Kenapa Fitur Musik Instagram Tidak Muncul? Ini Cara Mengatasinya!

Kenapa Fitur Musik Instagram Tidak Muncul? Salah satu fitur yang cukup hangat dibicarakan hampir semua pengguna Instagram adalah Fitur Musik, dari awal dirilisnya hingga sekarang sangat disayangkan karena pengguna Instagram Indonesia belum bisa menggunakan fitur ini.

Padahal dengan adanya fitur ini, pengguna Instagram terutama warga Negara Indonesia akan lebih menikmati proses membagikan Stories dan menyukai hasil postingan mereka karena akan lebih menarik dan keren tentunya karena memiliki fitur music dan sticker yang bisa menyisipkan potongan musik favorit mereka.

Dari pemasalah tersebutlah saya selaku penulis di situs Calonpengangguran akan berbagi tips dan trik agar fitur musik Intagram tidak mucul dapat dimuculkan. Bagaimana caranya? Yuk simak step by step nya dibawah ini yang bisa anda ikuti dengan mudah dan cepat.

Cara Mengatasi Fitur Music di Instagram Tidak Muncul

fitur musik instagram tidak muncul

Sebelum menjelaskan cara menggunakan fitur music ini, kita akan membahas bagaimana cara memunculkan fitur ini terlebih dahulu baru saya akan menjelaskan cara menggunakannya.

Lakukan Update Aplikasi Instagram

Step pertama yang harus anda lakukan adalah melakukan update atau pembaruan aplikasi Instagram, kenapa harus melakukan update? Karena dari hasil pengamatan yang sudah saya lakukan beberapa minggu terakhir ternyata aplikasi Instagram sering melakukan update tanpa anda semua sadari.

Aplikasi Instagram bisa melakukan update atau pembaruan 2 kali sehari, sehingga mungkin saja anda melewatkan hal ini. Maka dari cobalah untuk melakukan update atau pembaruan terlebih dahulu, caranya sangat mudah anda cukup membuka aplikasi Google Play Store bagi pengguna android dan membuka Apple App Store bagi pengguna iPhone.

Lakukan Login Ulang Akun Instagram

Setelah anda berhasil melakukan update atau pembaruan aplikasi Instagram, maka tahap selanjutnya adalah melakukan login ulang akun Instagram anda masing-masing.

Kenapa hal ini perlu dilakukan? Karena bisa saja ada masalah seperti bug yang membuat fitur musik tidak tampil, dengan login ulang aplikasi Instagram akan memuat ulang data dan menghilangkan bug.

Install Ulang Aplikasi Instagram

Apabila kedua cara diatas sudah anda lakukan, tetapi tidak membuahkan hasil. Coba lakukan install ulang aplikasi Instagram, lalu login kembali menggunakan akun anda masing-masing.

Perlu diingat, sebelum melakukan install ulang pastikan smartphone anda semua di restart terlebih dahulu baru lakukan Uninstall Instagram.

Cara ini hampir sama dengan penjelasan login ulang, hanya saja penyebabnya lebih parah sehingga tidak cukup dengan melakukan login ulang akun.

Dengan menginstall ulang aplikasi Instagram bisa mengatasi beberapa penyebab seperti kerusakan data aplikasi, bug, virus dan lain sebagainya.

Kamu bisa install ulang aplikasi Instagram melalui Play Store atau App Store, sesuaikan saja dengan perangkat seluler yang digunakan.

Menghapus Cache

Perlu kamu semua ketahui, cache adalah data sementara yang tersimpan di perangkat, pada dasarnya cache ini berfungsi untuk mempercepat proses loading saat mengakses aplikasi Instagram, hanya saja cache yang terlalu banyak bisa menurunkan performa perangkat.

Oleh karena itu, diperlukan penghapusan cache atau data sementara guna meningkatkan kinerja perangkat dalam mengakses aplikasi Instagram.

Untuk meningkatkan keberhasil anda memunculkan fitur music, coba lakukan juga penghapusan cache. Caranya masuk ke menu Pengaturan Tap Aplikasi – Tap Instagram – Terakhir Tap Hapus Cache – Selesai.

Menghapus Data Instagram

Apabila semua cara diatas tidak berhasil adalah melakukan penghapusan data Instagram. Perlu anda ingat, sebelum melakukan penghapusan data instagram anda harus mengingat email dan password atau kata sandi.

Karena dengan melakukan penghapusan data instagram akan menghapus semua data diri anda dengan arti sama seperti melakukan Uninstall aplikasi Instagram. Caranya masuk ke menu Pengaturan – Tap Aplikasi – Tap Instagram – Tap Penyimpanan – Terakhir Hapus Data.

Menghapus File dan Aplikasi Tidak Penting

Selain beberapa cara diatas, kamu juga bisa memperbaiki performa atau kinerja perangkat dengan cara menghapus beberapa file dan aplikasi tidak penting.

Ruang penyimpanan perangkat yang penuh akan mempengaruhi secara langsung kinjera perangkat, ini bisa terjadi karena setiap kali perangkat mengakses aplikasi tertentu akan menyimpan cache dan data.

Apabila ruang penyimpanan perangkat penuh, maka cache dan data tersebut akan menumpuk di folder sama sehingga perangkat kesulitan membaca data.

Oleh karena itu, kamu bisa hapus beberapa file dan aplikasi yang dirasa tidak penting, apabila file yang tersimpan penting semua kamu bisa pindahkan ke perangkat lain atau upload ke Google Drive.

Cek Sistem OS Ponsel

Hal lain yang bisa saja menyebabkan masalah ini adalah sistem OS atau perangkat lunak bermasalah, seperti yang kita semua tahu sistem OS atau perangkat lunak berperan penting dalam pengoperasian perintah yang kamu berikan.

Apabila ada masalah pada perangkat lunak atau sistem OS, maka bisa dipastikan akan ada masalah pada saat kamu mencari fitur musik di Instagram.

Maka dari itu, satu satunya cara yang bisa kamu lakukan adalah mengecek apakah ada masalah pada sistem OS atau tidak, jika perlu kamu bisa update sistem OS ke versi terbaru.

Hubungi Help Center Instagram

Jika semua cara diatas sudah kamu lakukan, tapi hasilnya fitur musik Instagram tetap tidak tampil, kemungkinan terakhir penyebab dari masalah ini server utama sedang gangguan.

Masalah pada server utama ini bisa disebabkan oleh developer atau pengembang sedang melakukan pemeliharaan atau upgrade kapasitas server.

Kita semua tahu, server utama memiliki banyak peran penting bagi aplikasi Instagram diantaranya sebagai pusat pengoperasian aplikasi dan website, pusat penyimpanan data, dan pusat lalu lintas data.

Untuk memastikan benar atau tidaknya hal ini, kamu bisa hubungi Help Center Instagram dengan cara buka Pengaturan > Bantuan > Laporkan Masalah atau https://help.instagram.com/contact/505535973176353

Baca Juga Cara Mengubah Akun Instagram Menjadi Akun Bisnis

Cara Lain Memunculkan Fitur Musik di Instagram

Sebenarnya ada cara lain yang saya rasa lebih mudah, tetapi memerlukan aplikasi tanpa yaitu VPN dengan tujuan merubah alamat IP dari smartphone anda.

  • Tahap pertama yang harus anda lakukan adalah logout akun Instagram.
  • Lalu tutup aplikasi tersebut.
  • Setelah itu lakukan penghapusan cache atau sampah seperti penjelasan diatas yaitu dengan masuk ke menu Pengaturan Tap Aplikasi – Tap Instagram – Terakhir Tap Hapus Cache – Selesai.
  • Kemudian saya juga menyarankan untuk menonaktifkan fungsi Star In Background  dan Autostart.
  • Jika sudah siap semua, install aplikasi VPN yang biasa anda guna. Apabila anda belum pernah menggunakan VPN bisa mencoba aplikasi Turbo VPN yang bisa di download di Play Store dan Apple App Store.
  • Lalu jalankan aplikasi tersebut, pastikan VPN mengubah alamat IP anda ke negera Amerika Serikat.
  • Terakhir login kembali ke akun Instagram anda masing-masing, lalu tap logo kamera Instagram apabila semua tahap yang anda lakukan diatas sudah benar maka fitur music dan sticker akan muncul dan dapat anda gunakan.
  • Selesai.

Baca Juga Cara Membagikan Postingan Instagram Ke Story dengan Mudah

Cara Menggunakan Fitur Musik Di Instagram

Apabila fitur musik dan sticker pada Instagram anda semua sudah muncul, maka selanjutnya adalah cara menggunakan fitur tersebut. Untuk menjalankan fitur tersebut sangatlah mudah, namun sebelum itu pastikan dulu foto atau video yang hendak anda posting.

Jika sudah, buka aplikasi Instagram anda masing-masing lalu tap logo kamera dan pilih foto atau video yang akan anda posting. kemudian cari sticker dengan kata Musik, tap saja sticker tersebut.

Anda juga bisa memilih music yang dapat disesuaikan berdasarkan foto , video, genre atau penyanyinya dengan mencari di kolom pencarian. Terakhir sesuaikan durasi lagu dan posting.

Demikian ulasan singkat yang bisa Calonpengangguran mengenai Kenapa Fitur Musik Instagram Tidak Muncul dan bagaimana caranya mengatasinya. Semoga sedikit penjelasan ini dapat bermanfaat untuk anda semua dan terima kasih atas perhatiannya.

Baca Juga:

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *