang sangat sensitif karena berkaitan dengan uang nasabah sehingga pihak BCA menyematkan sistem keamanan yang ketat.

Jika hal ini sudah terjadi, kamu akan diminta mengubah kata sandi atau password, untuk bisa melakukan hal itu kamu akan diminta menginput data diri, seperti Nama Lengkap, Nomor di Kartu ATM, masa berlaku kartu ATM lalu melakukan verifikasi akun dengan memasukan kode verifikasi yang akan dikirim ke nomor telepon mu.

Sedang Login di Perangkat Lain

Menggunakan aplikasi BCA Mobile pada dua perangkat atau lebih bukanlah yang disukai oleh pihak BCA, karena ini sedikit melanggar syarat dan ketentuan terkait penggunaan aplikasi BCA Mobile. Oleh karena itu, masalah tidak bisa login ke aplikasi BCA Mobile bisa disebabkan oleh banyaknya perangkat yang login ke akun Mobile BCA atau sedang login di perangkat lain.

Alasan utama pihak BCA tidak menyukai tindakan ini adalah karena pihak mereka akan sulit memastikan mana perangkat asli yang nasabah gunakan, sehingga mereka akan memutuskan secara sepihak perangkat a atau perangkat b adalah perangkat utama yang tentunya akan berdampak buruk pada salah satu perangkat.

Server BCA Sedang Pemeliharaan

Penyebab terakhir adalah karena server sedang mengalami gangguan atau masalah, hal ini bisa disebabkan oleh banyak hal seperti sedang melakukan pemeliharaan karena menerima serang virus dari luar yang diduga mengancam keamanan data nasabah atau sedang melakukan upgrade kapasitas server karena jumlah pengguna aplikasi BCA Mobile meningkat.

Meski sebenarnya, saat pihak teknisi BCA sedang melakukan perbaikan server aplikasi mereka tidak semua pengguna tidak bisa menggunakan aplikasi BCA Mobile, mungkin hanya sekitar 50 persen atau kurang, nah bisa saja kamu salah satu pengguna yang terkena dampak perbaikan server utama aplikasi BCA Mobile.

Cara Mengatasi M Banking BCA Tidak Bisa Dibuka

Setelah mengetahui beberapa penyebab M Banking BCA miliki kamu tidak dapat digunakan, saatnya kamu mencari tau tentang cara untuk mengatasinya. Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, bahwa saya disini akan menjelaskan tentang cara untuk mengatasinya. Untuk cara mengatasi BCA Mobile tidak dapat login dapat kamu ikuti seperti dibawah ini:

Pastikan Akun BCA Mobile Kamu Tidak Login di Perangkat Lain

Cara mengatasi yaitu pastikan bahwa akun BCA Mobile kamu tidak login di perangkat manapun, hal ini dapat kamu pastikan dengan membuka ibank.klikbca.com, melalui laman resmi tersebut kamu bisa mengecek akun BCA Mobile. Seperti yang sudah saya jelaskan diatas bahwa pengguna BCA Mobile tidak akan dapat login atau membuka karena telah melakukan login akun ke perangkat lain. Hal ini dilakukan pihak BCA untuk memperketat keamanan akun BCA pengguna agar tidak mudah diretas oleh oknum tidak bertanggungjawab.

Gunakan Fitur Lupa Password

Selanjutnya dengan menggunakan fitur lupa password yang tersedia di dalam aplikasi M Banking BCA. Kamu dapat menggunakan fitur tersebut untuk merubah password lama, agar dapat kembali login ke aplikasi BCA Mobile.

Lebih mudahnya, jika kamu menggunakan menggunakan fitur lupa password maka pengguna dapat login kedalam akun BCA mereka tanpa harus memasukan password secara manual. Hanya saja perlu dipastikan, akun BCA tidak pernah login di perangkat lain, kalau sudah pernah cara ini tidak akan berhasil.

Untuk bisa melakukan reset password atau kata sandi, nasabah diharuskan memasukan data diri terkait akun, seperti nama lengkap pengguna, tanggal lahir, nomor telepon yang didaftarkan, nomor kartu ATM, masa berlaku kartu ATM dan melakukan verifikasi akun dengan memasukan kode verifikasi yang akan dikirim ke nomor kamu.

Gunakan Koneksi yang Stabil

Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan koneksi Internet yang bagus/stabil. Untuk memastikan koneksi internet yang kamu gunakan stabil atau tidak caranya sangat mudah kok, kamu bisa kunjungi situs Speedtest maka secara otomatis situs akan menampilkan data terkait koneksi internet yang kamu gunakan.

Apabila hasil dari pengecekan kekuatan sinyal melalui situs diatas mengetahui sinyal internet stabil berarti masalahnya bukan di jaringan internet, sementara kalau ternyata hasilnya koneksi internet mu buruk saya sarankan kamu menggunakan koneksi internet seperti WIFI.

Hapus Cache di Aplikasi BCA Mobile

Apabila selama ini kamu tidak pernah membersihkan cache atau sampah penggunaan, bisa saja aktivitas tidak bisa membuka aplikasi BCA Mobile memang disebabkan oleh faktor ini. Oleh karena itu, tidak ada salahnya kamu coba bersihkan semua cache atau sampah penggunaan pada aplkasi yang terinstall di perangkat, termasuk aplikasi BCA Mobile. Adapun cara yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan cache di perangkat seluler, diantaranya:

  • Pertama, buka Settings atau Pengaturan pada HP android.
  • Cari Storage, lalu pilih Internal Storage.
  • Setelah itu, pilih Cache Data.
  • Klik OK untuk menghapus cache data.

Hapus File dan Aplikasi Tidak Penting

Selain menghapus cache di perangkat, kamu juga harus mengecek penyimpanan pada perangkat yang digunakan. Apabila ternyata ruang penyimpanan perangkat sudah penuh atau sedikit lagi penuh, saya sarankan untuk menghapus beberapa file dan aplikasi yang tidak penting. Tapi, kalau dirasa semuanya penting kamu bisa memindahkan file ke perangkat lain.

Restart Perangkat yang Kamu Gunakan

Berikutnya adalah dengan Restart perangkat yang kamu gunakan, jika cara sebelumnya yang saya berikan tidak berhasil juga, kamu dapat menggunakan cara ini. Karena pada umumnya aplikasi akan otomatis berhenti jika perangkat yang digunakan error, dan besar kemungkinan disebabkan karena memori penyimpanan penuh.

Apabila memori perangkat yang kamu gunakan penuh, makna pastinya akan berpengaruh dalam kinerja perangkat untuk masuk ke dalam aplikasi, jadi kamu dapat mengatasi masalah tersebut dengan hanya me-restart perangkat yang kamu gunakan.

Izinkan Semua Fitur BCA Mobile Berjalan

Nah, cara selanjutnya untuk mengatasi M Banking BCA tidak bisa dibuka adalah dengan menggunakan semua fitur aplikasi BCA Mobile bekerja. Jika kamu kebingungan kenapa BCA Mobile tidak dapat dibuka padahal memiliki kuota Internet, kamu dapat menggunakan cara ini.

Caranya untuk mengizinkan semua fitur BCA Mobile adalah dengan menekan lama aplikasi BCA mobile, dan masuk ke dalam Info Aplikasi, lalu masuk ke menu izinkan aplikasi, dan kamu izinkan semua menu yang ada di dalamnya.

Update Aplikasi BCA Mobile

Terakhir yaitu update aplikasi BCA Mobile yang kamu gunakan, kamu dapat update aplikasi ke versi terbaru di Play Store, atau di App Store. Seperti penjelasan yang saya berikan diatas, bahwa jika kamu masih menggunakan versi BCA Mobile lama, maka akan terjadi bug atau error dan menyebabkan tidak bisa login.

Hubungi CS Bank Central Asia

Setelah melakukan semua cara diatas dan hasilnya tetap tidak bisa login atau membuka aplikasi BCA Mobile, satu satunya cara terakhir adalah dengan menghubungi CS BCA untuk mendapat jawaban terkait penyebab dan cara mengatasi masalah yang kamu alami saat ini. Untuk menghubungi CS BCA bisa melalui link ini https://www.bca.co.id/id/Individu/layanan/Customer-Service terdapat banyak cara untuk menghubungi pihak BCA, seperti Halo BCA, Layanan Webchat dan WhatsApp, Vira dan Pengkinian Data BCA

Penutup

Seperti itulah informasi yang hanya dapat Calonpengangguran berikan tentang Kenapa M Banking BCA Tidak Bisa Dibuka beserta cara mengatasinya. Semoga hal yang saya bagikan ini, dapat membantu kamu mengatasi masalah yang sedang terjadi.

Baca Juga:

4 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *