Cara Merawat Kamera DSLRKamera merupakan salah satu barang elektronik yang mudah kotor. Maka dari itu supaya tidak rusak kita wajib untuk membersihkan dan merawatnya. Cara merawat kamera DSLR itu sedikit rumit sebab kamera memiliki sifat yang sensitif.

Tidak seperti barang elektronik lainnya yang bisa dengan mudahnya anda bersihkan, ada alat khusus yang wajib anda miliki dalam membersihkan kamera. Alat tersebut dapat anda beli di toko kamera terdekat rumah anda.

kamera yang jarang dirawat akan lebih mudah terserang jamur, maka dari itu bagi anda pencinta fotografer berikut akan kami jelasakan Cara Merawat Kamera dibawah ini!

Baca Juga Cara Memotret Yang Bagus Dengan Kamera DSLR

Cara Merawat Kamera DSLR

Jauhkan Kamera dari Air air

Cara Merawat Kamera DSLR

Bagi anda yang memiliki kamera DSLR, sebaiknya tetap waspada dalam meletakan kamera. Walaupun kamera anda sudah terpasang waterproof atau weather sealed, usahakan untuk tetap menjauhkan kamera dari air. Sebab kamera memiliki DSLR yang sifat sensitif terhadap air.

Jika air masuk kebagian dalam kamera dapat mengakibatkan kerusakan pada komponen dalam kamera tersebut. Lalu kamera yang sudah terkena air dibagian dalamnya, maka kamera akan terkesan berembun dibagian dalamnya.

Nah maka dari itu, anda dapat merawat kamera DSLR dengan menggunakan cleaning kit. Cleaning kit merupakan peralatan pembersih kamera agar tidak jamuran dan berdebu.

Jaga Kebersihan Lensa Kamera

Cara Merawat Kamera DSLR

Selanjutnya dalam Cara merawat  kamera DSLR yaitu dengan menjaga kebersihan lensa kamera. Walaupun kamera tersebut jarang digunakan lensa kamera tetap wajib dibersihkan agar lensa tidak muncul jamur dan bitnik-bintik hitam. Salah satu cara membersihkan lensa DSLR adalah dengan menggunakan cleaning kit, namun anda tetap wajib menggunakan cairan khusus pembersih lensa.

Bawa Kamera Di Dalam Tas Khusus

tas kamera

Apabila anda hendak berpergian hunting foto, sebaiknya gunakan tas khusus kamera DSLR. Karena tas ini lengkap akan busa empuk dibagian dalam yang fungsinya untuk menjaga kamera dari segala gocangan dan benturan.

Selain itu didalam tas ini juga terdapat tempat khusus untuk menyimpan charger, lensa dan perlengkapan lainnya. Oh iya tolong hindari memasukkan kamera didalam tas yang berbentuk ransel atau tas biasa.

Karena tas tersebut tidak dilengkapi akan busa atau pelindung untuk menjaga kamera dari kata aman. Tas khusus kamera ini terdapat beberapa ukuran yaitu dari ukuran sedang sampai ukuran besar.

Lengkapi LCD Kamera dengan Pelindung Layar

 Pelindung Layar LCD

Tidak hanya android anda saja yang menggunakan pelindung layar, namun kamera DSLR juga memakai pelidung layar loh. Pelindung layar atau screen guard ini fungsinya dalam menjaga layar agar tidak lecet atau terkena sidik jari.

Selain itu screen guard dapat menjaga layar LCD terlindung dari debu dan air bahkan minyak. Untuk harga pelindung layar LCD sih cukup terjangkau, namun kebanyakan fotografer melupakan hal kecil seperti ini. Padahal, pelindung layar merupakan salah satu bagian terpenting dalam merawat kamera DSLR agar tetap awet dan mulus.

Bersihkan Body Kamera Secara Berkala

cara merawat kamera dslr

Setelah melakukan perawatan pada layar LCD selanjutnya lakukan perawatan pada body kamera. Dianjurkan dalam membersihkan body kamera sebaiknya menggunakan minyak kayu putih. Mengapa demikian? Sebab minyak kayu putih memiliki kandungan air yang sangat sedikit dan minyak kayu putih ini mudah kering.

Akan tetapi, saat ini sudah banyak tersedia cairan pembersih untuk merawat body kamera. Lakukanlah dengan cara tuangkan cairan minyak kayu putih pada kain yang halus, kemudian oleskan kain tersebut ke semua body kamera. Tak lupa juga oleskan pada karet ring zoom dan ring focus pada lensa kamera, karena pada bagian-bagian ini sering disepelekan dan jarang disentuh.

Baca Juga Tips Belajar Fotografi Pemula Dengan Memakai Kamera DSLR

Pasang Filter untuk Melindungi Lensa

cara merawat kamera dslr

Selanjutnya cara merawat kamera DSLR agar tetap awet, jangan lupa untuk memasang UV filter pada lensa anda. Dalam pemasangan UV filter ini tidak akan mempengaruhi kualitas jepretan foto anda kok. Yah sesuai dengan namanya, UV filter akan menjaga lensa dari pengaruh buruk sinar matahari yang mengandung ultraviolet.

Dari segi lain, fungsi dari filter juga dapat melindungi lensa dari serangan debu dan air yang akan mnempel. Namun jangan lupa filter ini juga dibersihkan serepak anda membersihkan lensa anda. Dalam membersihkan filter tidak perlu ekstra hati-hati yang terpenting bersihkan filter dengan menggunakan kain halus.

Pasang Lens Hood pada Lensa

Pasang Lens Hood pada Lensa

Sebelum itu mungkin bagi anda belum tau apa itu fungsi lens hood bukan? Lens hood berfungsi untuk mencegah cahaya yang masuk ke sensor kamera secara berlebihan. Oh iya perlu anda ketahui masalah yang satu ini, apabila cahaya yang masuk ke dalam sensor kamera dalam jangka panjang ternyata dapat mengurangi kepekaan sensor itu sendiri.

Agar hasil jepretan kita terlihat bagus saat hunting di ruangan terbuka pada siang hari, maka selalu gunakan lens hood dan UV filter. Dari segi harganya, lens hood ini cukup terjakau kok. Selain itu lens hood juga memberikan tampilan yang menambah keren pada kamera anda.

Perhatikan Perawatan Baterai Kamera

baterai kamera

Cara merawat kamera DSLR supaya baterai tetap awet adalah jangan membiarkan baterai kamera disimpan dalam ruangan dengan suhu ekstrem 43 derajat. Jangan lupa untuk mengisi daya baterai apabila Anda sudah tidak menggunakan kamera tersebut dalam jangka waktu Panjang.

Biasanya sih baterai lithium-ion yang ada pada kamera akan bertahan sekita 500 kali pengisisan daya. Nah jadi, jka telah melampaui siklus 500 kali pengissian daya, biasanya ketahanan daya baterai akan turun atau berkurang dan anda wajib menggantinya.

Gunakan Shoulder Strap Saat Mengambil Foto

tali strap shoulder

Selanjutnya tali pada kamera atau Bahasa keren dalam fotografer shulder strap merupakan salah satu cara merawat kamera DSLR. Shulder strap ini wajib digunakan apabila anda sedang memotret gambar dimanapun anda berada.

Tali ini berfungsi untuk menggantung kamera di leher saat Anda sedang mengambil foto. Entah apa yang akan terjadi kedepanya jika kita tidak pernah menggunakan tali strap pada kamera kita. Mungkin kamera akan lebih mudah jatuh, maka dari itu kami sarankan agar anda menggunakan tali strap pada kamera agar lebih terjaga ketika terjatuh ataupun terlepas dari genggaman. Harga shoulder strap ini cukup terjangkau, tapi mampu melindungi kamera Anda secara optimal.

Baca Juga Pengertian Fotografi Menurut Para Ahli dan Umum Serta Sejarahnya

Simpan Kamera Di Dry Box

Dry Box kamera

Cara merawat kamera DSLR yang terakhir adalah simpan kamera di dalam Dry Box. Dry box ini befungsi untuk melindungi kamera dari perubahan suhu yang tergolong ekstrem. Yah sesuai dengan namanya, kotak penyimpanan ini akan melindungi kamera agar tetap kering dan terhindar dari kelembaban yang bisa merusak bagian internal kamera. Selain itu Dry box juga berfungsi untuk melindungi kamera DSLR agar terhidar dari jamur.

Demikian ulasan tentang Cara Merawat Kamera DSLR, semoga sedikit informasi ini dapat bermanfaat untuk anda semua. Terima kasih atas perhatiannya.