Fotografer

Jenis Jenis Shot Dalam Dunia Fotografi Yang Perlu Anda Ketahui

Jenis Jenis Shot – Pada saat kita sedang melakukan pengambilan foto atau gambar, tentunya kita menentukan shot gambar bukan? Shot gambar ini adalah bagaimana cara kita mengambil foto atau membidangkan suatu objek yang akan kita potret. Anda juga pernah melihat beberapa fotografer saat sedang melakukan pengambilan suatu objek bukan?

Nah, pastinya anda heran bukan akan hasil dar jepretan para fotografer kok bisa menarik dan bagus. Tentunya hasil tersebut tak jauh dari bagaimana cara dia melakukan pengabilan shot gambar dan juga memiliki ilmu fotografi yang cukup mahir.

Untuk memahami dan mempelajari fotografi tentunya ada beberapa Teknik dalam pengambilan gambar, supaya mendapatkan hasil karya foto yang luar biasa. Tetapi anda jangan khawatir, karena saya akan memberikan sebuah informasi tentang Jenis Jenis Shot yang bagus dan perlu anda terapkan. Apa saja jenis shot tersebut? Mari kita simak alasan dibawah ini.

Baca Juga Dasar Dasar Fotografi Bagi Pemula Wajib Di Ketahui

Jenis Jenis Shot

Jenis Jenis Shot
iso.500px.com

Medium Shot

Shot yang menyorot pada bagian badan dari pinggang hingga atas kepala. Kesan dari medium shot yaitu menunjukkan agr suatu objek terlihat jelas.

Total Shot

Shot yang menyorot pada semua objek secara menyeluruh. Kesan dari total shot adalah memperlihatkan kejelasan susana sekitar.

Establish Shot

Shot yang menyorot pada keseluruhan pemandangan atau suatu tempat untuk memberi orientasi tempat di mana peristiwa atau adegan itu terjadi.

One Shot

Suatu pengambilan gambar hanya satu objek saja. Kesannya seperti menunjukan seseorang/benda dalam frame.

Two Shot

Shot dengan memotret gambar yang hanya menampilkan dua orang. kesannya memperlihatkan adegan dua orang yang sedang berkomunikasi.

Tree Shot

Suatu pengambilan gambar dengan tiga objek.  Shot dengan menampilkan  adegan tiga orang sedang mengobrol.`

Full Shoot (FS)

Pengambilan gambar secara keseluruha pada objek dari kepala hingga kaki. Jadi kesannya memperlihatkan objek beserta lingkungannya.

Long Shoot (LS)

Pengambilan gambar lebih luas jangkauannya dibandingkan dengan Full Shoot. Kesannya memperlihatkan objek dengan latar belakangnya.

Extreem Long Shoot (ELS)

Dalam pengambilan sebuah gambar lebih luas jarak sorotnya dibandingkan dengan Long Shoot,kesannya menampilkan lingkungan si objek secara utuh dan perannya memperlihatkan bahwa objek tersebut bagian dari lingkungannya.

Medium Long Shot

Pengambilannya Lebih dekat daripada ELS dan LS. Objeknya biasanya disorot dari atas pinggang sampai atas kepala dalam shot ini. Sementara latar belakang dan objek utama  juga nampak sejajar.

Group Shoot

Pengambilan gambar dengan sekumpulan objek. Kesannya seperti adegan sekelompok orang dalam melakukan suatu aktifitas.

Over Shoulder Shot

Pengambilan gambar dengan cara seperti kamera berada pada posisi di belakang bahu salah satu pelaku dan bahu si pelaku tampak atau kelihatan dalam frame. Jadi objek utama terlihat menghadap kamera dengan latar depan bahu bertentangan atau berhadapan.

SUDUT PENGAMBILAN GAMBAR ( CAMERA ANGLE)

Sudut pandang atau lebih dikenal dalam dunia fotografi dengan kata Angle. Dalam dunia fotografi juga terdapat sebuah kata Camera Angle, yang memiliki makna suatu sudut pandang dalam pengambilan gambar suatu objek, pemandangan, maupun sebuah adegan. Denngan sudut pandang ini seorang fotografer dapat menghasilkan karya foto yang unik dan menarik. Sudut Pandang Pengambilan Gambar terbagi menjadi 6, yaitu :

High Angle (Bird eye view)

Pengambilan gambar objek dari atas, artinya  dimana posisi kamera lebih tinggi dari objek yang akan di potret. Sehingga kamera harus di tundukkan kebawah untuk mengambil gambarnya. Angle ini bermanfaat untuk menampilkan keseluruhan seluruh objeknya.

Normal Angle

Dimana letak kamera sejajar dengan ketinggian mata objek yang diambil atau bisa dikatakan normalnya pada objek. Jadi posisi  Kamera ditempatkan setara dengan tinggi mata objek dan normal angle bergantung pada ketinggian suatu objek tersebut.

Low Angle (Frog eye view)

Dimana letak kamera lebih rendah dari objek yang akan di potret atau dapat dikatan letak kamera berada di bawah ketinggian mata sehingga kamera harus diarahkan keatas untuk melakukan shot. Dalam pengambilan angle ini cocok untuk pameran atau pemotretan tokoh pahlawan agar tampak kewibawaan, keagungan dan kejayaan si objek atau bisa di katakan supaya objek yang di potret kelihatan raksasa.

Objektif Kamera

Dimana dalam teknik pengambilan  gambar, kamera menyorot sesuai yang dilihat didepan mata atau mengambil shot gambar apa adanya.

Subjektif Kamera

Dinama dalam teknik pengambilan gambar, kamera membutuhkan untuk melibatkan penonton dalam peristiwa. Sehingga posisi kamera berada di tempat seorang karakter yang tidak nampak dalam layer seolah-olah lensa kamera berfungsi sebagai mata si penonton atau salah satu pelaku dalam adegan, dan memperlihatkan kepada penonton suatu pandangan dari sudut pandang karakter.

Eye Level

Dalam Teknik pengambilan gambar, kamera  mengambil sudut sejajar dengan mata objek. Tujuannya hanya hanya mempertunjukkan pandangan mata seseorang yang berdiri.

Frog Level

Dalam pengambilan sudut gambar ini,  diambil sejajar dengan permukaan tempat objek berdiri, seolah-olah seperti menenunjukkan objek menjadi sangat besar.

Baca Juga Pengertian Fotografi Menurut Para Ahli dan Umum Serta Sejarahnya

Ukuran gambar (frame size)

Close UP

Shot yang menyorot gambar dari bagian bahu bahu hingga atas kepala atau dapat dikatakan ukuran gambar sebatas  dari ujung kepala sampai leher. Jadi kesannya untuk memberi gambaran jelas terhadap objek, seperti dalam dunia perfileman shot ini untuk mengambil ekspresi dari sang pemeran.

Medium Close Up

Shot dalam pengambilannya hanya menyorot pada bagian separas dada sampai atas kepala. Jadi kesannya  untuk mempertegas profil seseorang sehingga penonton jelas.

Big Close Up

Dalam Teknik pengambilan gambar frame ini hanya menyorot sebatas kepala sampai dagu objek. Dengan demikian, kesannya untuk menunjukkan ekpresi yang dikeluarkan oleh objek. Contohnya : wajah manusia sebatas dagu sampai dahi.

Extrime Close Up

Shot yang memperlihatkan bentuk objek tertentu secara dekat. Contohnya mata, hidung, atau telinga, mulut. Tujuannya untuk kedetailan suatu objek.

GERAKAN KAMERA (MOVING CAMERA)

Zooming (In/Out)

Sebuah aktivitas dimana lensa kamera digerakkan secara mendekat atau menjauhkan objek. Biasanya gerakan seperti ini sudah disediakan oleh kamera video dan kameramen hanya mengeksekusinya saja.

Panning (Left/Right)

Apa itu gerakan panning? gerakkan panning adalah kamera yang bergerak dari tengah ke kanan atau dari tengah ke kiri. Akan tetapi bukan kameranya yang bergerak, melainkan tripodnya yang bergerak sesuai arah yang diinginkan.,

Tilting (Up/Down)

Gerakan tilting adalah gerakan mengarahkan ke atas dan ke bawah, gerakan ini masih membutuhkan tripod sebagai alat bantu agar hasil gambar yang didapat memuaskan dan stabil atau tidak goyang.

Dolly (In/Out)

Apa itu gerakan Dolly? Gerakan dolly adalah  gerakan yang dilakukan dengan cara megarahkan  maju mundur, tak beda dengan gerakan Zooming, tetapi pada dolly yang bergerak adalah tripod yang telah diberi roda dengan cara mendorong tripod maju ataupun menariknya mundur.

Follow

Teknik pengambilan gambar dilakukan dengan cara mengikuti objek dalam bergerak searah.

Framing (In/Out)

Framing merupakan gerakan gerakan yang dilakukan oleh objek untuk memasuki (in) atau keluar (out) framming shot.

Fading (In/Out)

Fading adalah gerakan pergantian gambar secara perlahan-lahan. Seandainya gambar baru masuk digantikan gambar lain disebut fade in, sementara gambar yang ada perlahan-lahan menghilang dan digantikan gambar baru disebut fade out.

Crane Shoot

Crene Shoot adalah sebuah gerakan kamera yang sudah dipasang dengan alat bantu berupa mesin roda dan bergerak sendiri bersama kameramen, baik mendekati maupun menjauhi objek.

Baca Juga Tips Belajar Fotografi Pemula Dengan Memakai Kamera DSLR

GERAKAN OBJEK (MOVING OBJECT)

Kamera Sejajar Objek

kamera sejajar objek artinya Kamera mengikuti pergerakan objek, baik ke kiri maupun ke kanan.

Walking (In/Out)

Walking adlah Objek yang bergerak menuju  mendekati (in) maupun menjauhi (out) kamera.

Demikian ulasan tentang Jenis Jenis Shot, semoga sedikit informasi ini dapat bermanfaat untuk anda semua. Terima kasih atas perhatiannya

2 Replies to “Jenis Jenis Shot Dalam Dunia Fotografi Yang Perlu Anda Ketahui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *