Kelebihan dan Kekurangan Oppo F11 Pro – Pada Maret 2019 kemarin, Oppo resmi merilis gadget terbaru mereka yaitu Oppo F11 Pro. Smartphone ini telah ditenagai dengan 2 Pilihan RAM 4/6GB. Dengan rilisnya Smarphone Oppo F11 Pro ini akan menjadi saingan dari Vivo15 dan Vivo 15 Pro.

Kebanyakan Gaget lain menggunakan prosesor Qualcomm, namun beda halnya dengan Oppo F11 Pro ini yang mempercayakan prosesor pada Mediatek Helio P70. Terdapat dua jenis warna yang keren dari Oppo F11 Pro yaitu Thunder Black dan Auora Green.

Untuk bisa membawa pulang gadget ini anda perlu mengeluarkan uang Rp. 4,9 Juta. Lalu apa sih kelebihan dan kekurangan oppo f11 pro ini ? yang pastinya akan sangat anda perlukan sebelum membeli oppo ini. Berikut ulasannya! Baca Juga Kelebihan Oppo A5s

Spesifikasi Oppo F11 Pro

  • Harga termurah Oppo F11 Pro terbaru: Rp 3.699.000 di Shopee
  • Tanggal rilis: Maret 2019
  • Layar: LTPS IPS LCD 6.5 inci
  • Resolusi layar: 2340 x 1080pixels, rasio 19.5 :9
  • Chipset: Mediatek Helio P70 (2nm)
  • OS: Android 9.0 (Pie); ColorOS 6
  • CPU: Octa Core (4×2.1 GHz Cortex-A73 dan 4×2.0 GHzCortex-A53)
  • GPU: Mali-G72 MP3
  • Memori internal: 64 GB
  • Memori Eksternal: MicroSD hingga 256GB
  • SIM card: Dual Sim (Nano + Nano)
  • Berat: 190 gram
  • Kamera Belakang: Dual Kamera dengan 48MP dengan f/1.8 (PDAF) dan 5MP dengan f/2.4 (Depth Sensor)
  • Kamera Depan: Motorized Pop Up 16MP dengan f/2.0
  • Baterai: 4000 mAh
  • Jack earphone: 3.5mm jack
  • Varian warna: Aurora Green dan Thunder Black

Kelebihan dan Kekurangan Oppo F11 Pro

kelebihan dan kekurangan oppo f11 pro
Via www.pinoytechnoguide.com

Berikut akan kami jelaskan kelebihan dan kekurangna Oppo f11 pro, dari segi desain, resolusi kamera, kualitas kamera, sistem android dan perfoma saat digunakan.

Kelebihan Oppo F11 Pro

1. Memiliki Desain Oke dan Mewah

Kelebihan pertama Oppo F11 Pro ini dapat dilihat dari ketersediaan warna thunder black dan aurora green, kedua warna tersebut diambil dari seri flagship Find X. Thunder black hadir dalam warna utama hitam dengan gradasi ungu di atas kanan dan biru di bawah kiri. Sementara, aurora green punya gradasi dari biru ke hijau yang menawan.

Bagian mukanya hanya dipenuhi layar dan bezel di sekelilingnya sangat tipis. Gadget pintar Oppo F11 ini memiliki desain panoramic screen dengan panel IPS seluas 6,53 inci resolusi Full HD+ dan rasio 19.5:9 ratio yang siap mengakomodasi berbagai kebutuhan.

2. Dilengkapi Kamera Beresolusi Tinggi

Kelebihan Oppo F11 Pro selanjutnya yaitu dilengkapi kamera beresolusi tinggi, pada bagian belakang terdapat dua kamera 48 MP dan 5 MP (depth sensor) tersemat di punggung F11 Pro, lengkap dengan phase-detection autofocus dan single-LED flash. Andalan dari kamera OPPO F11 Pro yaitu sensor gambar utama Sony IMX 586 yang berukuran 1/2 inci beresolusi 48 MP dengan piksel 0.8 μm dan aperture f/1.8.

3. Adanya Fitur Low Light Fotografi

Dengan adanya fitur ini gambar atau foto yang dihasilkan dari kamera Oppo F11 pro akan terlihat lebih hidup, hal ini dikarenakan implementasi pola filter warna Quad Bayer, setiap 2×2 piksel digabungkan dan bekerja sebagai satu piksel. Kelebihan lainnya, kamera dari oppo f11 pro menawarkan resolusi 12 MP dengan piksel besar 1,6 μm yang memiliki performa low-light lebih baik.

4. Adanya Fitur Rising Camera dan Face Unlock

Kelebihan lain dari Oppo F11 pro yaitu adanya fitur rising camera. Dibagian depan gadget ini memiliki kamera beresolusi 16 MP yang tersembunyi di bodi dengan mekanisme pop-up yang akan muncul saat menggunakan kamera depan dan face unlock.

Tampilan dari fitur rising camera tersebut akan terlihat sangat luas. Karena adanya fitur tersebut, layar depan oppo f11 pro didesain penuh dengan rasio 19.5:9 dan rasio screen-to-body sebesar 90.9%.

5. Kinerja Gadget Mantap

Untuk beberapa orang yang paham mengenai teknologi terutama prosesor, akan meganggap remeh Oppo F11 pro ini. Karena gadget ini hanya dilengkapi prosesor Helio P70 besutan MediaTek yang ada di dalamnya tidak boleh dipandang sebelah mata.

Chipset berfabrikasi 12 nanometer (nm) ini memiliki delapan inti pemrosesan dengan arsitektur Cortex-A73 ditambah Cortex-A53 yang powerful. Ada pun clockspeed dari ‘otak’ ini mencapai 2,1 gigahertz (GHz).

Dengan begitu, masalah kinerja atau perfoma dari Oppo F11 pro tidak perlu diragukan lagi. Karena adanya proseso Helio P70 perfoma gadget ini sudah terbilang oke.

6. Menggunakan Sistem Operasi Terbaru

Kelebihan selanjutnya dari Oppo F11 Pro yaitu menggunakan sistem operasi terbaru, sama halnya dengan Gadget oppo terbaru lainnya. Oppo F11 Pro menggunakan sistem android terbaru yaitu Android 9.0 Pie. Antarmuka ini dipercantik dengan ColorOS 6 yang tampak lebih clean, menekankan latar belakang putih berpadu dengan warna terang.

7. Memiliki Baterai Tahan Lama

Kamera super apik dan tampilan layar yang kekinian kurang lengkap rasanya jika baterai tidak tahan lama. Maka dari itu Gadget oppo f11 pro ini memiliki kapasitas baterai 4.000 mAh, sehingga mampu bertahan lama meskipun digunakan secara terus menerus.

Baterainya yang besar kemudian disokong dengan teknologi pengisian daya cepat yang disebut VOOC 3.0 dengan daya 20 Watt (W)! Jadi, hal ini sepertinya tak hanya sekadar gimmick.

8. Ukuran Layar Lebar

Diatas tadi sudah kita jelaskan, bahwa Oppo f11 Pro menggunakan sistem pop-up pada kameranya maka dari itu kamera dari gadget tidak terlihat dilayar. Layar Oppo F11 Pro didesain full, berbeda halnya dengan jenis Oppo A5s ataupun A3s yang memiliki desain layar Notch(Poni).

Layar berukuran 6,5 inci yang dimilikinya bakal memenuhi bagian depan perangkat, dengan perbandingan layar ke bodi yang diklaim mencapai 90,90 persen, yang mana tergolong sangat besar untuk sekarang ini.

9. Pengisian Betarai Cepat

Untuk Oppo F11 Pro dikabarkan bakal hadir dengan sistem pengisian daya baru, yang disebut dengan VOOC Flash Charge 3.0. Secara umum sistem terbaru dari Oppo menggunakan algoritma FCC sehingga bisa mempertahankan kecepatan tinggi pengisiannya.

Jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya, khususnya VOOC Flash Charge generasi pertama, sistem pengisian terbaru milik oppo ini mampu mengisi daya hingga penuh dengan waktu 20 menit lebih cepat.

10. Adanya Fitur Audio Jack

Sama halnya dengan jenis Oppo lainnya, untuk Oppo f11 Pro masih mendukung akses fitur audio Jack. Umumnya audio jack berukuran 3.5 mm ini sangatlah penting. Ya, dengan adanya audio jack ini, Anda dapat memasang earphone tanpa perlu menggunakan konverter, seperti pada HP-HP yang tak memiliki audio jack.

11. Sensor Biometrik Tergolong Cepat

Oppo F11 Pro dibekali dengan sensor biometrik berupa sensor sidik jari dan juga face unlock. Sensor sidik jarinya sendiri masih berbentuk fisik, bukan under-display dan letaknya ada di bagian belakang bodinya. Sensor biometriknya ini memiliki tingkat kecepatan membuka kunci layar yang bagus. Oh ya, HP ini juga dibekali dengan sensor lainnya seperti accelerometer, proximity, gyroscope dan compass.



Kekurangan Oppo F11 Pro

12. Fingerprint Masih di Luar Layar

Jika bandingkan dengan pesaingnya, perangkat ini cukup kalah di sektor teknologi pengamanan. Hal ini karena Oppo F11 Pro belum menggunakan fitur sensor fingerprint yang tertanam di dalam layar. Ia masih menggunakan sensor kapasitif yang dipasang di bagian belakang.

13. Tidak Anti Air dan Debu

Satu hal lagi yang kurang jika melihat harganya, yaitu tidak memiliki ketahanan air dan debu. Memang, mungkin ada vendor lain yang memberi fitur ini di rentang harga yang sama.

Namun, kembali lagi pada fungsinya, F11 Pro bukan lah Ponsel outdoor. Jadi, fitur tersebut sebenarnya tak terlalu penting. Asal pemakaian dilakukan secara hati-hati dan sewajarnya.

14. Tidak Ada LED Flash di Kamera Depan

Meski menawarkan resolusi kamera depan tinggi dan jernih, akan tetapi belum bisa digunakan buat selfie ditempat gelap. Pasalnya, di bagian depan tidak ada fitur pencahayaan semacam LED flash.

15. Layar Masih IPS

Karena belum menggunakan sensor fingerprint tertanam di layar, perangkat OPPO F11 Pro pun belum menggunakan layar berjenis AMOLED. Yang mana, layar AMOLED biasanya menawarkan efisiensi daya yang lebih baik dan tampilan yang lebih bagus.

Demikian ulasan tentang Kelebihan dan Kekurangan Oppo F11 Pro yang mungkin dapat membantu anda dalam memilih gadget mana yang pantas dibeli dan tidak. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk anda semua, terima kasih atas perhatiannya. Baca Juga kelebihan dan kekurangan Oppo A3s