Makanan Seimbang – Berdasarkan kementrian Kesehatan Republik Indonesia, pengertian dari gizi seimbang adalah pola makan dengan mengkonsumsi berbagai jenis sumber pangan yang mengandung gizi sesuai kebutuhan manusia menurut usia individu masing-masing. Dari urain tersebut perlu diketahui bahwa mengatur pola makan seimbang menjadi hal yang sangat penting, terutama bagi buah hati anda yang sedang mengalami pertumbuhan.

Disarakan untuk memberi makanan yang mengandung berbagai jenis gizi seperti karbohidrat (Nasi, Gandum ataupun Kentang) dan lauk-pauk yang mengandung protein hewani dan nabati(ikan dan kacang-kacangan), kemudian sayuran sebagai sumber vitamin serta mineral( tomat, bayam, kangkung dan lain-lain), terakhir memberi asupan vitamin yang berasal dari buah-buahan sebagai sumber vitamin juga( Apel, Jeruk, Alpukat dan lain sebagainya).

Prinsip Gizi Seimbang

  • Mengkonsumsi Makanan Beragam atau tidak satu jenis.
  • Pola Hidup Bersih agar tidak sering sakit
  • Sering berolahraga paling tidak seminggu 3 kali
  • Mengatur berat badan ideal

Kenapa hal ini sangat diperlukan? Karena mengkonsumsi makanan seimbang merupakan anjuran didasari hakiki semua orang. Dengan mengatur pola makan seimbang dapat menentukan aspek kesehatan nutrisi setiap individu. Diatas sudah penulis singgung bahwa makanan seimbang harus meliputi: Karbohidrat, Protein, Lemak, Vitamin dan Mineral, dan Serat.

makanan seimbang

Karbohidrat

Kandung yang satu ini sangat diperlukan tubuh karena memiliki peran sangat penting yaitu sebagai sumber tenaga guna menjalankan berbagai aktivitas sehari-hari.

Lemak

Karena masih banyak orang yan tidak mengetahui bahwa sebenarnya lemak juga merupakan sumber tenaga bagi tubuh, akan tetapi karena sulit diserap tubuh dan memerlukan waktu yang lama sehingga lemak memiliki peran sebagai cadangan tenaga apabila karbohidrat yang menjadi sumber tenaga utama habis.

Protein

Selanjutnya adalah protein, kandungan ini berfungsi untuk memperbaik dan mengganti jaringan tubuh yang mengalami kerusakan.

Vitamin dan Mineral

Kandungan ini berfungsi untuk melancarkan kinerja didalam tubuh.

Dari uraian singkat diatas apa yang anda dapat dari penting mengkonsumsi makanan seimbang? Lalu apakah ada pengaruhnya pada Buah Hati anda? Berikut penjelasannya.

Selain mempengaruhi kecerdasan buah hati ternyata memberi makanan seimbang juga dapat mempengaruhi Emosional buah hati loh, apabila anak anda kurang mengkonsumsi zat besi, zink, vitamin B dan D, magnesium, serta omega 3 dapat membuat buah hati merasa tidak semangat untuk belajar. Sedangkan apabila buah hati terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat akan membuat meraka mudah lelah dan mengantuk. Maka dari itu diperlu pemberian makanan yang seimbang guna meningkatkan mood dan semangat belajar buah hati anda.

Selain mempengaruhi emosional, memberi asupan gizi seimbang juga mempengaruhi kecerdasan anak loh. Menurut studi dari St. John’s University, di Amerika Serikat, asupan makanan yang bergizi seimbang diteliti dapat membantu meningkatkan volume otak, mendukung kemampuan berpikir, serta mendukung potensi akademik anak di sekolah.  

Maka dari itu sebagai orang tua, anda harus memberi asupan gizi seimbang yang mampu menunjang volume otak buah hati, seperti protein dari telur, asam folat dari bayam, dan asam lemak omega 3 seperti DHA dari ikan tuna. Kemudian juga memberi Omega 3 yang merupakan asam lemak esensial yang diperlukan tubuh, akan tetapi tubuh tidak mampu membuatnya sendiri. Sehingga diperlukan alternative lain yaitu memperoleh Omega 3 dari Minya Ikan.

Mungkin hanya itu saja yang bisa saya sampai mengenai Makanan Seimbang, semoga sedikit penjelasan dari saya ini bermanfaat dan terima kasih atas perhatiaannya.