Situs Yang Menyajikan Artikel Teknologi, Fotografer, Kuliner, Budaya dan Artikel Menarik Lainnya

Cara Mempercepat Copy File Besar Yang Bisa Anda Coba!

Cara Mempercepat Copy File Besar – Seperti yang kita tahu, apabila file berukuran besar akan memerlukan waktu lebih lama dibandingkan ukuran file lebih kecil. Ternyata terdapat beberapa cara mempercepat copy file besar tanpa waktu yang lama, namun masih saja banyak orang yang tidak mengetahui hal tersebut.

Maka dari itu, saya selaku penulis di situs calonpengangguran akan berbagi tips dan trik Cara Mempercepat Copy File Besar dengan cepat. Bagaimana tertarik? Yuk lanjut membaca dibawah ini.

Cara Mempercepat Copy File Besar

Terdapat beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mempercepat proses copy file besar, penasaran? Yuk simak ulasan dibawah ini.

1. Ubah Format Flash Disk Menjadi NTFS

Secara umum format sebuah drive dibagi menjadi 2 yaitu FAT32 dan NTFS. Singkatnya FAT31 adalah fle File Allocation Table 32 guna mengenali klaster data. Walaupun drive FAT32 banyak digunakan, ternyata proses penyalinan data diatas 4GB tidak akan secepat NTFS.

Sementara NTFS sendiri adalah New Technology Files System yang paling cocok digunakan pada windows sebagai system operasi. Hal ini dikarenakan NTFS karena tidak memiliki ukuran terbatas dan proses penyalinan file terbilang lebih cepat.

Sehingga saran dari saya, ketika anda hendak meng-copy sebuah file dalam ukuran besar dari USB atau HDD eksternal dengan cepat, sebaiknya gunakan NTFS. Sebagai contoh si A hendak meng-copy file pekerjaannya dengan ukuran 3GB dari USB, namun proses penyalinan lambat. Sebaiknya anda mengecek jenis drive yang digunakan pada laptop atau computer, biasanya penyalinan yang berasal dari flashdisk menggunakan drive FAT32.

Jadi lakukan perubahan drive, untuk melakukan perubahan data didalam flashdisk akan diformat seluruhnya. Sebaiknya sebelum itu, lakukan backup data terlebih dulu. Bagaimana cara format data tersebut? Berikut step by stepnya:

  • Pertama klik kanan pada partisi USB flash disk atau HDD eksternal.
  • Kemudian pilih menu format
  • Setelah itu, anda akan diarahkan kedalam menu dropdown untuk memilih jenis file system seperti FAT32, exFAT, dan NTFS. Pilihlah NTFS.
  • Lalu beri tanda centang pada Quick Format.
  • Terakhir klik tombol start dan tunggu hingga proses format selesai

Apabila proses format selesai, anda langsung bisa meng-copy file ukuran besar tersebut. Sembari menunggu, amati apakah proses penyalin lebih cepat dari sebelumnya. Jika anda merasa kurang cepat, lakukan kombinasi dengan cara lainnya untuk hasil yang lebih maksimal.

Baca Juga CARA MENGGANDAKAN APLIKASI PADA SMARTPHONE DENGAN MUDAH DAN CEPAT

2. Ubah Prioritas Windows Explorer di Task Manager

cara mempercepat copy file besar

Selanjutnya anda bisa menggunakan batuan Windows Explorer pada task manager, apabila anda menggunakan ini dan proses peng-copyan lambat, anda bisa melakukan perubahan prioritas proses PC atau Laptop menggunakan windows explorer ini. Mau tahu caranya? Berikut step by stepnya:

  • Pertama anda haru membuka task manager dengan meng-klik kanan pada taskbar, kemudian pilih menu task manager. Selain itu, anda juga bisa menggunakan kombinasi membuka task manager yaitu CTRL + Alt + Delete pada keyboard dan pilih menu Task Manager.
  • Lalu cari aplikasi dengan nama Windows Explorer pada task manager tersebut, biasanya anda bisa menemukan aplikasi tersebut pada daftar aplikasi yang terpampang di tab Process.
  • Kemudian klik kanan pada Windows Explorer dan pilih menu Go to details.
  • Terakhir klik kanan lagi di “explorer.exe”, maka secara otomatis anda akan diarahkan ke cursor pada menu Set priority kemudian pilih menu Realtime.

Apabila anda sudah melakukan cara ini, maka proses penyalinan file akan berlangsung lebih cepat. Kenapa? Karena windows explorer akan mengurangi resource lebih banyak. Tapi kelemahan dari cara ini adalah CPU pada pc atau laptop akan bekerja lebih keras sehingga mengakibatnya lebih mudah panas. Saran dari saya, ketika proses ini sudah selesai, istirahatkan pc atau laptop anda sejenak lalu gunakan kembali setelahnya.

Baca Juga CARA MEMPERBAIKI WIFI YANG TIDAK BISA CONNECT PADA LAPTOP DAN HP

3. Pahami Berbagai Shortcut di Windows Explorer

Ternyata selain menfaat perangkat keras dan lunak pada laptop atau pc, ada satu cara yang bisa anda lakukan agar proses penyalinan file berlangsung dengan cepat. Seperti yang kita tahu, bahwa terdapat shortcut pada keyboard yang dapat membantu kita melakukan copy file dengan cepat dan mudah.

Sebagai contoh, dari pada anda repot untuk meng-klik kanan lalu pilih copy lebih efisien menggunakan shortcut CTRL + C, lalu ketika hendak melakukan paste lebih cepat menggunakan kombinasi CTRL + V.

Kemudian, apabila anda ingin memjalankan fitur search bisa menggunakan kombinasi CTRL + E, maka anda akan lebih mudah dan cepat mencari file yang hendak dipindahkan atau di copy dari mencari satu persatu.

Sebenarnya masih banyak kombinasi keyboard yang bisa anda gunakan untuk mempercepat proses copy. Jadi kesimpulannya, selain menggunakan perangkat keras dan lunak, cara lain untuk mempercepat copy file adalah tergantung pada pengguna masing-masing. Sampai disini paham?

4. Ubah Pengaturan USB Menjadi “Better Performance”

cara mempercepat copy file besar

Cara selanjutnya diperuntukan bagi anda yang meng-copy data menggunakan flashdisk, biasanya opsi yang terpilih secara default adalah  “Quick Removal” – yang memungkinkan anda untuk mencabut flashdisk secara aman meski tidak melakukan “Safely Remove Hardware and Eject Media”.

Selain itu, anda juga bisa mengatur “Better Performance” dengan demikian laptop atau pc secara otomatis melakukan pengecekan cache (data sementara) pada flash disk. Bagaimana caranya? Berikut step by stepnya:

  • Pertama colokkan flash disk pada PC atau laptop Anda.
  • Kemudian buka menu Windows Explorer dan klik kanan atau CTRL + Alt + Delete pada partisi flash disk.
  • Lalu pilih menu Properties dan klik tab Hardware.
  • Jika sudah, dilanjut dengan memilih nama flashdisk anda + klik Properties
  • Selanjutnya Klik Change Settings dan pilih tab Policies.
  • Terakhir, lakukan pengubahan dari Quick Removal menjadi Better Performance.

Baca Juga CARA SCREENSHOT LAPTOP ACER ASPIRE DENGAN BENAR DAN MUDAH

5. Ganti HDD dengan SSD

Selain beberapa cara diatas, anda juga menggantikan hard disk Anda dengan hardware yang lebih baik – dalam hal ini ya SSD (Solid State Drive). Secara umum SSD memiliki fungsi hampir sama dengan HDD, namun memiliki beberapa keunggulan seperti data lebih aman dan unit lebih tahan lama. Kemudian dari segi kenyamana, saya rasa SSD terbilang lebih Nyaman karena tidak mengeluarkan suara berisik, walaupun begitu dari performa empat kali lebih handal dibandingkan HDD. Untuk lebih jelasnya anda bisa mengecek keunggulan SSD di google.

6. Gunakan Aplikasi TeraCopy

Selain cara diatas, anda bisa menggunakan batuan aplikasi ketiga yang sudah tersedia. Salah satu aplikasi yang saya rasa terbaik untuk melakukan copy file ukuran besar dengan cepat adalah Aplikasi TeraCopy. Bagaimana caranya? Berikut step by stepnya:

  • Pertama anda harus download palikasi TeraCopy dengan mengklik link ini.
  • Kemudian klik menu download dan tunggu hingga proses selesai.
  • Lalu klik file setup “teracopy.exe” dan ikuti step by step yang diberikan oleh aplikasi tersebut hingga proses install selesai.

Menurut saya untuk menjalankan aplikasi ini sangatlah mudah, karena TeraCopy menyediakan fitur integrasi drag and drop, sehingga memungkinkan anda untuk melakukan copy file seperti layaknya pada Windows Explorer. Ketika anda melakukan perintah paste, aplikasi ini akan secara otomatis membuka jendela baru yang memberitahukan apakah anda ingin melakukan copy data menggunakan TeraCopy. Jika iya, klik iya maka proses penyalinan akan berlangsung di aplikasi TeraCopy ini.

Aplikasi Mempercepat Copy File Ukuran Besar

Selain aplikasi TeraCopy, anda juga bisa mencoba beberapa aplikasi lain yang dapat mempercepat proses copy file besar. Apa saja itu? Berikut ulasannya:

1. ExtremeCopy Standard

Secara umum terdapat dua versi dari aplikai ini yaitu versi free dan berbayar, tentu saya dari jumlah fitur yang ditawarkan versi berbayar terbilang lebih lengkap. Saran dari saya, apabila anda baru pertama kali mencoba aplikasi untuk memilih versi free saja. Jika dirasa memuaskan, boleh mencoba versi berbayar. Singkatnya aplikasi ini memiliki fungsi untuk transfer file, untuk pengaturannya hampir sama dengan aplikasi TeraCopy.

2. FastCopy

Aplikasi selanjutnya adalah Fastcopy, dari pengalaman saya menggunakan aplikasi ini bekerja sangat baik meski tampilan terbilang sederhana tetapi dari segi kecepatan meng-copy luar biasa cepat. Disini anda akan ditawarkan mengatur men-tweak kinerja, filter file dasar atau lanjutan, pengaturan penghapusan dan hapus pengaturan NSA, verifikasi dan copy/ sinkron/ diferensial/ mode copy menimpa.

3. FF Copy

Sebenarnya FF Copy memiliki tampilan hampir sama dengan aplikasi diatas, bedanya pada aplikasi ini anda bisa memilih pengaturan drag and drop pada file yang pilih akan dipindah ke folder yang akan di copy dengan mudah dan cepat.

Demikian ulasan singkat dari calonpengangguran tentang Cara Mempercepat Copy File Besar yang bisa anda coba, semoga sedikit informasi ini dapat bermanfaat untuk anda semua dan terima kasih atas perhatiannya.

Share

Arnold Tio Sandi

Suka Jalan jalan

1 Response

  1. April 29, 2020

    […] Baca Juga CARA MEMPERCEPAT COPY FILE BESAR YANG BISA ANDA COBA! […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *