Situs Yang Menyajikan Artikel Teknologi, Fotografer, Kuliner, Budaya dan Artikel Menarik Lainnya

Cara Membuat Swipe Up Di Instagram

Cara Membuat Swipe Up Di Instagram – Dikarenakan perkembangan teknologi yang mengalami perkembangan sangat pesat. Mengharuskan para pendiri Website dan Aplikasi agar selalu melakukan pembaruan agar dapat mengimbangi perkembangan teknologi. Salah satu platform yang harus terus berkembangan adalah Media social, tujuan didirikan media social agar pengguna lebih mudah berinteraksi dengan pengguna lain.

Media social yang cukup hangat diperbincangkan akhir-akhir ini adalah Instagram, secara sederhana Instagram merupakan platform media social yang buat untuk mempermudah pengguna melakukan interaksi kepada pengguna lain. Instagram sendiri didirikan oleh Kevin Systorm dan Mike Krieger pada tahun 2010 yang terus mengalami pembaruan hingga sekarang. Salah satu pembaruan yang membuat heboh beberapa waktu lalu adalah Instagram Story.

Fitur Instagram Story berguna untuk memposting sebuah status baik itu teks, gambar ataupun video tanpa harus memenuhi home profil akun, hal ini dikarena system fitur story hanya mampu bertahan selama 24 jam kemudian akan hilang dengan sendirinya. Seiring dengan waktu fitur Instagram Story mengalami pengembangan dengan menambahkan fitur Swipe Up Instagram.

Apa itu Swipe Up Instagram? Sederhananya fitur dapat menyematkan link website, video ataupun sejenisnya sehingga dapat dilihat oleh orang lain dengan cara melakukan swipe up. Dengan adanya fitur ini banyak orang memanfaatkannya untuk meningkatkan trafik pada sebuah website ataupun youtube mereka. Tapi sayangnya masih ada beberapa pengguna Instagram yang tidak mengetahui Cara Membuat Swipe Up Di Instagram, maka dari itu Calonpengangguran akan membantu anda dengan membuat tulisan mengenai step by step membuat Swipe Up Instagram sebagai berikut.

Syarat Agar Bisa Melakuakn Swipe Up Di Instagram

Sebelum membuat Swipe Up Di Instagram, ada beberapa hal atau syarat yang perlu anda pahami. Apa saja itu?

Harus Mengubah Menjadi Akun Bisnis atau Kreator

Salah satu syarat yang harus anda lakukan adalah mengubah akun Instagram pribadi menjadi akun bisnis atau creator. Caranya buka aplikasi Instagram anda masing-masing – Tap Profil yang berada dibawah pojok kanan – Tap Tiga Garis yang berada dipojok atas kanan – Tap Pengaturan – Tap Akun – Tap beralih ke akun professional – Tap lanjutkan atau next – Selesai.

Apbila anda masih merasa kesulitan untuk mengubah akun private menjadi akun bisnis, bisa kunjungi link berikut ini Cara Mengubah Akun Instagram Menjadi Akun Bisnis.

Harus Memiliki Sepuluh Ribu Followers

Begitu akun berhasil diubah menjadi akun bisnis, syarat selanjutnya yang perlu anda ketahui adalah harus memiliki 10k followers. Bagi anda yang ingin menggunakan fitur Swipe Up Story di Instagram harus memenuhi syarat yang satu ini, karena pihak Instagram sangat memperhatikan share link maka dari itu hanya akun-akun tertentu saja yang bisa. Anda tahu sendiri bahkan ketika membagikan sebuah posting di home tetap saja tidak bisa membagikan link seenaknya seperti media social lain yang bisa dengan mudah share link apa saja.

Cara Membuat Swipe Up Di Instagram

cara membuat swipe up di instagram

Setelah anda memahami dua syarat agar bisa menggunakan Fitur Swipe Up Di Instagram, maka pembahasan selanjutnya adalah Cara Membuat Swipe Up Instagram. Penasaran bagaimana caranya? Yuk simak step by step nya dibawah ini.

Buka Aplikasi Instagram dan  Tap Buat Story

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah membuka Aplikasi Instagram masing-masing. Kemudian Tap logon kamera untuk membuat story seperti biasanya, maka secara otomatis anda akan dibawa ke halaman kamera.

Lalu pilih foto atau video yang hendak anda posting, untuk membuka halaman gallery anda tinggal swipe layar keatas dan pilih foto atau video yang akan diposting.

Menambahkan Url Pada Foto atau Video

Setelah selesai memilih foto atau video yang akan diposting, anda harus menyiapkan link baik itu dari website ataupun youtube yang akan anda bagikan di Story Instagram masing-masing. Jika sudah, lanjut dengan Tap Icon Linked.

Saran dari saya sebaiknya anda menambahkan animasi atau stickers yang menarik agar pengunjung merasa penasaran dan mau melakukan swipe up. Lanjut dengan paste link yang sudah disiapkan tadi dan Tap Icon Checklist yang berada di ujung kanan layar smartphone anda masing-masing.

Lakukan Call To Action Swipe Up

Setelah semua hal diatas berhasil, tahap selanjutnya melakukan Call To Action Added. Biasanya akan muncul notifikasi secara otomatis dan dibagian Icon Linked tadi akan berubah lebih tebal.  Sebenarnya apa itu Call To Action? Sederhananya dapat diartikan sebagai ajakan untuk pengunjung agar mau melakukan swipe up pada postingan anda berupa kalimat See More atau Leam More.

Lakukan Posting

Tahap terakhir adalah melakukan posting, sebelum itu anda cek kembali apakah semuanya sudah sesuai. Kalau dirasa sudah sesuai maka lanjut dengan Tap Kata Kirim Ke atau langsung Tap  Cerita Anda yang berada di bagian bawah.

Cara Membuat Swipe Up Di Instagram Tanpa 10K Followers

Lalu apakah bisa tetap membuat swipe up kalau syarat harus memiliki 10 ribu followers tidak terpenuhi? Sebenarnya bisa, tapi anda harus melalui semua rangkaian yang sulit dan ribet. Bagaimana masih mau coba? Kalau memang anda tetap ingin mencobanya, saya akan berikan tutorialnya untuk anda semua dibawah ini.

Ubah Akun Private Ke Akun Bisnis

Sama halnya dengan langkah pertama dan syarat diatas anda harus mengubah akun private ke akun bisnis. Anda bisa mengunjung link berikut ini Cara Mengubah Akun Instagram Menjadi Akun Bisnis.

Buat Video IGTV Dengan Minimal Durasi 15 Detik

Kenapa malah buat video IGTV kan saya mau buat swipe up story mas? Tenang ini merupakan salah satu tips agar anda tetap bisa membuat swipe up instagram tanpa harus memiliki 10 ribu followers. Langsung saja simak penjelasan dibawah:

  • Seperti yang sudah saya katakan diatas, anda harus menyiapkan sebuah video berdurasi minimal 15 detik yang kemudian akan di upload di akun Instagram IGTV masing-masing.
  • Setelah anda menyiapkan video tersebut, langsung saja buka aplikasi Instagram anda masing-masing. Kemudian Tap Icon IGTV.
  • Tap lagi Icon + dan Centang atau Pilih video yang hendak anda upload lalu Tap Kata Next atau Selanjutnya.
  • Jika sudah, anda akan dibawa ke halaman untuk pengaturan lebih lanjut guna mempercantikan tampilan video IGTV nantinya. Disini anda hanya perlu melakukan swipe up layar di bagian bawah, lalu tentukan sampul tetapi apabila anda tidak menginginkan pemasangan sampul no problem karena ini sifatnya pribadi jadi bisa langsung Tap Skip saja dan Tap Next.
  • Anda akan dibawa ke halaman pengaturan deskripsi, nah di bagian ini lah anda bisa memanfaatkan fitur ini untuk memasang link website atau sejenisnya sesuai kebutuhan masing-masing.
  • Terakhir Tap Menu Posting dan tunggu sampai proses upload selesai.
  • Selesai.

Masuk Tahap Membuat Story Instagram

Pasti banyak dari anda semua sudah mengetahui cara membuat story IG jadi saya tidak perlu menjelaskan step by step nya. Intinya pada fitur story anda bisa mengupload berbagai macam file seperti gambar, stickers GIF atau gambar bergerak ataupun video. Tapi disini saya sarankan untuk mengupload gambar bergerak saja karena lebih menarik, sedang videonya sudah anda buat di IGTV tadi tujuanya agar pengunjung lebih penasaran isi dari story anda.

Memasang Tautan Video IGTV Di Story IG

cara membuat swipe up di instagram

Sebelum Tap Kirim atau Upload ke Cerita saya, anda harus memasang tautan IGTV yang sudah anda buat sebelumnya. Caranya Tap Icon Link yang berada di sebelah kanan Icon Sticker, setelah di Tap anda akan dibawah ke halaman Opsi Lainnya. Baca dulu informasi yang diberikan oleh pihak Instagram, salah satu informasi yang perlu anda pahami yaitu Jangan Memposting Konten Yang Bukan Karya Anda atau Tidak Berhak Digunakan, dari kalimat tersebut dapat kita ketahui bahwa dilarang keras memasang link atau mengupload konten yang bukan karya sendiri.

Tetapi disini kita sudah membuat video IGTV sebelumnya jadi itu merupakan karya kita sendiri, sehingga pihak Instagram tidak mempermasalahkan hal tersebut. Setelah anda memahami informasi tersebut langsung saja Tap Kalimat + Video IGTV lalu Pilih Video yang diupload tadi dan Tap Centang untuk melakukan penyimpanan.

Publish Swipe Up Story Alternative

Begitu anda selesai memasang tautan IGTV, maka tahap selanjutnya adalah Publish atau Kirim Ke Teman dekat/Cerita Anda. Selesai, anda sudah membuat swipe up alternative lain apabila tidak memenuhi syarat memiliki 10 ribu followers.

Cara kerja Swipe Up Instagram Alternative satu ini adalah ketika pengunjung melakukan swipe up pada story anda, maka mereka akan dibawa ke halaman atau ke video IGTV yang sudah anda buat sebelumnya, kemudian di bagian pojok kiri video tersebut terdapat link website, youtube ataupun sejenisnya yang kalau mereka klik akan menuju ke halaman asli link tersebut. Bagaimana ribet bukan?

Demikian ulasan singkat dari Calonpengangguran mengenai Cara Membuat Swipe Up Di Instagram, semoga sedikit tutorial ini dapat bermanfaat untuk anda semua dan terima kasih atas perhatiannya.

Baca Juga Cara Membagikan Postingan Instagram Ke Story dengan Mudah

Share

Arnold Tio Sandi

Suka Jalan jalan

You may also like...

2 Responses

  1. Januari 17, 2021

    […] Baca Juga Cara Membuat Swipe Up Di Instagram […]

  2. Februari 22, 2021

    […] Cara Membuat Swipe Up Di Instagram […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *